5 Film Indonesia Seru yang Menarik Perhatian Penonton Internasional

Sabtu, 24 Desember 2022 - 10:52 WIB
loading...
5 Film Indonesia Seru yang Menarik Perhatian Penonton Internasional
The Big 4 jadi film Indonesia yang kini sedang jadi favorit para penonton internasional. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Film Indonesia dengan label 'film festival' sering memenangkan penghargaan dalam festival film internasional. Namun untuk pasar penonton mainstream, belum terlalu banyak yang menonjol.

Film-film milik Garin Nugroho, Kamila Andini, hingga Mouly Surya beberapa kali memenangkan penghargaan dalam festival film internasional. Namun film-film tersebut umumnya hanya bisa dinikmati kalangan terbatas karena memang tidak dibuat untuk memenuhi selera penonton massal atau mainstream.

Adapun film Indonesia dengan target penonton umum, belum terlalu menonjol di kalangan masyarakat di luar negeri karena terhalang beberapa hal. Meski begitu, bukan berarti tak ada sama sekali film Indonesia yang sanggup memikat penonton global.

Berikut ini adalah lima film Indonesia yang berhasil memikat penonton umum secara global.

1. The Big 4 (2022)

5 Film Indonesia Seru yang Menarik Perhatian Penonton Internasional

Foto: Netflix

Film laga komedi besutan Timo Tjahjanto ini baru tayang pada 15 Desember lalu di Netflix, dan langsung menarik perhatian penonton global. Berdasarkan data Flix Patrol, The Big 4 bahkan sanggup duduk di posisi pertama untuk daftar film Netflix paling populer untuk minggu ke-51 (18-23 Desember 2022) untuk pasar global.

Sementara mengutip Variety, The Big 4 pada awal minggu ini ada di posisi kelima di Amerika Serikat. Film ini juga masuk daftar 10 besar di 53 negara, termasuk Indonesia, Argentina, Meksiko, Finlandia, Spanyol, Yunani, Korea Selatan, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

The Big 4 dibintangi Abimana Aryasatya, Putri Marino, Arie Kriting, Lutesha, Kristo Immanuel, Marthino Lio, dan Donny Damara. Kisahnya tentang seorang perempuan yang bekerja sama dengan tim pembunuh bayaran untuk mencari pembunuh ayahnya, yang juga mentor bagi tim tersebut.

Film ini dinilai menghibur dengan ritme penceritaan yang cepat. Adapun ceritanya menerapkan banyak resep klasik untuk genre laga dan komedi.


2. The Night Comes for Us (2018)

5 Film Indonesia Seru yang Menarik Perhatian Penonton Internasional

Foto: Netflix

Masih film dari Timo Tjahjanto yang bisa disaksikan di Netflix, The Night Comes for Us adalah film laga murni berating 18+ karena penuh adegan kekerasan. Film ini banyak dipuji penggemar film di forum daring seperti Reddit dan media khusus pencinta game, Game Radar.

Tak cuma itu, The Night Comes for Us juga mendapat skor sangat tinggi di situs web aggregator Rotten Tomatoes. Para kritikus memberi total skor 91%, sementara dari penonton yang jumlahnya lebih dari seribu memberi total skor 83%.

The Night Comes for Us bercerita tentang seorang tukang pukul yang terjebak dalam intrik dan pengkhianatan yang melibatkan kelompok mafia Asia Tenggara. Ia pun harus mati-matian mempertahankan nyawanya yang terancam.

Film ini dibintangi Joe Taslim, Iko Uwais, Julie Estelle, Abimana Aryasatya, Dian Satrowardoyo, Zack Lee, Shareefa Daanish, dan Sunny Pang.

Baca Juga: 6 Perbedaan Knives Out 2 dengan Film Pertamanya yang Bikin Ceritanya Seru

3. Pengabdi Setan (2017)

5 Film Indonesia Seru yang Menarik Perhatian Penonton Internasional

Foto: Rapi Films

Pengabdi Setan dari sutradara Joko Anwar berhasil meraih penghargaan dari beberapa festival film horor, seperti Popcorn Frights Film Festival di Amerika Serikat yang berbasis komunitas pencinta film. Film ini mendapat predikat sebagai Film Terseram dari juri festival tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3631 seconds (0.1#10.140)