4 Tipe Ekstrovert menurut Psikologi, Kenali Beda Sifat dan Perilakunya

4 Tipe Ekstrovert menurut Psikologi, Kenali Beda Sifat dan Perilakunya
Kepribadian ekstrovert bisa dibedakan berdasarkan empat golongan menurut teori psikologi Jungian. Foto/Cottonbro, Pexels
JAKARTA - Orang dengan tipe kepribadian ekstrovert dikenal sebagai sosok yang terbuka dan gampang bersosialisasi. Namun jika dilihat lebih detail, mereka sebenarnya punya sifat dan perilaku yang tidak sama.

Psikolog asal Swiss Carl Gustav Jung menggolongkan individu ekstrovert menjadi empat tipe yang berbeda. Dalam Ilmu Psikologi Jungian (Jungian Psychology), keempat tipe tersebut adalah Sensor Ekstrovert (Extroverted Sensors), Intuitor Ekstrovert (Extroverted Intuitors), Ekstrovert Perasa (Extroverted Feelers), dan Ekstrovert Pemikir (Extroverted Thinkers).

Bersumber dari psych2go.net, ini perbedaan antara keempat tipe ekstrovert menurut ilmu Jungian.

1. Sensor Ekstrovert (Extroverted Sensors)


4 Tipe Ekstrovert menurut Psikologi, Kenali Beda Sifat dan Perilakunya

Foto: Oliver Sjöström/Pexels

Sensor Ekstrovertadalah tipe yang sangat menyukai rangsangan fisik dari luar. Tipe ini biasanya memanfaatkan pancaindra, antara lain penglihatan, pendengaran, penciuman, dan lainnya untuk memperoleh informasi (rangsangan) di sekitarnya.

Tipe ini cenderung memilih aktivitas langsung yang melibatkan fisik mereka, seperti berolahraga atau kegiatan lainnya dengan stimulasi fisik intens. Maka dari itu, tips paling ampuh untuk membangun kedekatan dengan tipe ini, yakni melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan bersamanya, ketimbang mengobrol panjang lebar.

Walaupun begitu, bukan berarti tipe ini tidak dapat diajak ngobrol. Hanya saja, mereka butuh waktu untuk membentuk chemistry serta mencerna segala jenis informasi yang diperoleh dari suatu obrolan, jadi tidak bisa langsung paham.

Sensor Ekstrovert adalah seorang petualang yang suka mengambil risiko besar. Mereka mudah bosan ketika tidak melakukan sesuatu atau terlalu sering terlibat dalam satu kegiatan yang sama, termasuk bersosialiasi dan bertemu orang baru.

Maka dari itu, kalau kamu punya teman, kerabat, atau pacar dengan tipe ini, alangkah baiknya jika selalu mengajak mereka untuk mencoba kegiatan atau hal-hal baru yang positif.

Sensor Ekstrovert jika dikaitkan dengan tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah yang bertipe ESTJ, ESTP, ESFJ, dan ESFP.

2. Intuitor Ekstrovert (Extroverted Intuitors)

4 Tipe Ekstrovert menurut Psikologi, Kenali Beda Sifat dan Perilakunya

Foto: Mentatdgt/Pexels

Berbeda dengan tipe pertama, Intuitor Ekstrovert lebih suka menggali ide-ide abstrak dan fokus pada kemungkinan yang akan terjadi atas suatu hal atau peristiwa.

Mereka lebih suka bertukar ide dalam percakapan atau diskusi panjang dan bersifat intelektual, ketimbang yang stagnan dan kurang penting. Apabila bosan, mereka tidak segan untuk meninggalkan obrolan dan mencari percakapan lain yang menurut tipe ini lebih ‘menyenangkan’.

Kemudian perihal beraktivitas, jika tipe Sensor Ekstrovert cenderung menikmati setiap kegiatan yang menurutnya mengasyikkan, tipe Intuitor Ekstrovert lebih suka menyelidiki segala kemungkinan yang berpotensi terjadi atas suatu kegiatan.

Sebagai contoh, jika orang berkepribadian ini datang ke pesta, kehadirannya bukan berarti karena ingin datang, tapi dorongan untuk menyelidiki setiap kemungkinan yang berpotensi terjadi dalam pesta tersebut. Bisa dibilang, tipe ini mirip sosok detektif.

Seseorang dengan kepribadian ini cocok dengan empat tipe MBTI, yaitu ENTJ, ENTP, ENFJ, dan ENFP.

Baca Juga: 4 Tipe Introvert menurut Psikologi, Kenali Beda dan Plus Minusnya

3. Ekstrovert Perasa (Extroverted Feelers)

4 Tipe Ekstrovert menurut Psikologi, Kenali Beda Sifat dan Perilakunya

Foto: Pille Kirsi/Pexels

Tipe selanjutnya adalah Ekstrovert Perasa. Golongan ini sangat senang belajar dan saling berbagi pengalaman dengan orang lain. Mereka lebih dominan menghabiskan waktu bersama orang lain untuk menemukan hal atau pandangan baru, ketimbang sendirian.

Jangan heran bahwa tipe ini adalah pembicara yang sangat baik dan mudah beradaptasi (akomodatif) saat mengobrol dengan orang asing, entah dalam percakapan ringan atau mendalam. Bukan cuma itu, Ekstrovert Perasa juga selalu memastikan bahwa orang-orang di sekitarnya bahagia.

Tipe MBTI Ekstrovert Perasa adalah ENFJ, ENFP, ESFJ, dan ESFP.

Baca Juga: 5 Sosok Antagonis Drama Korea yang Pesonanya Kalahkan Pemeran Utama

4. Ekstrovert Pemikir (Extroverted Thinkers)

4 Tipe Ekstrovert menurut Psikologi, Kenali Beda Sifat dan Perilakunya

Foto: Henri Mathieu-Saint-Laurent/Pexels

Jika kamu mencari seseorang dengan jiwa kepemimpinan tinggi, tipe Ekstrovert Pemikir adalah sosok yang tepat. Mereka terlahir dengan jiwa pemimpin alami dengan sifat tegas dan percaya diri.

Tipe ini senang menciptakan segala sesuatu secara terstruktur agar bisa berjalan dengan efisien. Ini karena tipe Ekstrovert Pemikir adalah individu yang berorientasi pada tujuan. Ini membuat mereka pemikir paling berprestasi dibandingkan tipe lainnya.

Alasannya karena mereka mendapatkan energi dari impian dan tujuan, yang didorong oleh tantangan baru dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe MBTI yang cocok untuk si Ekstrovert Pemikir adalah ENTJ, ESTJ, ENTP, dan ESTP.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @rana.warta


(ita)
Share: