alexametrics
musik
Cover Lagu Lathi versi Luar Negeri, Mana yang Bahasa Jawanya Paling Fasih?
Cover Lagu Lathi versi Luar Negeri, Mana yang Bahasa Jawanya Paling Fasih?
Emma Haesters dari Belanda jadi salah satu penyanyi cover lagu Lathi dengan penonton terbanyak. Foto/YouTube Emma Haesters
Jakarta - Lagu "Lathi" karya Weird Genius (Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu) masih belum selesai membuat kehebohan di YouTube.

Sejak video musiknya dirilis di YouTube pada 26 Maret lalu, lagu karya grup musik bergenre EDM dan synth-pop ini emang menarik banyak perhatian, gak cuma di dalam negeri, tapi juga sampai luar negeri.

Salah satu yang menarik adalah adanya lirik lagu berbahasa Inggris yang bercampur dengan lirik berbahasa Jawa.



Kowe ra iso mlayu saka kesalahan, ajining diri ana ing lathi” yang artinya kurang lebih “Kamu tidak bisa lari dari kesalahan, harga diri seseorang ada pada perkataannya.”

Secara keseluruhan, lagu "Lathi" bercerita tentang seseorang yang terjebak dalam hubungan toxic dan berusaha lepas darinya. 

Dari lirik lagu hingga konsep lagu, "Lathi" juga jadi bahan konten di media sosial. Gak heran, sampai saat ini, video musiknya udah ditonton lebih dari 66 juta kali. (Baca Juga: Lathi Challenge: dari Pujian sampai Dugaan Lagu Pemanggil Setan)

Lalu, siapa aja penyanyi luar negeri yang berhasil mengaransemen lagu "Lathi" dan keren banget? Berikut ulasannya.

1. KURT HUGO SCHNEIDER & JADA FACER

Pria kelahiran Amerika Serikat ini dikenal dengan karya musiknya yang gak biasa. Dia pernah memakai bahan makanan dan minuman untuk aransemen musik cover lagu "Yummy" milik Justin Bieber.

Begitu pun saat membawakan lagu "Lathi", aransemen musiknya sangat kaya, punya aura magis sekaligus kekinian dengan atmosfer EDM-nya. Suara merdu Jada juga mendukung suksesnya cover lagu tersebut, apalagi dia terdengar fasih saat mengucapkan lirik bahasa Jawa-nya.



2. DAVINA MICHELLE

Davina membawakan lagu "Lathi" dengan mengandalkan emosi dan rasa yang kuat. Ia mengucapkan setiap liriknya dengan penghayatan mendalam, termasuk saat bagian nyanyian lirik Jawanya yang lumayan fasih.

Emosi Davina didukung aransemen musik yang sederhana, mellow, tapi kuat, karena didukung suara Davina yang juga powerful. Video berdurasi 2 menit 15 detik ini udah ditonton sebanyak 1,2 juta kali.



3. EMMA HAESTERS

Youtuber asal Belanda ini belakangan mulai terkenal di Indonesia karena hobi mengaransemen ulang lagu-lagu Indonesia. Walaupun pengucapan bahasa Jawa-nya kurang fasih, tapi penonton yang berkomentar tampaknya cukup memakluminya.

Emma sanggup membawakan lagu ini dengan pas didukung aransemen yang enak untuk didengar berkali-kali. Gak heran, baru dua minggu setelah diunggah, video musiknya udah ditonton sampai 4,3 juta kali.



4. PATRICK STEWART

Beberapa bulan lalu, nama Patrick sempat populer di Indonesia karena berhasil menyanyikan lagu Andmesh, "Hanya Rindu"  dalam bahasa Inggris. Belum lama ini, dia kembali memamerkan kelihaiannya menyanyikan "Lathi" dan kini udah dilihat lebih dari 73 ribu orang.

Ia menyanyikan lagu "Lathi" dengan alunan piano. Walau masih terdengar kurang fasih dalam mengucapkan lirik bahasa Jawa, dengan suara ciri khasnya Stewart masih berhasil menampilkan emosi mendalam untuk lagu tersebut.



5. THE KAYS 

Kalau yang satu ini agak berbeda. Cewek bernama Klaudia Czerwinska ini gak mengaransemen lagunya, tapi menimpali lagu "Lathi" dengan gebukan drumnya yang asik banget didengar. Apalagi, video musiknya dibuat di luar ruangan dan beratmosfer alam.

Dari kecil, Klaudia emang udah pengen jadi musisi. Sejak punya kanal YouTube TheKays, namanya mulai dikenal banyak orang. Berbagai cover lagu penyanyi papan atas pernah dia lakukan. Walau badannya kecil, tapi kekuatan bermain drumnya mengagumkan.



Anita Rahim
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @anitaaa.rahim



(it)
Redaksi SINDOnews
SINDOnews
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss