10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Jum'at, 16 September 2022 - 09:56 WIB
loading...
10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis
Ada banyak karakter penjahat anime yang punya cerita latar tragis. Tapi, tidak semua punya cerita yang setragis sejumlah karakter penjahat di anime populer ini. (Foto: KImetsu no Yaiba Wiki - Fandom)
A A A
Sejumlah karakter penjahat anime dikenal punya cerita latar yang tragis. Cerita inilah yang membentuk mereka menjadi sosok penjahat. Motivasi kejahatan mereka banyak yang bersumber dari kejadian traumatis masa lalu yang terus menghantui mereka.

Para penjahat ini dikenal tak segan melakukan tindakan keji terhadap orang lain. Dengan kekuatan mereka, mau itu kekuatan fisik, supranatural, kemampuan memanipulasi orang dan lain-lain, mereka dengan mudah mendapatkan korban. Namun, tentu saja, para jagoan di anime ini tidak akan tinggal diam, mau semenyedihkan apa pun cerita hidup mereka.

Sementara ada penjahat yang bertindak kejam karena mereka memang jahat, para penjahat ini tidak punya pilihan lain selain melakukan hal-hal yang tidak baik. Ada juga yang percaya kalau alasan mereka ini sudah benar sehingga darah yang tertumpah adalah harga yang harus diterima. Ini menciptakan penjahat yang paling tragis dan hampir simpatik. Karakter penjahat anime mana saja yang punya cerita latar paling tragis? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Shinobu Sensui — Yu Yu Hakusho

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Yu Yu Hakusho Wiki - Fandom

Biasanya, rasa hormat dan moralitas kuat adalah faktor yang membuat pahlawan itu berumur panjang, terutama di anime seni bela diri. Tapi, Sensui adalah faktor kejatuhannya sendiri. Sebagai pendahulu Yusuke sebagai Detektif Roh, dia benar-benar berkomitmen pada para peran itu karena keyakinannya kalau semua iblis itu jahat dan semua manusia itu baik. Dia melakukan hal yang benar dengan membunuh salah satunya demi melindungi yang lainnya.

Saat dihadapkan dengan kebenaran tentang kapasitas manusia untuk menjadi jahat dan iblis bisa tidak bersalah, Sensui tidak bisa menerimanya. Dia pun kemudian mengalami mental breakdown. Akhirnya, dia mendedikasikan seluruh hidupnya membuka portal ke Dunia Iblis untuk melepaskan kejahatan manusia dan membantai mereka semua, termasuk dirinya.

9. Lord Darcia III — Wolf's Rain

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: The Legend of the Multi Universe Wiki – Fandom

Semua serigala di serial ini menjalani hidup yang tragis. Mereka diburu sampai hampir punah oleh manusia. Mereka terpaksa menekan sifat alamiah mereka dan menyamar sebagai manusia untuk bertahan hidup. Satu-satunya yang menjaga mereka tetap hidup adalah pikiran tentang Surga. Legenda mengatakan, hanya serigala yang bisa mencapainya.

Darcia tidak pernah baik hati kepada pada jagoan serial ini. Dia menculik Chiza bukan untuk menggunakannya mengakses Surga, tapi untuk menyembuhkan pacarnya yang sakit parah, Harmona. Ketika Harmona meninggal dunia beberapa jam sebelum dia bisa melakukannya, dia runtuh seketika. Peristiwa itu membuatnya keluar dan berusaha menghancurkan dunia sehingga satu-satunya orang yang bisa masuk Surga adalah dirinya.

8. Sloth — Fullmetal Alchemist

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Pinterest

Di versi anime 2003 ini, Sloth adalah pukulan bagi penonton dan Elric bersaudara. Alih-alih diciptakan langsung oleh Ayah, Homunculi versi 2003 ini adalah hasil kelam transmutasi manusia. Sloth adalah makhluk yang diciptakan Edward dan Alphonse saat mereka gagal menghidupkan lagi ibu mereka, Trisha.

