QRIS, Pembayaran Praktis Antiribet yang Kekinian

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:11 WIB
loading...
QRIS, Pembayaran Praktis Antiribet yang Kekinian
Penggunaan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard membantu transaksi jadi lebih praktis. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada masa sekarang ini tidak perlu repot ke mana-mana membawa dompet dan banyak uang tunai, karena sudah ada pembayaran digital. Contoh pembayaran digital yang sering digunakan oleh masyarakat yaitu dompet digital.

Banyaknya dompet digital dapat mempersulit pembayaran itu sendiri dan jauh dari kata mudah dan praktis. Maka dari itu Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran (ASPI) telah mengembangkan QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standard ) yang merupakan standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia.

QRIS diluncurkan pada 17 Agustus 2019 agar proses transaksi pembayaran secara domestik menggunakan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Anak milenial dan Gen Z wajib tahu perkembangan dalam transaksi digital pada era sekarang yaitu menggunakan QRIS. Transaksi menggunakan QRIS memberikan banyak manfaat bagi pengguna, untuk pelaku bisnis UMKM (merchant), mereka tak perlu mencari uang kembalian saat melakukan transaksi jual-beli.

Untuk pembeli (pelanggan) tidak perlu membawa uang tunai, transaksi jadi lebih mudah, cepat dan aman. Ada pula manfaat lainnya dalam kegiatan sosial yaitu QRIS sangat membantu dalam penyaluran donasi dalam kegiatan keagamaan, rumah sakit, dan lain-lain.

QRIS juga dapat menerima pembayaran dari mana saja, tidak hanya terbatas pada penyedia dompet digital. Mobile banking yang sudah dilengkapi QR Scanner pun bisa.

Contohnya, ketika ingin beli minuman di salah satu supermarket, tinggal buka dompet digital lalu klik Scan/Pay. Arahkan kamera pada kode QRIS. Saldo di dompet digital terpotong, transaksi berhasil, minuman dingin yang diidamkan pun langsung bisa dinikmati.

Ayo, asah QRIS untuk menyongsong masa depan ekonomi digital. Mulai pelajari teknologi finansial ini dan mengajarkan kepada orang terdekat untuk menggunakan QRIS juga.

Ester Wahyuni Saragih
(USI/GenBI)
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)