10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

8. The Amazing Spider-Man 2 — 6,6

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: The Cosmic Circus

Sekuel Amazing Spider-Man ini dianggap menutup perjalanan Andrew Garfield sebagai Peter Parker. Namun, dia kembali ke peran ini tahun lalu di Spider-Man: No Way Home. Amazing Spider-Man 2 gagal memberikan kesan bagi penonton dan kritikus. Meskipun, kalau ditonton lagi, film ini tidak jelek-jelek amat sebenarnya. Angka 6,6 di IMDb ini mengindikasikan kalau film ini sebenarnya cukup bisa dinikmati.

Film itu dikritik karena menampilkan terlalu banyak penjahat dan setup untuk semesta sinematik, yang malah menjauhkan ancaman Electro dan mengubahnya menjadi penjahat kelas rendahan. Kisah cinta antara Peter dan Gwen disoroti sebagai titik terkuat. Tapi, poin negatifnya sepertinya lebih berat dari positifnya. Ini karena plot yang terlalu rumit atas penyakit Harry Osborn dan perubahan mendadaknya menjadi Green Goblin tidak pas dengan ceritanya.

7. Thor: Love and Thunder — 6,5

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Marvel

Kesuksesan Thor: Ragnarok mengangkat kembali karakter Thor di MCU membuat Marvel bersemangat untuk melanjutkan kisahnya. Sayang, Thor: Love and Thunder gagal membuat penggemar dan kritikus terkesan. Formula Thor: Ragnarok yang diterapkan di film ini tidak berhasil dan justru membuat film ini terkesan pointless.

Kembalinya Jane Foster ke franchise Thor ternyata tidak banyak mempengaruhi film ini. Gaya penceritaan yang dangkal dengan komedi yang berlebihan membuat film ini jadi bikin penggemar malas menontonnya. Namun, Christian Bale yang tampil sebagai Gorr the God Butcher di film ini mendapatkan pujian dari banyak orang.

6. Eternals — 6,3

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Den of Geek

Sepanjang 11 tahun perjalanannya di dunia perfilman, MCU sepertinya kebal dengan ulasan buruk. Tapi, ini hanya bertahan sampai Eternals dirilis. Film ini langsung mendapatkan ulasan buruk dan skor rendah di sejumlah situs pengulas film, termasuk IMDb. Meski angka di IMDb masih lumayan, di atas 6,0, tapi tetap saja, ini menjadi film MCU terjelek selama 10 tahun terakhir.

Kritikus merasa ada banyak hal yang seharusnya diperbaiki Eternals demi menjustifikasi masa depan karakter di serial ini. Cerita tentang makhluk abadi yang hidup seperti manusia tidak terkait, karena para pengulas film merasa itu tidak logis. Sebagian besar film itu didedikasikan untuk karakter yang membahas masa lalu mereka. Karena penonton tidak tahu siapa orang-orang itu sebelum film ini, eksposisi ini tidak berdampak bagi penggemar.

5. Venom: Let There Be Carnage — 5,7

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: IMDb

Meskipun dianggap menjadi perbaikan dari sebelumnya, Venom: Let There Be Carnage juga menerima review negatif atas ceritanya yang terlalu cepat. Film ini juga terlalu pendek dan kurang mengekspos kekuatan Carnage. Meski begitu, pujian ditujukan kepada Eddie Brock dan Venom.

Film ini mengisahkan tentang Eddie dan Venom yang secara tidak sengaja menciptakan Carnage yang terikat dengan Cletus Kassidy. Keduanya kemudian memutuskan mengejar Venom dan Eddie. Sayang, Carnage muncul sebagai penjahat monster besar tanpa tujuan nyata selain sekadar menjadi jahat.

4. X-Men: Dark Phoenix — 5,7

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Den of Geek

Sebagai pamungkas serial X-Men di Fox sebelum franchise ini pindah ke MCU, banyak yang berharap film ini tampil dengan baik. Terlebih, sutradara Simon Kinberg terlalu mengumbar janji menjelang perilisan film ini. Tapi, hasilnya mengecewakan. Film ini dikritik habis-habisan dan menjadi pamungkas yang tidak memuaskan.

Garis besar Dark Phoenix adalah para karakter meminta Jean menolak kekuatannya yang berlebihan. Tapi, Jean malah menyerang mereka. Aspek yang sama diulang-ulang di film itu dengan karakter berbeda menemui hasil yang sama. Film ini bahkan dirating lebih jelek ketimbang X-Men: The Last Stand, yang sebelumnya juga mengangkat cerita Saga Phoenix.

3. The New Mutants — 5,3

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Den of Geek

Agak sulit membayangkan tema horor disatukan dengan gaya film X-Men. Usaha untuk melakukannya lewat The New Mutants pun jadi kacau. Premis tentang karakter yang berusaha kabur dari penyekapan dengan kekuatan masing-masing memang menarik. Sayang, ini tidak berhasil karena tidak satu pun karakter itu menarik.

Sebagian besar kritik ditujukan kepada kepribadian yang dilanda amarah yang tidak pas dengan tema horor yang dimaksudkan. Penundaan The New Mutants berkali-kali terbukti di produk akhirnya. Banyak suntingan yang tidak pas dengan arah cerita di adegan sebelumnya ke di mana semuanya berpuncak.

2. Morbius — 5,2

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Twitter

Sejak diumumkan, sudah banyak yang skeptis dengan film ini. Ketika dirilis, kritikus pun langsung mengungkapkan amarah mereka. Mereka mencaci maki ceritanya yang tidak masuk akal. Selain itu, usaha untuk tampil sebagai film horor tidak berhasil. Plot aneh dan CGI murahan membuat film ini tidak enak ditonton.

Film ini akan jadi lebih baik jika mengadopsi gaya lebih komedik seperti Venom. Tapi, karena film ini tampil dengan vibe serius, hasilnya malah jadi membosankan. Film ini sejatinya menjadi entri kedua Sony’s Spider-Man Universe (SSU). Tapi, sejauh ini, film dari franchise ini selalu mendapatkan rating rendah.
halaman ke-1
Share: