7 Drama Korea dengan Karakter Cewek Menyamar Jadi Cowok

7 Drama Korea dengan Karakter Cewek Menyamar Jadi Cowok
Drama Korea dengan karakter cewek menyamar jadi cowok salah satunya adalah The Kings Affection. Foto/KBS2
JAKARTA - Drama Korea dengan karakter cewek menyamar menjadi cowok menawarkan kisah yang tak cuma kocak, tapi kadang juga menggambarkan kondisi diskriminatif terhadap perempuan.

Konsep menyamar menjadi sosok yang berbeda jenis kelamin memang sering diadaptasi dalam drama Korea. Genrenya pun sangat beragam, meski kebanyakan terkait kisah romantis. Namun ada juga yang fokus utamanya pada perjuangan kaum perempuan.

Berikut ini tujuh drama Korea dengan karakter cewek yang menyamar menjadi cowok untuk alternatif tontonan akhir pekanmu.

1. The Scholar Who Walks The Night (2015)

7 Drama Korea dengan Karakter Cewek Menyamar Jadi Cowok

Foto: MBC

Berlatar era Dinasti Joseon fiksi, drama ini bercerita tentang Yang-sun (Lee Yu-bi), yang keluarganya mengalami kesulitan finansial setelah keluarganya dituduh sebagai pengkhianat. Demi menghidupi keluarganya, ia lantas menyamar menjadi laki-laki dan bekerja sebagai penjual buku.

Dari sini, ia bertemu dengan seorang pria tampan Sung-yeol (Lee Joon-gi) yang sebenarnya adalah seorang vampir. Drama fantasi romantis ini tayang di MBC dan Viu.

2. Sungkyunkwan Scandal (2010)

7 Drama Korea dengan Karakter Cewek Menyamar Jadi Cowok

Foto: KBS2

Masih dari era Dinasti Joseon, Yoon-hee (Park Min-young) terpaksa harus menyamar menjadi laki-laki supaya bisa sekolah di tempat bergengsi yang hanya mau menerima murid pria. Namun identitas aslinya diketahui oleh Sun-joon (Park Yoo-chun) yang belakangan menyukai Yoon-hee.

Drama ini menggabungkan kisah diskriminasi terhadap perempuan dalam hal menuntut pendidikan, sekaligus kisah komedi romantis yang menyenangkan. Drama yang juga didukung oleh Song Joong-ki dan Yoo Ah-in ini tayang di KBS2, Viu, dan WeTV.

3. K-Pop Extreme Survival (2012)

7 Drama Korea dengan Karakter Cewek Menyamar Jadi Cowok

Foto: Channel A

Drama Korea lainnya tentang cewek menyamar menjadi cowok adalah K-Pop Extreme Survival. Sesuai judulnya, serial ini berlatar dunia K-pop dengan tokoh utamanya seorang gadis bernama Seung-yeon (Go Eun-ah) yang ingin sekali jadi idol K-pop legendaris.

Demi cita-citanya itu, ia rela berdandan seperti laki-laki agar bisa bergabung dalam sebuah boy group. Dalam prosesnya, ia bertemu dengan leader grup M2 bernama Woo-hyun (Park Yoo-hwan), yang punya senyum sangat manis, tapi kepribadiannya sebenarnya kejam. Drama ini tayang di Channel A.

Baca Juga: 10 Drama Korea Rating Tertinggi Tahun 2022, Terbaru Big Mouth

4. One Well-Raised Daughter (2013-2014)

7 Drama Korea dengan Karakter Cewek Menyamar Jadi Cowok

Foto: SBS

Kembali tentang kuatnya budaya patriarki, One Well-Raised Daughter bercerita tentang kematian anak laki-laki yang seharusnya menjadi penerus bisnis keluarga. Yang tersisa hanyalah anak perempuan Ha-na (Park Han-byul).

Karena tradisi keluarga menetapkan bahwa penerus bisnis harus laki-laki, maka Ha-na pun dididik seperti laki-laki. Ia bahkan harus berdandan seperti pria dan mengganti namanya menjadi Jang Eun-sung.
halaman ke-1
Share: