Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu

Rabu, 01 Juli 2020 - 21:20 WIB
loading...
Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu
belajar tentang kebijakan publik bikin kita bisa mengawasi pembuatan kebijakan agar berpihak pada kepentingan rakyat. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Semua yang kamu alami di negara ini bukanlah kebetulan. Semuanya adalah hasil dari kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pernah gak kamu mempertanyakan kenapa waktu itu kamu mesti lulus UN SMA dengan nilai minimum yang lumayan tinggi? Atau kenapa kesempatan bekerja dan bergerak untuk kaum disabilitas masih sangat terbatas?

Nah, hal-hal ini terkait dengan kebijakan publik. Sekarang, apa kamu tahu gimana proses pembentukan kebijakan itu? Apa aja yang mendasarinya? Gimana sistem yang digunakannya?

Tanpa sadar, banyak hal yang kita lakukan diatur oleh kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Supaya kita gak asal manut atau protes tanpa dasar, makanya penting banget buat kita paham dan mengerti tentang bagaimana menganalisis kebijakan publik tersebut.

Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu

Foto: Dok. Think Policy Society

Kalau kamu penasaran dengan hal-hal ini, ada komunitas yang bisa membantu kamu untuk belajar memahaminya. Namanya Think Policy Indonesia.

Ini adalah komunitas profesional muda yang melakukan kolaborasi lintas sektor untuk mempelajari kebijakan publik berbasis bukti dan empati. Untuk melakukannya, salah satunya dengan membuat situs web thinkpolicy.id .

Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu

Foto: Dok. Think Policy Society

Di situs web itu, kamu bisa menemukan menu Online Academy. Ini adalah sumber pengetahuan untuk pemula yang mau tahu tentang kebijakan publik.

Informasinya disampaikan lewat rangkaian video pendek dan handbook yang terus diperbarui secara berkala. Informasinya akan dibagi berdasarkan kurikulum yang disusun tim Think Policy Indonesia.

Pengen Hidup Enak Sejahtera? Yuk, Belajar Kebijakan Publik Dulu

Foto: Dok. Think Policy Society

Untuk video, nantinya akan ada tujuh video yang bisa ditonton sesuai dengan urutan yang sudah disusun.

Video pertama mengajak kita belajar mengidentifikasi masalah. Video kedua untuk belajar menguji asumsi yang kita miliki. Video ketiga untuk menyusun solusi menggunakan instrumen ekonomi.

Video keempat untuk menyusun solusi memakai instrumen regulasi, dan tiga video lainnya masih dirahasiakan. Video ini bisa kamu cek di channel YouTube Think Policy Society .



Sedangkan untuk handbook, akan dibagi menjadi enam bagian. Bagian pertama berjudul “Kenapa saya di sini?”, bagian kedua berjudul “Apa masalahnya?”, bagian ketiga berjudul “Mana buktinya?”.

Bagian keempat berjudul “Apa saja solusinya?”, bagian kelima berjudul “Bagaimana memilih solusi terbaik?”, dan bagian terakhir berjudul “Siapa yang harus saya yakinkan?”.

Handbook ini bisa kamu unduh gratis di sini .

Seluruh materi disusun berdasarkan pengembangan dari panduan praktis analisis kebijakan publik yang dibuat oleh Eugene Bardach.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0904 seconds (0.1#10.140)