alexametrics
Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Kalau ada teman kamu minta waktu untuk curhat, dengarkan. Jangan sampai dia menjalani kesedihannya sendirian. Foto/crosswalk.com
Jakarta - Kamu lagi sibuk banget, tapi tiba-tiba ada teman yang butuh cerita masalahnya. Apa yang mesti kamu lakukan?

Sebisa mungkin, luangkan waktu kamu secepatnya untuk dia. Orang lagi galau jangan dianggap remeh, karena kalau dibiarkan, bisa merembet jadi stres berat atau malah depresi.

Stres dan depresi sering banget dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal depresi adalah penyumbang angka kematian ke-18 di dunia.



Sebanyak 80-90% bunuh diri berkaitan dengan kesehatan mental dan depresi. Sekitar 40% orang yang depresi berpikir serius untuk bunuh diri, dan 15% benar-benar melakukannya.

Nah, supaya hal mengerikan ini gak terjadi pada teman-teman kamu, ini tips menjadi teman curhat yang baik bagi temanmu yang sedang punya masalah.

1. DENGARKAN SAJA, JANGAN MENGHAKIMI ATAU INTERVENSI

Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Foto: medium.com

Percaya, deh, temanmu yang sedang punya masalah dan memilihmu sebagai teman curhatnya hanya ingin didengar. Mereka sama sekali gak mengharapkan penghakiman, nasihat, ataupun semangat klise dari kamu. Mereka hanya butuh tempat untuk meluapkan dan meringankan bebannya sejenak. Jadi yang harus kamu lakukan adalah cukup mendengarkan.

2. STOP KASIH UNGKAPAN 'TOXIC POSITIVITY'

Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Foto: thrivingtiger

“Jangan nyerah ya”, “Kamu bisa melaluinya, kok”, “Ambil hikmahnya aja”, “Stop mikir negatif”. Nah ungkapan-ungkapan ini adalah contoh toxic positivity atau kata-kata penyemangat yang klise. 

Ada kalanya kata-kata penyemangat di atas sangat sensitif bagi orang-orang yang sedang punya masalah. Ungkapan tersebut justru dapat memicu gangguan psikis bagi sebagian orang. Jadi mulai sekarang, berhenti melakukannya karena hal ini bisa berdampak buruk bagi sebagian orang.

3. BERI DIA WAKTU UNTUK CERITA, BARU KASIH SARAN

Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Foto: restaurantnz.co.nz

Jangan coba-coba untuk memotong percakapan dan memberi saran kepada temanmu yang masih menceritakan masalahnya kepadamu. Biarkan dia menyelesaikan ceritanya, kamu cukup mendengarkan. Jika dirasa dia sudah selesai meluapkannya, pelan-pelan beri dia saran yang positif. Ingat, jangan beri ungkapan toxic positivity ataupun terkesan menghakimi, ya.

4. BERI DUKUNGAN TERUS-MENERUS

Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Foto: cancersupportcommunity.org

Tetaplah beri dukungan untuknya. Meskipun ia sudah menceritakan masalahnya kepadamu, bukan berarti masalahnya telah selesai. Akan ada masanya dia merasa down dan butuh penyemangat lagi. Nah, di sini peran kamu sangat dibutuhkan. Jadi orang baik gak bakal bikin kamu rugi, kok.

5. SEBISA MUNGKIN SELALU ADA UNTUK DIA

Jadilah Teman Curhat yang Baik Kalau Temanmu Lagi Galau
Foto: thehopeline.com

Dia sudah memercayai kamu sebagai teman curhatnya. Jangan kecewakan. Cobalah sebisa mungkin untuk selalu ada saat dibutuhkan. Sewaktu-waktu dia butuh teman curhat, dengarkanlah. Jangan buat dia memendam masalahnya sendiri.

Jadilah teman curhat yang baik. Kalau kamu gak menemukan orang baik di sekelilingmu, maka jadilah salah satunya.

Maya Selawati Dewi
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @mselaa_



(her)
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss