Sering Mimpi Buruk? Ini Dua Cara Mengatasinya

Rabu, 26 Februari 2020 - 21:05 WIB
Sering Mimpi Buruk? Ini Dua Cara Mengatasinya
Sering Mimpi Buruk? Ini Dua Cara Mengatasinya
A A A
Mimpi buruk emang gak enak, tapi ada dua cara supaya kamu terhindar dari masalah ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa melakukan mimpi jernih (lucid dream). Ini adalah kemampuan kita untuk sadar bahwa kita sedang mimpi buruk, tapi bisa mengendalikannya tanpa harus bangun dari tidur.

Banyak mimpi terjadi dalam fase tidur yang disebut tidur gerakan mata cepat (REM). "Fase ini adalah yang paling mungkin menghasilkan mimpi dengan kita melakukan hal-hal yang biasanya tidak kita lakukan, misalnya terbang," kata Dr Rachel Salas, ahli penyakit gangguan tidur dan associate professor neurologi di Johns Hopkins Medicine yang berbasis di Baltimore, dikutip dari Live Science.

Biasanya, kita bakal ketemu mimpi buruk setelah tertidur selama 90 menit. Saat mengalaminya, kita bernapas lebih cepat dan lebih gak teratur, detak jantung naik dan tekanan darah juga naik. Badan juga susah digerakkan.

"Ketika kita masuk ke tidur REM, aktivitas otot kita berkurang," kata Rachel.

Nah, untuk mengatasinya, ada dua cara yang dianjurkan, seperti berikut ini.

1. LAKUKAN TERAPI MIMPI JERNIH

Sering Mimpi Buruk? Ini Dua Cara Mengatasinya

Foto: meditationbrainwaves.com

Terapi ini dikenal dengan “bangun kembali ke tempat tidur”. Caranya adalah, pertama kita atur alarm 30 menit sebelum waktu kita biasanya terbangun. Ketika alarm berbunyi, jangan bangun, tapi pikirkan hal-hal yang indah dan jelas. Setelah itu, lanjutkan tidur. Proses ini bisa dilakukan secara berulang, supaya mimpi kita jadi lebih indah.

2. MEMBUAT KITA BANGUN DARI TIDUR

Sering Mimpi Buruk? Ini Dua Cara Mengatasinya

Foto: shutterstock

Cara paling gampang mengatasi mimpi buruk adalah dengan bangun dari tidur. Walau begitu, beberapa kasus menyebut bahwa kita bisa menghilangkan rasa takut itu dengan cara meyakini bahwa kita gak bakal terluka secara fisik karena kita tahu bahwa itu cuma mimpi.

Dalam beberapa kasus, orang yang mimpi buruk bahkan bisa bikin mimpi itu jadi sesuatu yang menyenangkan.

Sering Mimpi Buruk? Ini Dua Cara Mengatasinya

Foto: shutterstock

Mimpi jernih memang gak mudah untuk dilakukan. Para peneliti masih mengeksplorasi cara-cara yang paling efektif untuk menginduksi mimpi jernih.

Sebagai contoh, para peneliti melaporkan pada 2014 bahwa menggunakan frekuensi stimulasi listrik tertentu dapat meningkatkan kemungkinan pemimpi menjadi sadar bahwa mereka sedang bermimpi.

Tapi kalo mimpi buruk terasa sangat mengganggu, baiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Noor Mutiara Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif
Instagram: @ti.ara98
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1475 seconds (0.1#10.140)