Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia
Nostalgia drama Korea terbaik yang pernah tayang di televisi Indonesia salah satunya adalah Boys Over Flowers. Foto/KBS2
JAKARTA - Nostalgia drama Korea terbaik yang pernah tayang di televisi di Indonesia akan membuatmu mengingat masa-masa terbatasnya akses menonton serial Asia.

Sebelum ada platform streaming video yang menjamur beberapa tahun terakhir, tak mudah untuk menonton drama Korea ataupun drama Asia lainnya. Kebanyakan akses menontonnya melalui DVD bajakan.

Namun setelah berdirinya RCTI pada akhir 1980-an, perlahan-lahan drama Korea pun mulai ditayangkan, mengikuti serial dan film Hollywood yang banyak diputar pada masa itu. Belakangan dengan banyaknya stasiun televisi swasta yang hadir, drama Korea pun mulai banyak bermunculan di beberapa stasiun televisi.

Nah, buat kamu yang ingin bernostalgia, inilah enam drama Korea terbaik yang pernah tayang di televisi Indonesia.

1. Winter Sonata

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: KBS2

Drama ini tayang di Korea pada 2002, dan termasuk yang pernah ditayangkan di RCTI pada 2015. Winter Sonata juga termasuk gelombang pertama hallyu sekaligus membuatnya jadi drama Korea legendaris yang bukan cuma sangat berpengaruh di luar Korea, tapi juga di negara asalnya tersebut.

Winter Sonata bercerita tentang dua anak SMA yang saling jatuh cinta untuk pertama kalinya. Namun cinta mereka menemui takdir pahit saat sang pria mengalami kecelakaan dan amnesia.

Ia lantas diberikan identitas baru, sementara sang kekasih mengira pasangan jiwanya telah meninggal. Beberapa tahun kemudian, keduanya kembali bertemu.

Drama romantis ini sangat terkenal hingga membuat latar musik dan sountrack-nya sangat populer. Bahkan lokasi-lokasi syuting drama ini juga menjadi spot wisata bagi warga lokal maupun turis internasional, terutama yang ada di Nami Island.

2. Pinocchio

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: SBS

Drama yang tayang di Korea pada 2014 ini juga tayang di RCTI pada 2015. Drama ini dibintangi deretan aktor dan aktris Korea ternama. Ceritanya tentang perjuangan para jurnalis untuk mendapatkan informasi dan mengungkapkan kebenaran.

Choi Dal-po (Lee Jong-suk) adalah seorang reporter berita genius yang mempunyai masa lalu keluarga yang kelam. Sementara itu, Choi In-ha (Park Shin-hye) adalah seorang pengidap sindrom unik 'Pinocchio' yang ingin sekali menjadi reporter. Sindromnya membuat ia cegukan setiap kali berbohong.

3. Emergency Couple

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: tvN

Nostalgia drama Korea di televisi Indonesia berikutnya ada Emergency Couple. Sama dengan Pinocchio, Emergency Couple juga tayang pada 2014 dan tayang di RCTI pada 2015.

Ceritanya tentang Oh Jin-hee (Song Ji-hyo) dan Oh Chang-min (Choi Jin-hyuk) yang menikah muda, lalu bercerai. Mereka bertemu lagi saat sama-sama menjadi karyawan magang di sebuah rumah sakit.

Pastinya, mereka masih saling membenci. Mereka juga berusaha saling mengabaikan saat bertemu di rumah sakit dan menutupi status hubungan mereka sebelumnya.

Namun saat Jin-hee punya kenalan yang berpotensi menjadi pacarnya, Chang-min tiba-tiba merasa cemburu. Ia baru sadar bahwa dirinya masuk mencintai Jin-hee.

Baca Juga: 5 Sosok Antagonis Drama Korea yang Pesonanya Kalahkan Pemeran Utama

4. Boys Over Flowers

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: KBS2

Bicara nostalgia drama Korea era 2000-an di televisi Indonesia pastinya tidak lengkap kalau tidak menyebut Boys Over Flowers. Penayangan di televisi Indonesia sama dengan di Korea, yaitu pada 2009. Setelah itu, drama ini terus bermunculan di berbagai stasiun televisi swasta di Indonesia.

Serial hasil remake drama Taiwan ini diperankan oleh Lee Min-ho sebagai Goo Joon-pyo, anak keluarga kaya yang menjadi ketua geng F4 yang ditakuti di sekolahnya. Di sekolah elite itu, Joon-pyo bertemu dengan Jan-di (Gu Hye-seon), anak sederhana yang berhasil masuk ke sekolah tersebut berkat beasiswa yang diterimanya.

Joon-pyo pun mulai mengusik Jan-di, tapi gadis itu menolak tunduk pada kesewenang-wenangan Joon-pyo. Hingga kini, Boys Over Flowers jadi salah satu drama Korea yang ikonis di negaranya maupun di kancah internasional.

5. Full House

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: KBS2

Full House tayang di Korea pada 2004 dan juga sering ditayangkan di beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia. Drama ini diperankan dua bintang hallyu, Rain dan Song Hye-kyo.

Song Hye-kyo berperan sebagai Han Ji-eun, sementara Rain sebagai Lee Young-jae. Dalam drama ini, kedua karakter terpaksa tinggal bersama meski mereka saling benci.

Sepanjang drama ini, penonton akan melihat adegan-adegan kocak saat mereka ribut tanpa henti. Namun suasana akan berubah dramatis saat perlahan-lahan mereka mulai saling peduli, bahkan cinta satu sama lain.

6. I Can Hear Your Voice

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: SBS

Yang satu ini tergolong drama yang masih baru, karena tayang di Korea pada 2013. Drama ini juga tayang di RCTI pada 2015.

I Can Hear Your Voice bercerita tentang seorang perempuan dan dua pria. Yang perempuan adalah seorang pengacara yang baru sadar akan masalah sosial dan ketidakadilan setelah bertemu anak muda yang bisa membaca pikiran.

Sementara satu karakter lainnya adalah seorang pengacara polos yang hidupnya sangat disiplin. Ketiganya lalu bekerja sama untuk menuntaskan kasus yang sangat sulit. Drama ini memadukan genre hukum dengan komedi romantis dan fantasi.

Drama Korea dengan rating tinggi ini dibintangi Lee Jong-suk, Lee Bo-young, dan Yoon Sang-hyun.

Baca Juga: 6 Drama Korea dengan Ending Paling Sedih dan Menyebalkan

7. Coffee Prince

Nostalgia 7 Drama Korea Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Foto: MBC

Drama komedi romantis ini juga tidak boleh dilewatkan. Coffee Prince tayang pada 2007 di Korea dan jadi salah satu serial terfavorit saat mulai ditayangkan di beberapa televisi swasta di Indonesia.

Drama Korea legendaris ini bercerita tentang seorang gadis tomboi bernama Go Eun-chan (Yoon Eun-hye) yang bekerja paruh waktu di kedai kopi milik Choi Han-kyul (Gong Yoo). Demi bekerja di sini, Eun-chan menyembunyikan identitasnya sebagai seorang perempuan.

Drama Korea penuh nostalgia ini makin rumit saat Han-kyul lama-lama jatuh cinta pada Eun-chan. Coffee Prince juga menjadi serial yang melambungkan nama Gong Yoo sebagai salah satu bintang drama Korea yang penuh pesona.


(ita)
Share: