Sering Diminta Saran oleh Teman? 5 Tips Ini Wajib Kamu Ketahui

Sering Diminta Saran oleh Teman? 5 Tips Ini Wajib Kamu Ketahui
Jadi tempat curhat teman memang menandakan kita bisa dipercaya, tapi tetap ada hal yang kamu perlu perhatikan sebagai si tempat curhat. Foto/killerinnovation.com
JAKARTA - Kamu dikenal sebagai 'konsultan' atau 'psikolog' oleh teman-teman kamu? Kalau iya, tips dari pakar komunikasi ini mesti kamu pahami.

Problematika kehidupan emang gak pernah ada habisnya, selalu datang walaupun gak pernah diundang. Ketika permasalah-permasalahan tersebut berdatangan silih berganti, tiap orang akan mencari segala cara agar masalah itu bisa teratasi.

Beberapa orang lebih suka meminta bantuan ahli, tetapi gak kalah banyak orang-orang yang lebih suka mencari bantuan dari orang-orang tedekatnya, bisa keluarga, teman, atau pacar.

Beberapa dari kalian pasti sering banget, nih, jadi tempat curhat dan diminta sarannya oleh teman atau sahabat.

Nah, kalo kamu sering bingung gimana cara ngasih saran yang benar, ada tips dikutip dari pakar komunikasi, Devito, yang ditulis dalam bukunya yang berjudul "The Interpersonal Communication Book". Ini tipsnya.

1. MESTI PAHAM DUDUK PERSOALAN



Sering Diminta Saran oleh Teman? 5 Tips Ini Wajib Kamu Ketahui

Foto: @friends/Giphy.com

Ini hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum memberikan saran. Simak cerita, pikiran, dan perasaan teman yang lagi curhat supaya kamu tahu detail masalahnya dan tahu apa yang sebenarnya dibutuhkannya. Ini penting juga biar gak salah dalam memberikan saran.

Kamu juga harus pintar-pintar dalam membaca kondisi. Kadang orang yang curhat gak butuh solusi, tapi cuma butuh didengarkan atau diberi tanggapan. Nah, pasti tanggapan dan solusi adalah dua hal berbeda. Untuk mencegah kesalahpahaman, kamu mungkin bisa bertanya apakah teman kamu butuh saran atau cuma mau curhat aja.
halaman ke-1
Share: