Kebanjiran Penggemar Justin Bieber, Tempat Wisata di Islandia Ditutup

Senin, 20 Mei 2019 - 10:10 WIB
Kebanjiran Penggemar Justin Bieber, Tempat Wisata di Islandia Ditutup
Kebanjiran Penggemar Justin Bieber, Tempat Wisata di Islandia Ditutup
A A A

Semuanya gara-gara video klip Justin Bieber yang menggambarkan keindahan tempat tersebut. Saking ngototnya, Beliebers sampai mau menyuap petugas demi masuk ke lokasi seperti yang tergambar dalam video klip.

Biang pangkalnya adalah video Justin yang berjudul "I'll Show You". Dalam video tersebut, bintang pop ini terlihat berjalan-jalan dan bersenang-senang di Fjaðrárgljúfur, sebuah ngarai indah di Islandia. Video yang dirilis sejak tiga tahun ini sudah ditonton hampir 500 juta kali di saluran YouTube Justin Bieber.



Sejak saat itu juga, banyak penggemar penyanyi berusia 25 tahun ini yang mengunjungi ngarai tersebut. Sayangnya kebanyakan dari mereka tak mengindahkan papan peringatan dan larangan bagian mana yang boleh diinjak dan tidak. Gara-gara itu, akhirnya pemerintah Islandia pun memutuskan menutup lokasi wisata tersebut.

Tahun lalu, sebanyak 2,3 juta turis datang ke Islandia. Jumlah ini melonjak signifikan dibanding delapan tahun lalu yang hanya 600.000 orang. Sayangnya, jumlah sebanyak ini justru membahayakan kondisi lingkungan di Islandia yang dipenuhi lanskap vulkanik indah karena lingkungan tersebut terbentuk secara perlahan, tapi mudah terkikis.

Banyaknya turis yang berkunjung ke Fjaðrárgljúfur ini jadi bukti berikutnya dari betapa keindahan alam di suatu tempat sangat rentan rusak setelah popularitasnya meningkat.

Menteri Lingkungan Islandia Guðmundur Ingi Guðbrandsson, mengatakan, untuk kasus Fjaðrárgljúfur, tak adil jika menyalahkan semuanya pada Justin Bieber.

"Tapi para selebritas atau influencer harus sadar tentang pengaruh mereka jika melakukan sesuatu hal. Perilaku tak baik mereka bisa sangat berpengaruh terhadap suatu tempat jika perilaku tersebut diikuti oleh banyak orang," tegasnya.

Menurut laporan The Guardian, banyak turis yang berusaha menyuap petugas demi bisa masuk ke dalam tempat wisata tersebut. Kebanyakan berusaha mengiming-imingi dengan memberikan makanan khas dari negara sang turis. Bahkan ada yang menawarkan traveling gratis ke Dubai.

"Kami datang karena Justin Timberlake," ujar Mikhail Samarin, seorang turis dari Rusia yang datang bersama dua temannya, Nadia Kazachenok and Elena Malteseva, yang langsung mengoreksi bahwa nama belakang sang artis bukan "Timberlake", tapi "Bieber".

It was so amazing,” kata Elena tentang video klip Justin Bieber. "Setelah melihatnya, kami memutuskan untuk datang ke sini," ujar mereka yang bergantian berpose di tepi tebing, seperti yang dilakukan Justin dalam video klipnya.

Dalam video klip tersebut, Justin memang terlihat dduduk sambil menggantungkan kakinya di tepi tebing, menginjak-injak vegetasi berlumut, dan berenang di sungai yang berair dingin di bawah ngarai yang terjal.

"Pihak Justin Bieber membela diri dengan mengatakan bahwa saat Justin melakukan syuting di sana, tak ada tali atau keterangan tentang mana wilayah yang boleh dimasuki dan mana yang tidak," ujar Guðmundur Ingi Guðbrandsson.
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1752 seconds (0.1#10.140)