Trik Bikin Catatan Simpel dan Efektif dengan Teknik Pencatatan Cornell

Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah membagi halaman catatanmu menjadi empat bagian seperti yang tertera pada ilustrasi di bawah ini.

Trik Bikin Catatan Simpel dan Efektif dengan Teknik Pencatatan Cornell

Foto: Medium

Nah, keempat bagian tersebut punya fungsinya masing-masing. Kolom pertama yang berada di bagian paling atas halaman berfungsi sebagai tempat untuk menaruh judul utama.



Selanjutnya, kolom note atau kolom pencatatan yang berada di sisi kanan halaman berfungsi sebagai ruang untuk mencatat materi saat pembelajaran sedang berlangsung.

Saat mencatat pada bagian ini, kamu gak perlu menulis seluruh penjelasan yang diutarakan oleh pengajar, tapi cukup mencatatnya secara ringkas sesuai dengan pemahaman dan kalimatmu sendiri.

Sementara, cues column atau kolom isyarat yang berada di sisi kiri halaman dan memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil berfungsi sebagai ruang untuk mencatat kata kunci atau pertanyaan-pertanyaan yang muncul setelah mengulas materi yang udah kamu catat di kolom pencatatan.

Keberadaan kolom kecil berisi kata kunci tersebut, tentunya juga akan bikin kamu lebih gampang mencari materi yang mau kamu baca-baca lagi. Lebih efisien, kan?

Trik Bikin Catatan Simpel dan Efektif dengan Teknik Pencatatan Cornell

Foto: Wondershare

Sedangkan, kolom summary yang berada di bagian bawah halaman berfungsi untuk menulis kesimpulan singkat yang berisi inti utama dari keseluruhan catatan.
halaman ke-2
Share: