7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Rabu, 31 Agustus 2022 - 06:12 WIB
loading...
7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu
Anime bertema persahabatan senantiasa menyajikan kisah yang relatable dan inspiratif. Tema ini juga ada di semua genre anime, dari slice-of-life hingga shounen. (Foto: SCMP)
A A A
Anime bertema persahabatan sering kali menyajikan kisah yang relatable dan inspiratif. Minim konflik dengan orang luar, anime ini mengajarkan banyak tentang kehidupan dan cara mengatasi masalah. Mau itu disajikan sebagai cerita slice-of-life, seinen, komedi, atau shounen, banyak orang suka anime seperti ini.

Tidak hanya berkisah tentang cerita sehari-hari, anime tentang persahabatan ini juga tak jarang menampilkan indahnya ikatan pertemanan. Ikatan ini sulit ditebus atau diputus siapa pun ketika dalam persahabatan itu sudah tumbuh rasa saling memahami dan menghormati satu sama lain. Riak-riak kecil mungkin muncul dan butuh kematangan berpikir untuk mengatasinya.

Banyak kisah inspiratif yang bisa diambil dari anime tentang persahabatan ini. Bahkan, kalau kalian sedang ada masalah dengan sahabat, anime-anime ini mungkin bisa membantu kalian mencari jalan keluar. Anime persahabatan apa saja yang harus kalian tonton? Berikut ulasannya!



7. Grand Blue

7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Foto: Amazon.com

Iori Kitahara pindah ke kota pesisir bernama Izu saat masuk kuliah. Dia kemudian tinggal di atas Grand Blue, toko scuba diving pamannya. Iori berharap dan bermimpi punya pengalaman kuliah yang ideal. Alih-alih, dia malah bertemu anggota Diving Club yang suka mabuk. Setelah dibujuk seniornya, Iori ogah-ogahan bergabung dengan pesta aneh mereka.

Anime komedi ini mengikuti gaya cerita tentang mahasiswa Barat. Jadi, karakternya suka mabuk, pingsan, dan mempermalukan diri mereka sendiri. Tapi, serial ini punya keunggulan. Para karakternya saling terikat dan dinamikanya sangat relatable kalau kalian punya pengalaman yang sama.

6. Hachimitsu to Clover

7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Foto: cifi.it

Serial ini berpusat pada lima mahasiswa yang hendak memasuki dunia dewasa. Tapi, mereka melangkah ke ketidakpastian di masa depan dan berjang untuk memahami diri merkea. Shinobu, Yuuta, dan Takumi nge-kost bareng di tempat murah tanpa kamar mandi. Hagumi adalah artis bertalenta dan Ayumi seperti figur kakak yang cintanya tidak berbalas. Hidup mereka akan berubah dan jalan mereka akan terpisah. Tapi, ikatan mereka tidak akan berubah.

Dari premisnya, jelas serial ini adalah anime tentang persahabatan. Ceritanya lebih dewasa dan hubungan yang digambarkan tidaklah ideal. Selama serial ini, hidup para karakternya terus terjalin. Persahabatan mereka pun berevolusi dan pada akhirnya mereka menjadi orang dewasa yang hidupnya terpisah tapi punya memori indah atas persahabatan itu.

5. Isshuukan Friends

7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Foto: The Cinemaholic

Yuuki Hase adalah cowok berusia 16 tahun yang naksir Kaori Fujimiya. Tapi, cewek itu bukan cewek yang mudah berteman. Ketika Yuuki berhasil mengumpulkan kekuatan untuk mengajak cewek itu berteman, jawaban yang didapatkannya adalah tidak. Masalahnya, Kaori mengalami amnesia saat SMP. Dalam beberapa hari, dia akan lupa pada orang yang dia temui. Tapi, Yuuki ingin menjadi lebih dari teman seminggu untuk Kaori. Dia pun melakukan usaha terbaiknya untuk misi itu.

Serial ini punya rasa ringan bertabur melankolis karena Kaori terus kehilangan ingatannya. Setiap pekan, Yuuki berusaha berteman dengannya. Serial ini mengikuti rutinitas harian kedua remaja ini. Mereka pun mulai berinteraksi satu sama lain dan saling kenal. Pada akhirnya, anime ini memberikan pelajaran penting, yaitu berikan semuanya kepada seorang teman yang penting, meski situasinya sepertinya tidak memungkinkan.

4. Nijiiro Days

7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Foto: Anime News Network

Serial ini berkisah tentang empat cowok siswa SMA, yaitu Nacchan, Mattsun, Tsuyo-pon, dan Kei-chan, yang menjalani hari-hari mereka sebagai remaja. Setiap orang berbeda antara satu dan lainnya. Meski begitu, mereka punya satu persamaan, yaitu persahabatan mereka. Mereka selalu saling mendukung satu sama lain dan bersama mereka menghadapi setiap kesulitan.

Serial ini agak berbeda karena mengangkat persahabatan sekelompok cowok, bukan cewek seperti biasanya, dan berfokus pada persahabatan mereka. Para cowok itu menghadapi masalah yang sama dengan cowok di dunia nyata seperti ditolak cewek, mengkhayal pacaran, nilai jelek, dan piknik kelas yang nyaris menjadi tragedi. Mereka pun saling mendukung satu sama lain dan jujur satu sama lain. Serial ini adalah contoh persahabatan yang kuat.

3. Bakuman

7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Foto: Megazap

Moritaka Mashiro adalah seorang ilustrator dan Akito Takagi adalah penulis. Mereka sama-sama bermimpi memuat serial manga populer. Keduanya lantas memutuskan bersatu untuk mencapai mimpi mereka. Tapi, mereka tidak tahu betapa beratnya dunia manga. Mereka harus menghadapi kompetisi tinggi dengan kreator lain, jadwal ketat, dan lain sebagainya. Bertekad mewujudkan mimpi mereka, mereka pun melakukan yang terbaik.

Bakuman adalah serial di mana moral tinggi persahabatan disoroti sejak awal sampai akhir. Serial ini mengaburkan batasan antara persahabatan dan permusuhan. Musuh pun akhirnya menjadi teman. Serial ini adalah sebuah serial persahabatan yang sangat direkomendasikan. Lagipula, siapa yang tidak mau berjuang bersama teman dekat untuk meraih cita-cita, kan?

2. One Piece

7 Anime Tentang Persahabatan yang Bisa Menginspirasi Kamu

Foto: NME
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)