10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat
Ada sejumlah karakter penjahat di Marvel Cinematic Universe (MCU) yang terjahat dari yang terjahat karena rencana yang mereka buat untuk kepentingan sendiri. (Foto: YouTube)
Marvel Cinematic Universe (MCU) sering menampilkan karakter penjahat alias villain yang menarik dan berbahaya. Mereka selalu muncul dengan rencana yang muluk-muluk dan terlihat tersusun rapi. Meski, ada beberapa di antaranya yang dibuat berdasarkan emosi sesaat.

Para penjahat di MCU ini juga tak jarang membuat penonton jadi bersimpati kepada mereka karena motivasi jahat mereka. Yang terbaru adalah Gorr. Penjahat utama di Thor: Love and Thunder itu menarik simpati orang karena keputusasaannya pada dewa yang dia sembah. Merasa dikhianati, Gorr akhirnya membunuh setiap dewa yang ada.

Namun, Gorr belum menjadi villain paling jahat di MCU. Di franchise ini, masih banyak penjahat lain yang rencana jahatnya bisa menyebabkan kehancuran besar dan juga jatuhnya korban jiwa dalam jumlah yang sangat banyak. Siapa villain di film Marvel dengan rencana paling jahat? Mengutip Screen Rant, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Menebak 8 Proyek Misterius Marvel untuk Fase 6 MCU

10. Thanos

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: Mashable

Meski Thanos dianggap sebagai penjahat paling jahat, dengan melihat kompleksitas logikanya, maka renacanya sebenarnya tidak terlalu jahat. Tujuan akhir Thanos adalah mencegah kelebihan populasi dan berkurangnya sumbe daya. Dia akan melakukannya dengan mengurangi jumlah populasi semesta hingga separuhnya.

Dia tidak hanya akan membunuh, tapi benar-benar percaya kalau dia melakukannya demi kebaikan semesta. Melalui logika yang berbelit-belit, Thanos percaya kalau konsumsi sumber daya akan menyebabkan akhir peradaban di seluruh semesta. Metodenya untuk melawan masalah yang tidak bisa dihindari ini adalah menyingkirkan makhluk hidup yang mengonsumsi sumber daya tersebut.

9. Mysterio

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: CinemaBlend

Rencana awal Mysterio sama seperti banyak penjahat lain di MCU, yaitu membalas dendam terhadap Tony Stark. Rencana Mysterio menyebabkan kerusakan besar, termasuk kehancuran banyak landmark London dan jatuhnya terlalu banyak korban jiwa orang tak bersalah. Rencananya benar-benar jahat karena tidak memikirkan korban jiwa dan kehancuran yang bisa dia sebabkan.

Kecerobohannya dalam menggunakan drone dan teknologi hologram buatan Stark untuk membantunya membuat rencananya jadi lebih jahat ketimbang yang terlihat. Pada akhirnya, dia menyalahkan Spider-Man atas apa yang terjadi. Ini menyolidkan keegoisan dan kejahatan rencananya.

8. Malekith

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: IGN

Malekith berencana menghancurkan Asgard dan mengambil alih 9 dunia. Rencananya adalah salah satu yang paling jahat di MCU dengan alasan yang sama dengan rencana Mysterio, yaitu tidak memikirkan korban jiwa. Dalam rencananya untuk menyerang dan menaklukkan 9 dunia, ribuan kalau tidak jutaan makhluk hidup akan mati dan kehancuran besar akan terjadi di Asgard.

Malekith tidak menunjukkan penyesalan atas kematian dan secara umum tidak punya moral. Dia memilih menjadi jahat demi mewujudkan tujuannya. Karena dia memilih jalan yang tidak bermoral dan benar-benar jahat untuk mendapatkan apa yang dia mau, dia menjadi salah satu penjahat paling jahat di MCU.

7. Alexander Pierce

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: IGN

Alexander Pierce adalah pejabat tinggi di SHIELD. Tapi, diam-diam, dia juga anggota Hydra. Rencananya terdiri atas menggunakan helicarrier dengan senjata high-tech untuk menyingkirkan orang-orang yang bisa membuat ancaman terhadap dominasi Hydra.

Dia berusaha mengambil alih dunia lewat pemerintahan bayangan. Rencananya ini jauh lebih berbahaya ketimbang penjahat lain di MCU. Tujuan Pierce untuk totalitarianisme dan penciptaan masyarakat dystopian serta otoriter melalui penyingkiran 20 juta orang tak bersalah membawanya menjadi salah satu penjahat terjahat yang pernah dihadapi para pahlawan.

6. Red Skull

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: Looper

Red Skull adalah pemimpin divisi sains Nazi selama Perang Dunia II. Rencananya sama dengan rencana Hitler secara militer, tapi dengan tujuan yang sangat berbeda. Red Skull berusaha menggunakan senjata nuklir untuk menghancurkan Amerika Serikat (AS), yang secara efektif akan membunuh 120 juta orang.

Dia berusaha menggulingkan Hitler dan mengambil alih seluruh dunia di bawah pemerintahannya. Meski ini sepertinya akan menghentikan tindakan terjahat dalam sejarah, kerusakan besar terhadap AS dan populasinya berseberangan dengan niat baik yang akan dia lakukan. Tujuannya menguasai dunia dan menghancurkan orang yang menghalanginya menunjukkan kalau rencana kejamnya itu memang jahat, bahkan kalau dibandingkan dengan penjahat lain di MCU.

5. Arishem

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: Discussing Film

Rencana Arishem sebenarnya sama dengan rencana Thanos. Tapi, kekacauan yang bisa disebabkannya lebih besar dan dengan niat yang tidak baik. Arishem ingin menggunakan bumi untuk melahirkan celestial baru. Ini akan menyebabkan kehancuran besar bumi dan kematian seluruh ras manusia.

Dia memperlihatkan ketidakpedulian terhadap jumlah makhluk hidup yang akan dia hancurkan dalam proses ini. Makanya, rencananya ini akan menyebabkan salah satu korban jiwa terbanyak di MCU. Ketidakpedulian Arishem dalam korban jiwa besar menyebabkannya menjadi salah satu pembuat rencana terjahat di MCU.

4. Xu Wenwu

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: Marvel

Xu Wenwu adalah pemimpin Ten Rings. Dia punya sejarah panjang kekerasan yang tidak diperlukan terhadap orang bersalah dan tidak bersalah. Selama berada di MCU, dia dimanipulasi makhluk kuno untuk membuka segel yang dia percaya akan membebaskan istrinya yang sudah lama meninggal dunia.

Meski dimanipulasi, dia masih menggunakan kekuatan dan pengaruhnya untuk membunuh siapa pun yang menghalanginya. Dia bahkan berusaha membunuh anak-anaknya sendiri. Dia melakukan tindakan kekerasan kejam. Metode kejamnya untuk mendapatkan apa yang dia mau membuat rencananya jadi jahat.

3. Ultron

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: We Got This Covered

Ultron adalah Kecerdasan Buatan (AI) yang diciptakan Tony Stark dan Bruce Banner. Mereka berusaha menciptakan pasukan penjaga perdamaian yang dikenal sebagai Iron Legion. Ini jadi berubah total ketika Ultron jadi hidup, mengembangkan tubuh, dan berusaha melenyapkan bumi.

Setelah tatap muka dengan internet, dia memutuskan kalau ras manusia akan menyebabkan kehancuran bumi. Dia menganggap dirinya sebagai penyelamat bumi. Keegoisannya dalam memproklamasikan dirinya sebagai satu-satunya harapan untuk ketahanan hidup bumi menyebabkannya menjadi salah satu penjahat terjahat di MCU.

2. Wanda Maximoff

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: News Rebeat

Meskipun Wanda dipengaruhi Darkhold, rencananya akan menyebabkan kerusakan terhadap struktur tidak hanya di satu semesta, tapi dua. Wanda berencana menemukan semesta di mana anak-anaknya eksis. Dia kemudian akan mengganti versi dirinya di tempat itu sehingga dia bisa hidup bersama anak-anaknya itu.

Rencananya sangat jahat dan egois hingga ke intinya. Rencana ini berasal dari keinginannya untuk bersama anak-anaknya yang begitu kuat sampai dia kehilangan rasa moralitasnya. Ketika semesta-semesta ini bertabrakan, mereka akan merobek satu sama lain, yang menghancurkan kedua dunia itu. Rencana Wanda adalah salah satu yang paling jahat di MCU karena kurangnya perhatian terhadap apa yang bisa dia sebabkan dan keegoisan ekstremnya.

Baca Juga: 9 Avengers yang Melakukan Kesalahan dengan Konsekuensi Besar

1. Ego

10 Villain Terbaik Film Marvel dengan Rencana Paling Jahat

Foto: IGN

Ego berencana menanam benihnya di setiap planet padat di semesta untuk mengubah mereka menjadi kepanjangan dirinya. Ketika planet-planet itu akan diubah, populasinya akan mati. Dia tidak peduli apakah orang-orang di planet itu selamat karena tujuan akhirnya adalah menjadi makhluk terkuat di alam semesta.

Tak seperti Thanos, Ego tidak punya niat baik untuk rencana pembunuhan yang akan mempengaruhi alam semesta. Ini membuatnya punya rencana terjahat di seluruh MCU. Ego adalah penjahat paling tidak peduli yang pernah dilawan para pahlawan. Dia adalah penjahat paling egois, jahat, dan kejam di MCU.


(alv)
Share: