5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Meski kualitas sepatunya bagus, tapi sepatu jenis itu tidak cocok, malah berbahaya, untuk beraktivitas olahraga. Namun para idol terpaksa memakainya karena itu adalah produk sepatu dari sponsor.

3. Aturan yang Tidak Manusiawi

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: MBC

ISAC 2022 juga sempat mengundang kontroversi pada awal pengumumannya karena aturan yang dianggap tidak manusiawi bagi para penggemar. Aturan ini pertama kali diunggah oleh boy grup AB6IX pada 26 Juli lalu.

Sesuai pengumuman, pemeriksaan kehadiran untuk para idol dan penonton dilakukan pada 1 Agustus pukul 05:30 waktu setempat. Kemudian gerbang akan ditutup pada pukul 6:10. Selain itu, penonton juga dilarang makan selama syuting.

Aturan ini langsung direspons negatif oleh para fandom karena syuting yang berlangsung dari pagi sampai malam akan sangat memberatkan bagi mereka. Meskipun ada istirahat untuk makan siang, tapi tetap saja aturan tersebut dianggap memberatkan. Meski begitu, MBC tetap teguh pada peraturan tersebut dengan alasan mencegah penyebaran Covid-19 yang masih merebak di Korea.

4. Perang Dingin MBC dan HYBE

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: BigHit Entertainment

Ini adalah isu lama yang sampai sekarang sepertinya masih berlaku. Seperti diketahui, pada tahun ini tak ada satu pun grup dari HYBE yang mengikuti ISAC. Alih-alih, grup-grup K-pop dari HYBE malah lebih dulu membuat acara serupa ISAC yang dibuat oleh produser beken Na PD alias Na Yeong-seok.

Ini menjadi pertanda bahwa perang dingin antara HYBE dan MBC, atau lebih tepatnya produser acara musik di MBC, tampaknya masih berlangsung. Semua ini bermula pada akhir tahun 2019 silam, BTS diundang untuk menjadi pengisi acara pada perhelatan Gayo Daejejeon yang diadakan stasiun televisi tersebut.

Sayangnya BTS tidak dapat memenuhi undangan itu karena sedang memiliki jadwal di luar negeri. Ketidakhadiran BTS ini akhirnya menimbulkan konflik berkepanjangan hingga kini. Bahkan Music Core yang tayang di MBC menjadi satu-satunya acara program musik besar yang tidak dihadiri BTS saat mempromosikan album terbaru mereka, Proof.

Meski kedua pihak telah membantah isu tersebut, tapi fakta-fakta yang ada sulit untuk diabaikan begitu saja.

5. Perlakuan Buruk Agensi dan Perbandingan Menu Makan Siang

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: Nate Pann

Yang satu ini tidak terkait langsung dengan MBC, melainkan antara agensi dengan fandom. Seperti diketahui, agensi bertanggung jawab penuh pada partisipasi para fandom tiap grup yang hadir dalam ISAC.

Agensi yang mengurus daftar peserta, menyiapkan staf untuk fandom mereka, termasuk memberikan makan siang gratis saat istirahat. Nah, yang baru saja terjadi, Stay alias fandom Stray Kids belum lama ini mengeluhkan etika staf yang disewa agensi untuk mengurus mereka dalam acara tersebut.

Staf tersebut dianggap tidak sopan. Sementara agensi juga disebut mengabaikan keinginan penggemar untuk memberikan dukungan berupa banner untuk Stray Kids. JYP Entertainment akhirnya menyampaikan permintaan maaf resmi terkait masalah itu.

Baca Juga: 5 Drama Korea tentang Orang Kaya yang Pura-Pura Miskin

Selain itu, ada pula isu perbandingan menu makan siang yang dibahas oleh netizen. Misalnya saja saat mereka membandingkan menu untuk penggemar ATEEZ dan CIX. Saat itu, agensi ATEEZ memberikan menu makan siang omurice (nasi goreng berbalut omelet) dari merek populer Kimbap Heaven.

Ini berbeda dengan CIX yang menu makan siangnya lebih beragam, yaitu jus, buah, kimbap, sandwich, ayam, roti, fish cakes, dan spam musubi. Mereka bahkan memberikan kupon makan malam di restoran yang cukup mahal untuk fandom-nya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)