alexametrics
Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista
Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista
Ada banyak sekolah barista yang bisa kamu coba, bergantung pada keahlian yang ingin kamu kuasai. Foto/academiedecafedemontreal.com
Jakarta - Kalau kamu beneran serius mau masuk sekolah barista, ada beberapa sekolah yang bisa kamu pertimbangkan untuk dijajal.

Berikut beberapa di antaranya.

1. INDONESIA COFFEE ACADEMY



Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista
Foto: Instagram @indonesia_coffee_academy

Lokasinya di Anomali Coffee Senopati, Jakarta Selatan, dan sudah berusia 9 tahun. Ada enam kelas yang tersedia, yaitu Basic Espresso, Latte Art, Coffee Cupping, Manual Brewing, Advanced Espresso, dan Roasting Class. Biayanya mulai Rp1,5 juta - Rp7,5 juta untuk tiga kali pertemuan. Sekolah ini juga ada di Makassar dan Bali. Gurunya adalah para barista Anomali Coffee.

2. ABCD SCHOOL OF COFFEE

Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista
Foto: Instagram @abcd_coffee

Lokasinya di Menteng, Jakarta Pusat, didirikan oleh seorang Q Grader (penilai kualitas kopi bersertifikat) bersertifikasi dunia, Hendri Kurniawan. Kelas yang ditawarkan mulai dari Appreciation Class, Cupping, Brewing, hingga Latte Art dengan biaya Rp500 ribu –Rp6 juta. Sekolah ini cocok buat kamu yang mau kerja paruh waktu sebagai barista.

3. 5758 COFFEE LAB

Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista
Foto: @5758coffeelab

Lokasinya di Geger Kalong, Bandung, berdiri sejak Mei 2016. Sekolah ini sudah lulus sertifikasi Specialty Coffee Association of America (SCAA). Kelasnya dipandu Adi W. Taroepratjeka, instruktur Q Grader pertama di Indonesia. Kamu bisa pilih kelas Manual Brewing, Latte Art, sampa Q Grader. Biayanya mulai Rp750 ribu sampai puluhan juta rupiah.

4. UNIVERSITA DEL CAFFE DELL INDONESIA (UDC)

Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista

Foto: Facebook Universita Del Caffe Del Indonesia 

Sekolah barista dari Italia ini disebut juga sebagai Universitas Kopi Indonesia. Didirikan oleh PT Bahana selaku distributor Illy, nama besar perusahaan peralatan kopi dari Italia. Letaknya ada di JL. Hasyim Asyari, Jakarta Pusat.

Di tempat ini, tenaga pengajarnya hanya satu orang. Ia adalah Michael Gibbons, seorang barista profesional sekaligus spesialis kopi dari Australia. UDC memasang harga Rp2,6 juta untuk dua kelas yang dibagi ke dalam empat sesi. Yaitu Kelas Espresso Expert dengan fokus pelatihan ke ilmu dasar kopi dan cara membuat espresso. Setelah lulus, baru bisa lanjut ke kelas Creative Coffee, yaitu kelas yang mempelajari cara membuat latte art.

5. CASWELL'S COFFEE LAB

Ini 5 Rekomendasi Sekolah Barista
Foto: Instagram @caswellscoffee

laboratorium kopi yang juga lulus sertifikasi Specialty Coffee Association of America (SCAA), Lokasinya ada di Cilandak, Jakarta Selatan. Sekolah ini punya program pelatihan untuk jadi Q Grader, yang bisa melatih kamu jadi cuppers alias penyicip kopi yang ahli dalam menilai karakteristik kopi. Biaya kelasnya mulai Rp350 ribu hingga jutaan rupiah.

GenSINDO
M. Rifqi Herjoko
Universitas Indonesia



(her)
Redaksi SINDOnews
SINDOnews
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss