3 Cara Psikologis untuk Bikin Gebetan Tertarik Padamu

3 Cara Psikologis untuk Bikin Gebetan Tertarik Padamu
Ada banyak cara untuk memikat gebetan agar tertarik padamu, salah satunya yang dianjurkan oleh psikolog. Foto/iStock
JAKARTA - Apakah kamu sedang punya gebetan, tapi bingung bagaimana caranya supaya dia tertarik padamu dan kalian bisa dekat?

Psikolog Mark Travers mengungkapkan ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuat gebetan terkesan pada dirimu. Yang menarik, cara-cara ini jika dilihat sekilas justru tidak seperti langkah yang dibuat untuk menarik perhatian seseorang yang kita sukai.

Mengutip dari Psychologytoday, berikut ini tiga cara untuk memikat gebetan menurut Mark Travers.

1. Tunjukkan Kerapuhanmu Padanya

3 Cara Psikologis untuk Bikin Gebetan Tertarik Padamu

Foto: Getty Images

Berbanding terbalik dengan banyak tips kencan bahwa kita harus menonjolkan kelebihan-kelebihan kita di hadapan gebetan, Mark justru menyarankan agar kita tak ragu menunjukkan kerapuhan atau sisi emosi kita padanya. Ini bisa jadi akan membuatnya ikut menyampaikan sisi emosinya yang lebih dalam padamu.

Ilmu psikologi mengatakan bahwa cara terbaik untuk mengetahui perasaan orang lain adalah dengan membayangkan bagaimana perasaan kita saat berada dalam situasi yang sama seperti orang itu. Cara ini kadang disebut sebagai proyeksi egosentris (egocentric projection). Intinya, hal ini nantinya akan menunjukkan bahwa tiap orang lebih punya banyak kesamaan dibanding perbedaan.

Saat kamu punya kesempatan untuk ngobrol dengan gebetan-mu, kamu bisa menceritakan momen-momen kerapuhanmu. Misalnya momen memalukan yang pernah kamu alami, atau momen saat sedih maupun bahagia. Bisa jadi ini akan membuatnya terpancing untuk menceritakan momen spesial versinya pada dirimu.

Baca Juga: 6 Ide Games lewat Chat Buat Deketin Gebetan-mu, Pasti Seru!

2. Tetap Jalani Hidup Seperti Biasa

3 Cara Psikologis untuk Bikin Gebetan Tertarik Padamu

Foto: Getty Images

Saat kita sedang jatuh cinta, sangat sering terjadi pikiran kita berpusat sepenuhnya ke orang yang sedang kita sukai itu. Bahkan ada yang sampai membuat aktivitas atau kegiatannya disesuaikan dengan aktivitas gebetan.

Mark mengingatkan agar kamu tidak melakukan hal tersebut. Jalanilah kehidupanmu seperti biasanya. Jangan batalkan rencanamu dengan teman-teman yang sudah dibuat sejak lama hanya karena ingin dekat dengannya.

Menurut Mark, ini penting untuk membuat kesehatan mentalmu tetap stabil dalam menghadapi ketidakpastian hubunganmu dengannya. Jalani saja yang ada di depan mata. Dengan menunjukkan kemandirianmu, ini bisa jadi daya tarikmu yang unik di mata sang gebetan.

3. Tetap Jadi Diri Sendiri

3 Cara Psikologis untuk Bikin Gebetan Tertarik Padamu

Foto: Samson Katt/Pexels

Ini adalah saran klasik yang terasa klise, tapi memang harus kamu pegang teguh sepanjang hidupmu. Tak ada yang bertahan lama kalau kamu mendekati gebetan dengan menampilkan kepalsuan. Pada akhirnya, sifat aslimu akan terlihat olehnya, cepat atau lambat.

Baca Juga: Drama Korea Bertema ala Cinderella, Ada Kisah Cinta Anak Pembantu

Para psikolog juga menegaskan bahwa bersikap autentik adalah salah satu ujung tombak atau pilar dari kebahagiaan hidup. Psikolog Petra Kipfelsberger dari University of St. Gallen di Swiss juga mengatakan bahwa banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidak berpura-pura sangat mempengaruhi kesejahteraan mental seseorang.

Percayalah bahwa dengan menunjukkan perilaku dan kepribadian aslimu pada gebetan, kamu justru bisa tampil menonjol berkat keautentikan tersebut. Ingat saja lagu Dunia Tipu-Tipu milik Yura Yunita, bahwa di tengah banyaknya kepalsuan hidup, sesuatu yang sederhana dan autentik justru jadi harta paling berharga dalam hidup.


(ita)
Share: