Kegiatan Netizen Selama Diam Dirumah: Video Call, Main Gim, dan Streaming

Senin, 06 April 2020 - 18:52 WIB
Kegiatan Netizen Selama Diam Dirumah: Video Call, Main Gim, dan Streaming
Kegiatan Netizen Selama Diam Dirumah: Video Call, Main Gim, dan Streaming
A A A
Selama kegiatan berdiam diri dirumah, apa saja yang dilakukan oleh netizen? Ternyata, mereka lebih banyak mengakses jaringan internet. Menurut catatan Telkomsel, misalnya, ada lonjakan trafik komunikasi layanan broadband yang mencapai 16 persen. Tapi, “ngapain” aja sih netizen di internet?

Video Conference
Pertama, kegiatan baru yang banyak menyedot aktivitas adalah bekerja/meeting conference secara daring menggunakan aplikasi seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel.

Tidak tanggung-tanggung, naiknya lebih dari 443%. Ini wajar, karena tatap muka secara virtual dianggap tetap efektif dan produktif untuk bekerja, ataupun berkuliah. Telkomsel sendiri memiliki kuota data hingga 60 GB untuk mengakses CloudX Telkomsel. Yakni, aplikasi meeting untuk korporasi yang dapat di akses lewat tablet, ponsel, dan desktop. Sejak Januari 2020, pertumbuhan pengguna CloudX Telkomsel mencapai 2100 persen.

Aplikasi e-Learning Online
Kedua, lonjakan trafik broadband terjadi di aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5404%. Ternyata memang banyak pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB. Antara lain aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, hingga Quipper).

Chatting
Ketiga, pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Tapi, untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40%.

Bermain gim Online
Keempat, layanan gim online juga meningkat hingga 34 persen. Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.

Streaming Video
Terakhir, layanan hiburan streaming video menjadi tujuan netizen selanjutnya. Baik lewat YouTube maupun MAXstream, dimana terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%.

Lonjakan tersebut didukung tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibanding bulan sebelumnya.

”Kami berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat untuk menghadapi tantangan Covid-19, agar mereka dapat tetap produktif dan terhibur selama di rumah,” beber Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel. Danang arradian
(dng)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4102 seconds (0.1#10.140)