Sloth direvolusi ingatan masa lalunya sendiri. Dia percaya kalau mereka membuatnya menjadi orang yang tidak lengkap. Dia pun tertekad membunuh Ed dan Al untuk membuktikan kalau dia adalah dirinya sendiri. Tapi, ketika Ed ogah--ogahan membunuhnya, dia menggunakan momen terakhirnya itu untuk memuji anak Trisha itu seperti yang akan dilakukan seorang ibu, dengan pikiran dan motifnya yang ambigu.

7. Johan Liebert — Monster

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: CharacTour

Johan sama sulitnya bagi penonton seperti dia dengan karakter lain di serial ini. Dia terlibat dalam separuh dari salah satu rivalitas antarsaudara terbaik di anime. Jelas, dia adalah orang yang kejam. Dia membunuh sejumlah orangtua angkatnya hingga memanipulasi orang lain agar bunuh diri. Orang yang berhubungan dengannya akan menderita, mati, atau keduanya.

Perpisahan traumatiknya dari saudari kembarnya sejak masih kecil dan eksperimen jahat yang dimaksudkan untuk membuatnya menjadi pemimpin sekte paling berbahaya dan efektif, ada banyak cara yang bisa dijalani Johan untuk membuatnya menjadi dirinya yang sekarang. Johan tidak pernah punya kesempatan untuk menjadi dirinya sendiri. Dan, itu menyedihkan.

6. Isabella — The Promised Neverland

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Manga Thrill

Sekilas, Isabella hanyalah sejahat dan semenakutkan iblis yang menjadi majikannya. Dia membesarkan anak-anak Grace Field hanya untuk dimakan iblis. Dia akan berusaha melakukan apa pun untuk menyabotase usaha kabur, termasuk mematahkan kaki Emma yang berusia 11 tahun dengan tangan kosong.

Tapi, Isabella juga merupakan anak yang dibesarkan di Grace Field. Dia melihat teman-temannya dimakan iblis. Tak seperti protagonis serial ini, dia tidak bisa kabur dari tempat itu dan menjadi “ibu” adalah satu-satunya caranya bertahan hidup. Ketika dia tidak bisa menghentikan rencana kabur anak-anaknya, dia tidak dendam dan malah berdoa supaya mereka menemukan hidup yang lebih baik dalam kebebasan.

5. Homura Akemi — Puella Magi Madoka Magica

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Medium

Sebagian besar episode serial ini bersaing untuk menjadi yang paling mengejutkan. Tapi, kandidat kuatnya adalah episode 10. Episode ini menunjukkan Homura yang pernah dikenal Madoka sebagai cewek pemalu dan manis yang memandang Madoka sebagai teladan. Menyaksikan Madoka tewas karena melawan seorang penyihir merusak Homura. Dia pun berharap agar waktu bisa berubah dan menyelamatkan nyawanya. Setelah berkali-kali berusaha, dia masih belum berhasil.

Bahkan setelah Madoka menjadi Dewa, Homura tidak bisa bahagia. Perpisahan permanen dari orang yang paling dia sayangi adalah kebalikan dari apa yang dia perjuangkan. Di film sekuelnya, Homura menjadi iblis bagi Dewa Madoka. Dia bertekad menulis ulang realitas untuk membatalkan pilihan Madoka, menekan kekuatannya dan memenjarakannya. Meski Homura berhasil di akhir film itu, ada implikasi kalau itu tidak akan bertahan lama.

4. Daki dan Gyutaro — Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Bilibili

Bahkan iblis terkuat di serial ini pun mengalami hidup yang menyedihkan sebagai manusia. Ini mendorong mereka memilih hidup sebagai iblis dan membuat Tanjiro menangis saat mereka tewas akibat penggalan pedangnya. Daki dan Gyutaro adalan anak-anak miskin yang disiksa. Mereka hanya punya satu sama lain untuk menggantungkan diri. Di diri mereka, Tanjiro melihat apa yang bisa terjadi padanya dan adiknya, Nezuko, tanpa kasih sayang keluarga mereka.

