5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 10:50 WIB
loading...
5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli
Ada lima kepribadian MBTI yang dinilai paling unik dari 16 tipe yang ada menurut para ahli. Foto/iStockphoto
A A A
JAKARTA - Tes kepribadian MBTI membagi kepribadian manusia menjadi 16 kategori, dan para ahli menganggap ada lima yang paling unik.

Seperti kita tahu, tes MBTI membagi manusia berdasarkan empat sifat dasar, yaitu Extrovert (E) vs Introvert (I), Sensing (S) vs Intuition (N), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Extrovert mengacu pada orang-orang yang mendapatkan energi jika bersama orang lain. Sementara Introvert adalah sebaliknya.

Lalu Sensing jika orang tersebut memahami atau memercayai sesuatu berdasarkan data, sementara Intuition berdasarkan intuisinya. Thinking mengacu pada pengambilan keputusan berdasarkan pemikirannya, sedangkan Feeling dengan perasaan atau mempertimbangkan lingkungan sekitarnya.

Terakhir, Judging adalah orang dengan kepribadian dengan prinsip yang sangat teguh. Sementara Perceiving lebih fleksibel atau adaptif.

Perlu diingat, meski tes MBTI sangat populer, tapi sebenarnya tes ini belum diakui secara ilmiah dalam dunia psikologi . Jadi, jangan menganggap MBTI sebagai sebuah fakta yang 100% valid.

Nah, berikut ini lima jenis kepribadian MBTI yang dianggap paling unik oleh para ahli, mengutip Bestlifeonline.

1. ENFJ

5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli

Foto: Shutterstock

Menurut konsultan senior kesehatan publik Ryan Kaczka, orang dengan tipe ENFJ hanya ada 2,5% di dunia. Orang-orang ENFJ punya intuisi yang sangat kuat dalam menilai seseorang.

"Yang paling unik, jika INFJ memakai intuisi mereka untuk membantu orang lain, orang-orang ENFJ menggunakannya juga untuk membantu diri mereka sendiri," ujar Ryan.

Ryan juga mengatakan bahwa saat ENFJ menolong, bisa jadi mereka sudah banyak merencanakannya dengan sangat matang. "Mereka juga menggunakan kemampuan intuisi ini untuk "meningkatkan karisma" mereka," ucapnya.

2. ENTJ

5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli

Foto: Bigstockphoto

Psikiater dari The Pleasant Personality Nereida Gonzalez-Berrios mengatakan keunikan ENTJ ada pada kombinasi antara extrovert dan intuisinya. Ia mengatakan, fungsi kognitif ENTJ mencakup pemikiran ekstrovert sebagai fungsi dominan dan intuisi introvert sebagai fungsi tambahan.

"Kombinasi ini membuat mereka lihai dalam berinteraksi sosial dan ahli dalam membangun jaringan yang hebat. Mereka adalah komunikator yang hebat, tapi juga sangat berwawasan dan kreatif," kata Nereida.

Masih kata Nereida, ENTJ cenderung cerdas dan percaya diri, tetapi mereka juga bisa "rewel" dan "mencari kesalahan dalam perilaku orang lain". Sementara sifat ekstrovert mereka memungkinkannya untuk lebih menerima perbedaan orang lain, tetapi mereka juga bisa kurang sabar, terutama jika orang lain tidak bisa mengikuti ritme mereka.

3. INTJ

5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli

Foto: Bigstockphoto

Menurut Nereida, INTJ punya kombinasi yang membuat mereka menjadi sosok yang punya intelektualitas tinggi serta punya kemampuan luar biasa dalam memecahkan masalah. Namun selayaknya kaum introvert, mereka lebih suka menyimpannya untuk diri mereka sendiri.

"Mereka lebih suka diam saja bahkan di antara teman-teman terdekatnya. Mereka baru akan banyak bicara kalau pembicaraannya menarik dan merangsang pemikiran dan intuisi tajamnya," kata Nereida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)