3 Hokage dengan Masa Jabatan Paling Singkat di Naruto

3 Hokage dengan Masa Jabatan Paling Singkat di Naruto
Dari tujuh Hokage di Konoha, ada tiga yang punya masa jabatan paling singkat. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang karena sakit, mundur, dan tewas bertempur. (Foto: GitHub)
Hokage adalah sebutan untuk kepala desa Konoha. Di sepanjang Naruto , baru ada 7 orang yang berhasil menduduki jabatan bergengsi ini. Bahkan protagonis serial ini, Naruto Uzumaki ngebet banget untuk bisa menduduki jabatan sebagai Hokage ini.

Setiap Hokage memerintah tanpa batasan waktu tertentu. Hiruzen Sarutobi adalah Hokage dengan masa jabatan terlama. Dia menduduki jabatan itu selama kurang lebih 40 tahun. Dia baru diganti setelah tewas di tangan Orochimaru.

Sebagian besar Hokage di Konoha baru akan diganti ketika dia meninggal dunia saat masih menjabat. Tapi, ada juga kasus di mana Hokage itu memilih mundur dan menyerahkan jabatannya kepada orang lain. Hokage Konoha saat ini adalah Naruto. Dia telah menjabat kurang lebih selama 7—8 tahun. Siapa saja Hokage dengan masa jabatan paling singkat di Naruto? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 8 Hokage yang Pernah Memerintah Konoha di Serial Naruto

3. Tsunade Senju — 4 Tahun 6 Bulan

3 Hokage dengan Masa Jabatan Paling Singkat di Naruto

Foto: SportsKeeda

Tsunade Senju adalah Hokage Kelima Konoha. Dia merupakan salah satu dari tiga Sannin Konoha dan dianggap sebagai kunoichi terkuat. Tsunade menjadi Hokage Kelima setelah Hokage Keempat, Minato Namikaze, tewas, dan penggantinya, Hokage Ketiga, Hiruzen Sarutobi, meregang nyawa setelah melawan Orochimaru.

Dia adalah aset berharga di Perang Dunia Shinobi Kedua, bukan hanya karena kekuatan dan keterampilannya, tapi juga karena bakat medisnya. Dipercaya kalau usaha Tsunade membuat Konoha bisa memenangkan perang. Dia hampir tidak bisa dikalahkan karena Souzou Saisei-nya, yang membuatnya bisa menyembuhkan luka apa pun dengan cepat.

Setelah menjabat sebagai Hokage selama 4 tahun 6 bulan, Tsunade mengundurkan diri. Alasan mundurnya Tsunade tidak pernah diungkapkan, tapi, itu bisa dideduksi. Tsunade tidak pernah mau menjadi Hokage sejak awal. Dia menerima posisi itu dengan ogah-ogahan karena adanya ancaman baru sementara belum ada kandidat yang tepat saat itu. Jadi, begitu ancaman itu berakhir—dengan usainya Perang Dunia Shinobi Keempat—dan kandidat yang pas ditemukan, dia pun mundur. Tsunade digantikan Kakashi Hatake.

2. Hashirama Senju — 4 Tahun

3 Hokage dengan Masa Jabatan Paling Singkat di Naruto

Foto: Game Rant

Hashirama Senju adalah salah satu tokoh kunci yang bertanggung jawab atas berdirinya Konoha dan sistem desa secara umum. Dia menjadi Hokage pertama desa tersebut. Hashirama disebut sebagai Dewa Shinobi atas kekuatannya yang luar biasa, yang tidak ada tandingannya saat itu. Hashirama juga dianggap sebagai salah satu shinobi terkuat dalam sejarah. Dia mampu mengalahkan 8 kyuubi sendirian.

Hashirama adalah reinkarnasi Asura Otsutsuki, yang memberinya kekuatan hidup dan energi fisik yang kuat. Di satu titik di masa jayanya, kekuatan besar Hashirama membuatnya bisa bertarung selama 24 jam. Salah satu jurus terkuat Hashirama adalah Senpou Mokuton: Shinsuusenju. Jurus ini bisa menciptakan patung seukuran Bijuu yang punya ribuan tangan batu yang dipakai untuk menyerang musuh.

Hashirama menjabat sebagai Hokage sampai dia meninggal dunia setelah berkuasa selama kurang lebih empat tahun. Banyak yang percaya kalau Hashirama meninggal karena sebab alamiah, bisa karena usia tua atau penyakit. Kematian seperti itu tidak akan punya alasan untuk diperlihatkan di layar, yang menjelaskan mengapa itu tidak pernah diungkapkan. Sebelum meninggal dunia, Hashirama menunjuk adiknya, Tobirama, sebagai penggantinya.

Baca Juga: 8 Karakter Anime dengan Cerita Lebih Tragis dari Itachi Uchiha

1. Minato Namikaze — 1 Tahun Beberapa Bulan

3 Hokage dengan Masa Jabatan Paling Singkat di Naruto

Foto: SportsKeeda

Minato Namikaze dijuluki Kilat Kuning Konoha dan merupakan Hokage Keempat. Dia sangat penting dalam mengakhiri Perang Dunia Shinobi Ketiga. Minato adalah salah satu shinobi—dan Hokage—paling kuat di masanya, bahkan mungkin dalam sejarah. Selama perang, shinobi dari desa lain diberi perintah langsung kalau mereka bertemu Minato. Ini, tentu saja, terbukti sia-sia. Di satu titik, Minato berhasil mengeliminasi ribuan ninja sendirian. Ini memaksa musuh untuk menerima perjanjian perdamaian Konoha.

Minato dikenal telah memperbaiki banyak jutsu yang sudah kuat. Kontribusi terbesarnya kepada jurus dunia ninja jelas adalah Rasengan. Bola energi terkonsentrasi yang di pegang di tangan penggunanya ini bertindak sebagai peralatan ofensif multiguna yang bisa digunakan di jarak apa pun untuk efek menghancurkan. Bola ini juga bisa dilempar seperti serangan Bom Bijuu yang menjadi dasarnya untuk bisa merusak apa pun yang disentuhnya.

Minato ditunjuk sebagai Hokage karena usahanya selama perang. Sayang, masa jabatannya sangat singkat. Dia baru menjabat selama satu tahun beberapa bulan ketika dia mengorbankan nyawanya demi membela desanya dan anaknya yang baru lahir melawan Kyuubi yang mengamuk. Minato tewas di hari ketika anaknya itu lahir. Banyak penggemar percaya kalau Minato hidup lebih lama, dia akan lebih mengasah keterampilannya, yang membuatnya menjadi ninja yang lebih kuat. Minato digantikan Hiruzen Sarutobi. Anak Minato, Naruto Uzumaki, kemudian menjadi Hokage Ketujuh.


(alv)
Share: