10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Jum'at, 29 Juli 2022 - 07:12 WIB
loading...
10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia
Sejumlah anime punya fandom terbesar di sepanjang sejarah dunia. Berkat fandom ini pulalah, popularitas mereka bisa meroket untuk mendapatkan tempat mereka. (Foto: Serienjunkies)
A A A
Tidak bisa dimungkiri kalau popularitas anime diputuskan dengan fakta sebesar apa fanbase-nya. Apa pun genre-nya, anime dikenal atas fandom-nya yang berbeda. Di industri ini, ada banyak forum komunitas yang mendukung serial spesifik dan kadang berkelahi atas serial mana yang terbaik. Tapi, fandom anime mana yang terbesar di di dunia?

Biasanya, ada dua tipe penggemar. Mereka adalah yang menonton anime untuk senang-senang dan yang lainnya yang disebut “penggemar garis keras”. Penggemar-penggemar ini tidak akan melewatkan kesempatan untuk membela serial favorit mereka di media sosial atau konvensi. Ada sejumlah anime yang sukses tapi tidak akan bisa melakukannya tanpa cinta dan hasrat fanbase mereka.

Ada sejumlah serial anime yang punya fandom hingga ratusan juga di seluruh dunia. Anime-anime dengan fandom terbesar ini adalah anime paling populer di dunia. Ada yang sudah berjalan hingga puluhan tahun, tapi ada juga yang baru keluar dari cangkangnya. Mengutip Anime Galaxy Official, berikut fandom anime terbesar di sepanjang sejarah dunia!



10. My Hero Academia — 712 Juta

10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Foto: Blogging and Living

Ada puluhan anime bagus yang punya lini cerita mengagumkan dan desain karakter menarik. Tapi, My Hero Academia adalah salah satu dari sedikit anime yang bisa masuk top 10 daftar anime paling dicari di Google. Meski serial ini adalah sarang salah satu fandom anime paling toksik, tidak bisa dimungkiri kalau popularitas My Hero Academia di luar Jepang, terutama Barat, cukup mengesankan.

Terdiri atas 5 season anime dan 3 film, dunia My Hero Academia dipenuhi dengan para pahlawan di mana 80% populasinya mendapatkan kekuatan supranatural bernama Quirk. Izuku Midoriya adalah anak normal yang lahir tanpa kekuatan seperti itu. Tapi, dia masih bermimpi menjadi superhero. Kemudian, dia dipandu All Might, pahlawan terhebat Jepang, yang melatihnya untuk menjadikannya pewaris One for All.

9. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba — 752 Juta

10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Foto: ComicBook.com

Ada dua tipe anime: yang butuh puluhan tahun agar populer dan jadi viral anya dengan satu season. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba jatuh ke kategori kedua karena cara franchise ini naik popularitasnya begitu mengagumkan. Pada 2019, franchise ini melakukan debut anime dan sejak saat itu, serial ini terus meroket menjadi salah satu manga terlaris di dunia dengan perkiraan penjualan mencapai 150 juta eksemplar di seluruh dunia.

Ditulis dan diilustrasikan Koyoharu Gotoge, Kimetsu no Yaiba mengisahkan tentang Tanjiro Kamado yang menemukan seluruh keluarganya tewas dibantai iblis ketika dia sedang tidak ada di rumah. Satu-satunya penyintas dari tragedi itu adalah adiknya, Nezuko, yang telah diubah menjadi iblis. Bertekad mengembalikan adiknya menjadi manusia lagi, Tanjiro melakukan perjalanan untuk menemukan penyembuh dan memburu iblis yang membantai seluruh keluarganya, Muzan Kibutsuji.

8. Sword Art Online — 761 Juta

10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Foto: THEANIMEMAN

Konsep Sword Art Online bukan sesuatu yang baru bagi komunitas anime. Tapi, serial ini punya penampakan segar pada cerita terjebak di dalam video game. Serial ini sangat populer di antara fan dan dunia mengagumkannya menarik banyak penonton. Sejumlah sekuel anime, light novel, dan adaptasi video game-nya tersedia di pasaran.

Sword Art Online adalah serial web novel karya Reki Kawahara. Serial ini terjadi di masa depan dan berfokus pada dua protagonisnya, yaitu Kazuto “Kirito” Kirigaya dan Asuna Yuuki. Keduanya bermain berbagai realitas virtual dunia MMORPG untuk mengalahkan game itu dan membebaskan semua pikiran yang terjebak di Aincard.

7. Fullmetal Alchemist — 800 Juta

10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Foto: Syfy

Tidak banyak serial manga bagus yang ditulis mangaka perempuan. Industri manga Jepang secara total didominasi penulis manga pria. Tapi, Hiromu Arakawa mendobrak stereotipe ini dengan menulis cerita luar biasa seperti Fullmetal Alchemist yang diadaptasi menjadi anime sampai dua kali.

Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang dirilis pada 2009 memberi kesan mendalam bagi komunitas anime. Serial ini mengikuti dua bersaudara, Edward dan Alphonse Elric, yang melakukan ritual alkimia terlarang demi menghidupkan kembali ibu mereka. Tapi, kegagalan ritual itu menyebabkan Al kehilangan seluruh tubuhnya dan Ed kehilangan tangan serta kakinya. Untuk mendapatkan kembali bagian tubuh mereka, kedua orang ini menggelar perjalanan untuk menemukan batu bertuah.

6. Death Note — 818 Juta

10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Foto: Oteki Sinema

Death Note adalah serial anime crime-thriller dan dark fantasy kelas atas yang dibuat pasangan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Tidak banyak serial seperti Death Note yang hanya berjalan sepanjang 37 episode punya fandom anime terbesar sepanjang masa. Serial ini mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Light Yagami yang menemukan sebuah buku tulis yang memberinya kekuatan untuk menyingkirkan siapa pun.

Sadar dengan kekuatan mirip dewa mengerikan di tangannya, Light—di bawah alias Kira—mengikuti keinginannya untuk menegakkan keadilan dengan tujuan akhir membersihkan duai dari pelaku kejahatan. Tapi, dia kemudian dikorupsi oleh kekuatan itu. Untuk mengeksekusi rencana besar tanpa ketahuan detektif jenius L Lawliet, Light menggunakan setiap jengkal kreativitas dan kekuatan otaknya yang membuat siapa saja kagum.

5. Attack on Titan — 824 Juta

10 Fandom Anime Terbesar di Sepanjang Sejarah Dunia

Foto: Kodansha
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)