Besok! Fenomena April Pink Moon Bisa Kamu Nikmati di Rumah

Senin, 06 April 2020 - 12:45 WIB
Besok! Fenomena April Pink Moon Bisa Kamu Nikmati di Rumah
Besok! Fenomena April Pink Moon Bisa Kamu Nikmati di Rumah
A A A
Ada hal menarik yang semoga bisa kamu lihat besok selagi #DiRumahAja, yaitu fenomena supermoon April Pink Moon.

Fenomena supermoon terbesar pada 2020 ini disebut akan mulai terjadi pada besok, 7 April mulai petang hari.

Melansir dari timeanddate.com, April Pink Moon adalah sebutan yang diberikan oleh masyarakat di Amerika untuk menyambut purnama yang terjadi tiap April.

Meski namanya pink, tapi Bulan yang muncul warnanya bukan merah muda, melainkan cenderung berwarna oranye sedikit pucat. Sebutan ini muncul karena bersamaan dengan pergantian bulan sekaligus musim.

Besok! Fenomena April Pink Moon Bisa Kamu Nikmati di Rumah

Bunga Wild Ground Phlox. Foto: Grash Alex/iStockphoto

Kalau langit cerah, kamu bisa menikmati fenomena ini dengan mengarahkan pandangan ke langit di arah timur. Nanti, Bulan yang terlihat bakal berukuran lebih besar dibandingkan biasanya.

Hal ini terjadi karena Bulan sedang berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun ini. Menurut informasi yang dikeluarkan BMKG, puncak fenomena ini akan terjadi pada 8 April 2020 pukul 01.08 WIB.

Pada waktu tersebut, Bulan sedang berada di perige, titik terdekatnya dengan Bumi, dengan jarak 356.910 km dari Bumi dan besar jari-jari yang tampak dari Bumi adalah sebesar 16,73 menit busur.

Selain April Pink Moon yang terjadi 7 April nanti, ada dua supermoon lainnya yang juga terjadi pada tahun ini. Yang pertama pada 10 Maret lalu dan selanjutnya akan terjadi lagi pada 7 Mei mendatang.

Pada lain waktu, bulan purnama akan berada pada jarak terjauhnya dengan Bumi. Jarak ini disebut sebagai apoge dan fenomena langitnya dinamakan sebagai Minimoon yang tahun ini juga akan terjadi sebanyak 3 kali, yaitu pada 2 Oktober, 31 Oktober, dan 30 November mendatang.

Besok! Fenomena April Pink Moon Bisa Kamu Nikmati di Rumah

Perbandingan supermoon dan minimoon. Foto: C.B. Devgun/Earth Sky Community

Pada ketiga purnama itu, Bulan akan berjarak 400.000 km dari Bumi dan besar jari-jari yang tampak dari Bumi adalah sebesar 15 menit busur.

Dengan mata telanjang, kedua fenomena ini akan sedikit sulit dibedakan secara ukuran. Tapi, perbedaan terang Bulan yang nampak akan sangat mudah diidentifikasi. Supermoon akan menampakkan terang yang luar biasa.

Iffah Sulistyawati Hartana
Kontributor GenSINDO
Institut Teknologi Bandung
Instagram: @iffahshrtn
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5143 seconds (0.1#10.140)