5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar
IU alias Lee Ji-eun termasuk artis sukses yang ternyata hanya lulusan SMA. Foto/EDAM Entertainment
JAKARTA - Tingkat pendidikan di Korea Selatan sangat berpengaruh pada status sosial seseorang. Namun ada juga bintang drama dan idol K-pop sukses yang hanya lulusan SMA.

Di Korea Selatan, pendidikan bisa dibilang adalah yang utama. Mereka yang lulusan perguruan tinggi lebih dipandang, apalagi jika orang tersebut lulusan universitas di Seoul. Mendapat pekerjaan akan jauh lebih mudah.

Berbagai drama Korea pun sudah menggambarkan sisi gelap sistem pendidikan di Korea yang sangat ketat dan kadang hanya melihat manusia sebagai objek saja. Di tengah kondisi seperti itu, ternyata masih ada juga segelintir artis Korea top yang berani untuk memutuskan tidak berkuliah.

Berikut ini lima artis Korea , dari bintang drama Korea hingga idol K-pop yang sejauh ini hanya lulusan SMA.

1. IU

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: EDAM Entertainment

Kalau ada penyanyi dan penulis lirik perempuan yang begitu sangat dicintai oleh warga Korea Selatan, maka IU lah orangnya. Penggemarnya bukan cuma warga biasa, tapi juga sederet idol populer seperti Jungkook BTS, Wonwoo SEVENTEEN, hingga Suho EXO. IU juga jadi satu-satunya penyanyi perempuan yang sanggup menggelar konser di Jamsil Stadium, stadion terbesar di negara tersebut.

Namun sebelum kesuksesan itu, IU adalah anak yang lahir dari keluarga miskin yang terjerat banyak utang. Pada saat duduk di bangku SMP, ia yang bernama asli Lee Ji-eun lantas mencoba menjadi penyanyi dengan mengikuti puluhan audisi di berbagai perusahaan, tapi selalu ditolak.

Namun pada 2007, ia berhasil menandatangani kontrak dengan LOEN Entertainment. Dari sini, kariernya menanjak, membuat sekolahnya pun terbengkalai. Nilai-nilainya merosot drastis, kecuali untuk mata pelajaran literatur Korea.

Setelah lulus dari Dongduk Girls' High School, IU memutuskan untuk tidak melanjutkan ke bangku kuliah. Ia memilih fokus pada kariernya sebagai penyanyi dan aktris drama dan film.

2. Suzy

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: Management SOOP

Siapa pula yang tak kenal Bae Suzy. Aktris cantik ini mengawali kariernya sebagai idol dari grup Miss A. Namun karena popularitasnya melejit melampaui member lainnya, Suzy akhirnya fokus pada kegiatan solonya, terutama berakting dalam drama Korea.

Karena itu pula, Suzy yang kelahiran tahun 1994 memutuskan untuk tidak berkuliah karena dengan kesibukan dan kariernya yang sedang menanjak, ia merasa dirinya tak akan sanggup menjalani proses perkualiahan. Sejauh ini, Suzy hanya lulusan dari School of Performing Arts Seoul pada 2013.

Baca Juga: Drama Korea tentang Kisah Cinta Cowok Miskin dengan Cewek Miskin

3. BoA

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: SM Entertainment

BoA adalah penyanyi senior dari SM Entertainment. Ia adalah salah satu pelopor idol K-pop yang melebarkan sayapnya ke luar Korea, terutama ke Jepang, dan sukses besar. Ia juga berhasil menembus pasar China dan Asia Tenggara.

BoA mengawali karier bernyanyinya sejak usia 13 tahun. Jadi tak heran, ia memilih untuk fokus pada kariernya sebagai artis dibanding melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Kini dalam usia 36 tahun, penyanyi bernama asli Kwon Bo-ah ini tetap aktif bernyanyi, salah satunya tergabung dalam supergrup Got the Beat.

4. Jeon Jeong-Seo
halaman ke-1
Share: