7 Lagu K-Pop yang Memadukan Unsur Budaya Korea

Senin, 16 Desember 2019 - 13:57 WIB
7 Lagu K-Pop yang Memadukan Unsur Budaya Korea
7 Lagu K-Pop yang Memadukan Unsur Budaya Korea
A A A
Lagu-lagu K-pop sekarang ini banyak mengusung konsep-konsep yang keren, salah satunya konsep budaya Korea.

Misalnya kayak pakai baju yang terinspirasi dari hanbok (pakaian tradisional Korea) atau memadukan instrumen lagu tradisional Korea dengan genre pop, R&B, sampai hip-hop.

Nah, ini dia 7 lagu K-Pop yang memadukan unsur budaya Korea.

1. ARARIO – TOPPDOGG

Lagu yang dirilis pada 2014 ini penuh dengan unsur budaya tradisional Korea. Alunan musiknya dibikin menyatu dengan instrumen Korea, seperti gayageum (kecapi ala Korea dengan 12 senar), perkusi, dan piri (suling bambu tradisional Korea). Video musik lagu ini juga gak luput dari sentuhan budaya Korea, seperti tari topeng Korea, pungmul (musik rakyat Korea yang meliputi tarian, drum dan nyanyian), dan kipas tangan serta topeng tradisional yang dipakai para anggota ToppDogg. Bahkan, judul lagunya juga referensi dari lagu rakyat Korea bertajuk “Arirang”.



2. LIT – ONEUS

Lagu dari album “Fly with Us” ini juga memadukan unsur budaya Korea. Salah satunya adalah para anggota ONEUS yang pakai baju jubah tradisional yang terinspirasi dari hanbok. Selain itu, instrumen gayageum yang menonjol bikin lagu ini makin kental dengan budaya Koreanya. Musik videonya juga lengkap dengan budaya Korea, seperti penari rakyat dan drum Korea.



3. FOLLOW - MONSTA X

Lagu bergenre pop ini juga masukin unsur-unsur tradisional ke dalam melodi dan video musiknya. Pakaian yang mereka kenakan di musik video juga terinspirasi dari hanbok. Tapi yang bikin lagu ini unik adalah suara terompet yang bikin nada di lagu ini jadi menarik. Fyi, suara trompet itu berasal dari taepyeongso, alat musik tiup tradisional Korea.



4. HANGOVER - PSY feat. SNOOP DOGG

Salah satu lagu dari PSY ini juga ada instrumen alat musik tradisional Korea seperti perkusi tradisional dan taepyeongso yang menonjol. Dari segi video, ada adegan PSY dan Snoop Dogg yang berpesta dan minum miras, sama persis seperti yang biasa kita lihat dalam drama-drama Korea. Selain itu, juga ada paduan tempat-tempat di Korea seperti restoran, toko serba ada, ruang karaoke, dan spa.



5. FIANCE - SONG 'WINNER' MINO

Song Mino bisa dibilang sukses menyatukan musik Korea dari segala zaman. Buktinya, pas bagian intro dia mengambil sampel dari lagu Trot 1969 “Soyangang Maiden”. Secara lirik, Mino pakai permainan kata dan referensi budaya yang beragam, termasuk kata 'anaknae' yang adalah kata kuno untuk menyebut 'perempuan' yang secara khusus merujuk pada istri laki-laki lain. Dari segi video, Mino pakai pakaian pernikahan kerajaan dari Dinasti Joseon Korea, saat dia mencari pacarnya di antara perempuan yang pakai hanbok warna merah menggoda.



6. SHANGRI-LA – VIXX

“Shangri-La” bisa dibilang sebuah mahakarya. Soalnya, lagu ini dipenuhi elemen-elemen Timur klasik, seperti para anggota VIXX yang pakai baju indah dengan sentuhan tradisional saat mereka menari. Musik videonya juga menakjubkan dengan mengambil inspirasi dari sebuah dongeng China Kuno bertajuk “The Peach Blossom Land” (yang sebenarnya adalah judul lagu Korea). Ditambah lagi, musiknya dilapisi gayageum dan koreografi yang menggunakan kipas tangan tradisional.



7. IDOL - BTS

Lagu yang dirilis pada 2018 ini pakai ritme yang ditemukan di pansori, gaya tradisional dongeng Korea yang diatur dengan drum. “Idol” juga memasukkan instrumen seperti kkwaenggwari (gong kecil), gakgung (busur tanduk), dan janggu (gendang tradisional), dan grup tersebut menggunakan frasa 'eolssu', seruan dorongan yang secara tradisional digunakan dalam pansori, di bagian reff. Gak cuma itu, lompatan melingkar dalam koreografi mereka berasal dari tarian pungmul. Videonya juga sarat dengan budaya Korea, mulai dari arsitektur tradisional hingga pakaian yang terinspirasi dari hanbok. Seru, ya!



Annisa Aninditha Pricilla
Kontributor GenSINDO
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
instagram: @annisaninditha11
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2532 seconds (0.1#10.140)