5 Genre Drama Korea Paling Favorit pada 2022 dan Judul Terpopulernya

Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:18 WIB
loading...
5 Genre Drama Korea Paling Favorit pada 2022 dan Judul Terpopulernya
Genre drama Korea paling favorit pada 2022 salah satunya adalah action thriller serta kriminal. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Genre drama Korea paling favorit pada 2022 tampaknya bukan lagi drama komedi romantis seperti biasanya.

Ini bisa dilihat dari rating atau popularitas beberapa drama genre tersebut yang tak setinggi seperti tahun-tahun sebelumnya. Bisa dibilang, seiring dengan makin meluasnya penonton serial Korea, genre yang muncul semakin beragam dan tidak hanya berfokus pada kisah melodrama dan komedi romantis konvensional seperti pada gelombang pertama hallyu.

Berikut ini lima genre drama Korea terfavorit sepanjang 2022 yang menunjukkan makin beragamnya penonton serial dari Korea Selatan.

1. Laga Thriller dan Kriminal

5 Genre Drama Korea Paling Favorit pada 2022 dan Judul Terpopulernya

Foto: Watcha

Sepanjang 2022, genre laga dan thriller tak cuma banyak diproduksi, tapi juga berhasil menarik perhatian penonton internasional. Judul-judul seperti Weak Hero Class 1, All of Us Are Dead, Again My Life, Tomorrow, Revenge of Others, Narco-Saints, Money Heist Korea, Insider, Little Women, Through The Darkness, The King of Pigs, Tracer, hingga Alice, the Final Weapon mendapat respons yang bagus terutama dari penonton global.

Dalam dua tahun terakhir, genre laga dan thriller memang sedang jadi favorit baru. Ini berkat kemunculan para penonton baru drama Korea, di luar penonton lama drama Korea konvensional gelombang pertama hallyu seperti Winter Sonata dan The Boys Over Flowers.

Para penonton baru ini sebagian adalah pencinta serial Barat yang senang mengeksplorasi dan mengikuti tren terbaru. Mereka umumnya menonton drama Korea lewat platform streaming global seperti Netflix dan Disney+. Karena itulah, dua platform ini cukup banyak menampilkan drama Korea genre laga dan thriller. Platform lainnya seperti TVING dan Watcha juga belakangan makin populer.

Serial hasil adaptasi webtoon Weak Hero Class 1 yang tayang di Watcha bahkan menjadi drama Korea 2022 dengan rating tertinggi di MyDramaList, yaitu mencapai 9,1. Meski baru tayang pada 18 November, drama ini juga berhasil masuk dalam daftar drama Korea terbaik tahun ini menurut wartawan dan kritikus film.

Selain itu, All of Us Are Dead juga berhasil jadi serial paling viral pada awal 2022 berkat ceritanya yang memikat dan mendebarkan. Sekuelnya pun sudah dipersiapkan untuk tayang pada 2023.

Yang juga layak dicatat, kelahiran platform streaming video juga melahirkan tren drama Korea dengan episode yang jauh lebih pendek, yaitu menjadi 6-8 episode dengan durasi per episode tak sampai 60 menit.

2. Sageuk/Kerajaan

5 Genre Drama Korea Paling Favorit pada 2022 dan Judul Terpopulernya

Foto: tvN

Yang satu ini adalah genre yang kebal terhadap tren. Genre sageuk sudah ada sejak sebelum hallyu lahir dan tetap populer hingga saat ini meski latarnya adalah pada masa lampau.

Bahkan, drama sageuk termasuk dalam daftar drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa, misalnya Hur Jun (1999-2000) dengan angka 63,5%. Lalu ada juga Taejo Wang Geon (2000-2002) dengan rating 57,8% dan Jewel in the Palace (2003-2004) dengan rating 57,8%. Selain itu, drama ini juga punya episode yang sangat banyak, mencapai puluhan hingga ratusan episode.

Pada 2022, drama sageuk juga masih sangat dicintai yang kerap kali meraih rating tinggi. Misalnya saja yang paling baru adalah Under The Queen's Umbrella, lalu Alchemy of Souls, Bloody Heart, dan yang terbaru The Forbidden Marriage.

Drama-drama sageuk selalu menarik karena ceritanya yang penuh intrik, mirip drama makjang. Selain itu bumbu percintaannya banyak disukai penonton drama Korea konvensional.

Baca Juga: 4 Pasangan Drama Korea yang Paling Tidak Disukai Penonton

3. Drama Hukum

5 Genre Drama Korea Paling Favorit pada 2022 dan Judul Terpopulernya

Foto: ENA
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)