Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru

Kamis, 03 Oktober 2019 - 14:45 WIB
Ini dia Fakta Tentang...
Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru
A A A
Pada 1 Oktober lalu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 telah dilantik. Nama-nama baru dan anak muda pun bermunculan mengisi bangku DPR, dengan harapan DPR ke depan akan lebih baik lagi dengan pemikiran yang sesuai dengan aspirasi rakyat Indonesia.

Dari pelantikan tersebut, terpilihlah ketua DPR periode 2019-2024, yaitu Puan Maharani yang punya nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala. Hmm... namanya seperti tidak asing bukan?

Yap! Dia adalah mantan menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, yang sekarang posisinya diambil sementara oleh Darmin Nasution.

Wanita yang lahir pada 6 September 1973 itu ternyata memiliki beberapa fakta yang kamu harus ketahui, seperti yang di bawah ini.

1. KETUA DPR WANITA PERTAMA DI INDONESIA


Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru

Foto: sindonews.com

Perempuan yang memperoleh 404.034 suara pada daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V ini mendapat kepercayaan untuk memimpin DPR periode 2019-2024. Selain mendapat kepercayaan untuk memimpin, Puan Maharani juga adalah Ketua DPR Wanita Pertama di Indonesia sejak DPR dilahirkan pada 29 Agustus 1945.

2. ANAK MANTAN PRESIDEN KE-4 DAN CUCU MANTAN PRESIDEN PERTAMA INDONESIA

Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru

Foto: MNCPlay

Mungkin sebagian orang belum mengetahui bahwa Ketua DPR RI yang baru adalah anak dari Megawati Soekarnoputri yang merupakan presiden keempat RI bersama mendiang Taufik Kiemas. Puan juga sekaligus cucu dari Bapak Proklamator Indonesia yang juga presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

3. BERGAJI RP60 JUTA

Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru


Foto: Prokabar

Menurut surat edaran Setjen DPR RI Nomor KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR dan Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015 tentang penetapan gaji Anggota DPR RI. Ternyata anggota DPR yang merangkap sebagai Ketua DPR hanya mendapat Gaji Pokok Rp5 jutaan, loh, atau lebih tepatnya Rp5.040.000. Tapi tunjangannya itu, loh, yang banyak. Kalau ditotal dengan seluruh tunjangan yang dimiliki, jumlah uang yang didapat per bulan mencapai Rp60 jutaan. WOW!

4. ALUMNI UNIVERSITAS INDONESIA DAN PUNYA PENGALAMAN POLITIK SEDARI KECIL

Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru


Foto: Wikipedia

Puan Maharani merupakan lulusan FISIP UI jurusan Komunikasi Massa. Selain kuliah, dia juga aktif sebagai jurnalis magang pada majalah Forum Keadilan, sehingga sudah terbiasa dan dapat merasakan tantangan dari dunia jurnalistik.

Puan juga telah belajar berpolitik dari kecil. Dia sering diajak ibunya, Megawati, untuk mendampingi, menyaksikan, serta belajar pada saat diskusi dan berkumpul di rumah mereka d kawasan Kebagusan, Pasar Mnggu.

Hingga pada 2006, Puan terjun di dunia politik sebagai anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Pada 2009. Puan mencalonkan diri sebagai anggota DPR dan mendapatkan suara terbanyak ke-2 se-nasional sejumlah 242.504 suara. Puan juga dipercaya menjadi ketua Bidang politik dan Hubungan Antar Lembaga partai PDIP.

5. MINTA RESTU SEBELUM IKUT PEMILU

Ini dia Fakta Tentang Puan Maharani, Ketua DPR RI yang Baru

Foto: ngopibareng

Sebelum ikut Pemilu, meminta restu kepada Megawati, dan mengatakan ingin menjadi inspirasi untuk perempuan Indonesia dalam dunia politik.

Putra Fani Syakuro
Kontributor GenSINDO
Universitas Darma Persada
Instagram: @putrafs3
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)