10 Grup dan Solois Perempuan Korea Paling Berpengaruh pada 2022

Jum'at, 30 Desember 2022 - 19:03 WIB
loading...
10 Grup dan Solois Perempuan Korea Paling Berpengaruh pada 2022
NewJeans jadi grup yang sangat sukses pada 2022 meski statusnya adalah grup baru alias rookie. Foto/ADOR
A A A
JAKARTA - Media Korea Sports Chosun belum lama ini mengumumkan hasil survei mereka terkait "penyanyi perempuan yang menulis sejarah musik Korea" (female singers who rewrote korean music history) untuk tahun 2022.

Dalam survei tersebut, ada 20 agensi hiburan yang berpartisipasi, termasuk dari empat agensi besar K-pop , Cube Entertainment, Starship Entertainment, dan The Black Label. Mereka diminta untuk memilih maksimal tiga artis di luar agensi mereka, dengan nilai 5 poin untuk pilihan pertama, 3 poin untuk pilihan kedua, dan 2 poin untuk pilihan ketiga.

Berikut ini 10 girl group dan solois perempuan yang menurut para agensi tersebut mampu menulis ulang sejarah musik Korea.

1. NewJeans

10 Grup dan Solois Perempuan Korea Paling Berpengaruh pada 2022

Foto: ADOR

Girl group rookie dari ADOR (HYBE) bentukan Min Hee-jin ini secara impresif memperoleh 57 poin dan duduk di peringkat pertama. NewJeans disebut mampu menunjukkan wajah baru yang segar dalam industri K-pop berkat musik yang cenderung minimalis, dan konsep yang berbeda.

Mereka juga sukses dengan empat lagu debut mereka, yaitu Attention, Hype Boy, Cookie, dan Hurt dengan masuk ke tangga lagu di Korea. Sementara lagu terbaru mereka, Ditto, hingga saat ini sudah berhasil memperoleh 100 perfect all-kill (PAK), dan masih merajai seluruh tangga lagu di Korea hingga berita ini ditulis.

Para agensi menyebut debut NewJeans sebagai yang tersukses, dan grup yang tak tertandingi.

2. IVE

10 Grup dan Solois Perempuan Korea Paling Berpengaruh pada 2022

Foto: Starship Entertainment

Tahun 2022 memang penuh dengan grup rookie yang menakjubkan. IVE yang debut pada akhir 2021 pun duduk di posisi kedua daftar ini dengan 53 poin. Tiga lagu mereka, yaitu ELEVEN, LOVE DIVE, dan After LIKE, semuanya duduk di posisi pertama Melon Chart 100 dan sangat populer di Korea.

Grup dari Starship Entertainment ini juga dianggap membawa kesegaran dengan aransemen musik yang menarik, yang memperkaya industri musik K-pop.

Baca Juga: 10 Penyanyi dan Lagu Terfavorit 2022 di Korea menurut Survei Gallup

3. (G)I-DLE

10 Grup dan Solois Perempuan Korea Paling Berpengaruh pada 2022

Foto: Cube Entertainment

Posisi ketiga diisi oleh (G)I-DLE yang memperoleh 26 poin. Dengan kesuksesan lagu TOMBOY dan Nxde, grup dari Cube Entertainment ini sanggup mengatasi krisis setelah ditinggal member Soojin pada 2021. Grup ini juga mampu mencetak nama mereka sebagai grup yang memproduseri lagu-lagu mereka sendiri.

4. LE SSERAFIM

10 Grup dan Solois Perempuan Korea Paling Berpengaruh pada 2022

Foto: Source Music

Grup dari Source Music (HYBE) ini duduk di posisi keempat dengan jumlah poin 20. Meski mengalami awal yang sulit akibat kasus yang menimpa Kim Garam yang kini sudah keluar, LE SSERAFIM tetap mampu sukses dengan lagu FEARLESS dan ANTIFRAGILE.

5. IU
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)