10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022, Tundukkan Top Gun dan Doctor Strange 2

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022, Tundukkan Top Gun dan Doctor Strange 2
Broker jadi salah satu film Korea terlaris yang tayang sepanjang tahun 2022. Foto/CJ ENM
JAKARTA - Film-film Korea Selatan mampu menjadi raja di negaranya sendiri dengan mencatat angka pendapatan dan jumlah tiket melebihi film blockbuster Hollywood.

Misalnya saja, dua film Korea yang tayang tahun ini ada yang berhasil mengalahkan pendapatan dan jumlah tiket dua film ternama dunia, yaitu Top Gun: Maverick yang dibintangi oleh Tom Cruise hingga film MCU Doctor Strange in the Multiverse of Madness karya besutan sutradara ternama Sam Raimi.

Berikut ini 10 film Korea paling laris pada 2022 berdasarkan data situs web resmi industri perfilman Korea, Korean Film Council, Korean Film Biz Zone (Kofic KoBiz).

1. The Roundup (Kriminal Thriller)

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022, Tundukkan Top Gun dan Doctor Strange 2

Foto: Megabox

Film arahan sutradara Kang Yoo-sung ini berhasil memperoleh pendapatan sebesar USD94, 6 juta atau lebih dari Rp1,4 triliun dengan 12,7 juta tiket yang terjual sejak penayangannya pada Mei lalu.

Film terlaris di Korea Selatan pada 2022 ini merupakan sekuel dari film Outlawsyang tayang pada 2017 lalu. Film ini menceritakan kembali perjalanan seorang detektif kriminal pemburu buronan bernama Ma Suk-do (Ma Dong-seok). Dong-seok adalah aktor yang sangat populer di Korea dan sebelumnya pernah bermain dalam film Train to Busansebagai Sang-hwa.

Selain Ma Dong-seok, film ini juga dibintangiSon Seok-koo dan Choi Gwih-wa. The Roundup juga mengalahkah Top Gun: Maverickyang berada di posisi kedua.

2. Hansan: Rising Dragon (Laga Sejarah)

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022, Tundukkan Top Gun dan Doctor Strange 2

Foto: Lotte Entertainment

Film ini mendapatkan pendapatan sebesar USD52,6 juta (Rp782 triliun) dari 7,18 juta tiket yang terjual sejak tayang pada 27 Juli . Film ini mengadaptasi kisah nyata perjuangan seorang tokoh sejarah Laksamana Yi Sun Sin saat pertempuran laut antara Korea dan Jepang, di sebuah pulau bernama Hansan.

Film garapan sutradara sekaligus penulis skenario Kim Han-min ini dibintangi oleh aktor papan atas Park Hae-il. Ada juga Byun Yo-han, Ahn Sung-ki, Son Hyu-joo, Kim Sung-gyu, Kim Sung-kyun, dan sejumlah aktor Korea lainnya yang turut memeriahkan film ini.

3. Hunt (Laga Thriller)

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022, Tundukkan Top Gun dan Doctor Strange 2

Foto: Megabox

Dengan penjualan tiket sebanyak 4,1 juta sertapendapatankurang lebih Rp463 miliar, Hunt menjadi film ketiga terlaris di Korea Selatan pada 2022. Saat premiere-nya, film yang dirilis pada 10 Agustus ini dihadiri oleh bintang-bintang ternama seperti Jin BTS, Lee Min-ho, Kim Soo-hyun, dan Junho 2PM.

Hunt mengisahkan dua agen Intelijen Nasional (NIS) elite, yakni Park Pyung-ho (Lee Jung-jae) dan Kim Jung-do (Jung Woo-sung). Keduanya mengetahui keberadaan seorang mata-mata dengan kode sandi "Dong Rim" yang telah menyusup ke dalam organisasi mereka.

Diketahui, "Dong Rim" adalah mata-mata NIS yang memiliki rencana untuk membunuh presiden. Jika Park Pyung-ho dan Kim Jung-do tidak bisa menemukan penyusup itu, keduanya turut berisiko menjadi target.

Baca Juga: 6 Film yang Pemainnya Berseteru, Terbaru Dibintangi Harry Styles

4. The Witch: Part 2 - The Other One (Fiksi Ilmiah, Laga, Horor)

10 Film Korea Terlaris Sepanjang 2022, Tundukkan Top Gun dan Doctor Strange 2

Foto: Next Entertainment World

The Witch: Part 2 - The Other One memperolehpendapatan sebesar USD20,8 juta atau sekitar Rp309,7 miliar dari 2,8 juta tiket yang berhasil terjual sejak perilisannya pada 15 Juni lalu. Film ini mengisahkan tentang remaja perempuan yang jadi penyintas sebuah kecelakaan laboraturiom rahasia. Remaja perempuan tanpa nama tersebut diperankan oleh Shin Si-ah.

Dengan kondisi berdarah-darah, dirinya tanpa sengaja bertemu Kyung Hee (Park Eun-bin) yang sedang disandera oleh geng kriminal. Kemudian, perempuan tersebut menghabisi para anggota geng kriminal dengan kekuatannya.
halaman ke-1
Share: