11 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Pelaku Industri Hiburan Korea

Jum'at, 11 November 2022 - 17:14 WIB
loading...
11 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Pelaku Industri Hiburan Korea
Drama Korea terbaik pada 2022 salah satunya adalah My Liberation Notes menurut pelaku industri hiburan di Korea. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Ada puluhan drama Korea baru yang dirilis sepanjang 2022, tapi hanya belasan yang dipilih para pelaku industri hiburan Korea Selatan sebagai yang terbaik.

Belum lama ini, majalah bisnis hiburan terkenal di Korea, JoyNews24, menggelar survei dengan responden 200 orang pelaku industri hiburan Korea Selatan. Mereka terdiri dari agensi, produser, pekerja di perusahaan hiburan dan penyiaran, serta para wartawan.

Survei dilakukan pada 19 September hingga 4 Oktober 2022, dan hasilnya ada 11 drama Korea yang dianggap terbaik pada 2022. Berikut ulasannya.

1. Extraordinary Attorney Woo - 131 Suara

11 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Pelaku Industri Hiburan Korea

Foto: ENA

Drama ini mendapat angka yang impresif, karena dipilih sampai 65% responden. Diawali dengan rating yang tak sampai 1%, Extraordinary Attorney Woo langsung melejit dengan raihan rating tertinggi mencapai 17,5%.

Meski cerita tentang sosok autis sudah pernah diangkat dalam drama Korea lainnya, tapi Extraordinary Attorney Woo tampil menarik dengan sosok pengacara perempuan yang segar, kadang juga lucu. Apalagi, Park Eun-bin juga mampu menghidupkan karakter ini dengan baik.

Hasilnya, tak cuma rating tinggi yang didapat, tapi lokasi syuting drama ini pun diburu. Sementara season keduanya tengah disiapkan. Adapun beberapa negara disebut sedang bernegosiasi untuk melakukan remake-nya.

2. Our Blues - 28 Suara

11 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Pelaku Industri Hiburan Korea

Foto: tvN

Drama bertabur bintang ini dipilih sebagai salah satu drama Korea terbaik tahun ini karena dialog-dialognya yang sederhana, tapi mengena. Juga romantisme yang hangat, juga sisi kemanusiaan dari kisah orang-orang biasa di Pulau Jeju.

Kemunculan aktris down syndrome dalam drama ini juga dipuji karena memberi kesempatan untuk kaum minoritas dalam industri hiburan di Korea.

3. My Liberation Notes - 26 Suara

11 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Pelaku Industri Hiburan Korea

Foto: JTBC

Hanya beda tipis dari Our Blues, My Liberation Notes awalnya bernasib lebih buruk dari Extraordinary Attorney Woo. Sampai episode 5, ratingnya tak beranjak dari angka 2%. Namun perlahan-lahan, ratingnya terus merangkak hingga akhirnya jadi drama yang viral di media sosial.

My Liberation Notes dipuji karena ceritanya yang realistis dan tidak mendramatisasi dalam menggambarkan pencarian jati diri seorang perempuan muda nan introvert, yang mengaku "tidak sedih, tapi juga tidak bahagia dalam hidup".

Baca Juga: 16 Drama Korea dengan Rating Tinggi 9,0 ke Atas di MyDramaList, Tak Ada Squid Game

4. Twenty-Five Twenty-One - 13 Suara

11 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Pelaku Industri Hiburan Korea

Foto: tvN

Yang satu ini memperoleh rating tinggi sejak awal penayangannya. Kisah coming of age dan romansa dari seorang gadis atlet panahan dan pemuda yang keluarganya bangkrut ini sangat disukai penonton, karena awalnya terasa hangat. Meski akhir ceritanya tidak memuaskan sebagian penonton, tapi yang pro mengatakan bahwa drama ini berani menampilkan realitas dalam kehidupan yang tak selalu menyenangkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)