Di saat kedua bersaudara itu saling menyalahkan karena kalah ketika mereka sekarang, Tanjiro menyuruh mereka agar berhenti bertengkar karena mereka saling memiliki. Tidak ada orang lain yang akan memaafkan atau berkabung untuk mereka. Keduanya membawa ucapan Tanjiro itu hingga ke akhirat. Gyutaro berusaha memaksa adiknya itu menjauhinya karena dia masih punya peluang untuk bertobat. Tapi, Daki menolak meninggalkan kakaknya dan memilih pergi ke neraka bersamanya.

3. Tomura Shigaraki — My Hero Academia

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Looper

Kehidupan Tomura Shigaraki sudah cukup sulit sebelum Quirk-nya aktif. Ayahnya jadi kasar secara fisik dan verbal ketika topik pahlawan muncul. Ini sulit bagi Tomura—yang saat itu dipanggil Tenko—karena dia sangat mengagumi mereka. Quirk-nya, Kerusakan, menghancurkan semua yang dia sentuh. Korban pertamanya adalah anjing peliharaan keluarganya, yang dia peluk setelah konflik dengan ayahnya. Korban selanjutnya adalah adiknya. Pada akhirnya, dia menghabisi seluruh keluarganya.

Sangat hancur dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelahnya, dia menjadi mangsa empuk All for One. Penjahat itu mengambilnya dan mengadopsinya sebagai pewaris. Kalau All for One adalah orang baik, maka ini akan menjadi akhir bahagia pada cerita yang tragis. Tapi, karena All for One adalah penjahat mengerikan, dia pun bermaksud membesarkan Tomura untuk menggantikannya. Ini membuat Tomura menjadi penjahat yang ditakuti.

2. Akito Sohma — Fruits Basket

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Fruits Basket Wiki – Fandom

Akito adalah obyek teror anggota Zodiak. Dewa yang mengikat semua Sohma terkutuk berada di bawah kendalinya. Akito akan melakukan apa pun untuk menekan perkembangan dan kemandirian mereka. Dia ingin membuat mereka berada di sisinya selamanya. Dia tidak segan mengisolasi mereka, menyakiti orang yang mereka cintai, menyalahkan mereka, dan menyerang mereka secar brutal.

Tapi, Akito belajar karena ada contohnya. Ayahnya, Akira, mengaguminya. Tapi, ibunya, Ren, membencinya. Dia terus menerus menyiksa Akito dengan mengatakan betapa dia tidak dicintai dan semua orang akan meninggalkannya. Dibarengi manipulasi Shigure, cengkraman Akito terhadap anggota Zodiak pun jadi tambah kuat karena takut ditinggalkan.



1. Zabuza Momochi dan Haku — Naruto

10 Karakter Penjahat Anime dengan Latar Paling Tragis

Foto: Medium

Penjahat pertama busur cerita Naruto ini adalah penjahat paling menyedihkan di anime. Ayah Haku membunuh ibunya dan berusaha membunuhnya karena takut dengan kekuatan mereka. Zabuza kemudian merawat bocah itu. Meski tahu kalau Zabuza hanya akan memanfaatkan kekuatannya, Haku masih tetap setia pada Zabuza sampai akhir.

Zabuza juga merupakan produk sistem shinobi yang sangat rusak. Dia menegaskan hanya menganggap Haku sebagai peralatan yang bisa dibuang. Tapi, ketika Zabuza melihat Haku mengorbankan nyawanya demi dirinya dan mayatnya tidak dihormati bosnya, Zabuza menggunakan momen terakhirnya untuk membunuh bosnya itu dan kemudian berbaring di sebelah Haku. Dia berharap bisa kembali bertemu dengan Haku di akhirat. Tapi, Zabuza percaya kalau mustahil bagi orang sekejam dia akan masuk tempaat yang sama dengan orang sebaik Haku.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)