6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia
Ada sejumlah anime sepakbola seru yang bisa ditonton sembari menunggu Piala Dunia 2022 di Qatar. Anime ini menyuguhkan drama di lapangan dan luar lapangan bola. (Foto: Megazio.com)
Ada sejumlah anime sepakbola seru yang bisa ditonton sembari menunggu Piala Dunia 2022 di Qatar. Serial-serial anime ini tidak hanya menyuguhkan drama di lapangan, tapi juga drama di luar lapangan. Penonton akan menyaksikan perjuangan klub dan individu untuk menjadi yang terbaik demi mewujudkan impian mereka meraih gelar juara.

Sepakbola adalah olahraga yang paling banyak ditonton di seluruh dunia. Maka, tak heran jika berbagai platform hiburan turut serta mengangkat cerita berbasis olahraga ini. Terlebih, sepakbola juga merupakan olahraga yang sangat populer di Jepang sehingga para mangaka turut menciptakan serial berbasis cerita sepakbola. Karya mereka lantas diadaptasi menjadi anime.

Benang merah di antara serial anime sepakbola ini adalah kerja keras tidak akan mengkhianati hasil dan bahwa kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk mencapai impian bersama. Selama bertahun-tahun, anime sepakbola ini hadir di tengah komunitas pecintanya. Meski kalah pamor dengan basket dan voli, anime sepakbola tetap memberi warna lain di kancah genre olahraga anime. Anime sepakbola apa saja yang layak ditonton? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Pedang Paling Keren yang Pernah Ada di Dunia Anime

6. Aoki Densetsu Shoot!

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

Foto: TV Time

Serial ini adalah adaptasi anime dari manga Shoot! karya Tsukasa Oushima. Ceritanya berputar di sekitar tiga orang teman, yaitu Toshi, Shiraishi, dan Hiramatsu. Trio itu bergabung dengan tim sepakbola SMA Kakegawa demi bisa bermain dengan idola mereka, Yoshiharu Kubo.

Tapi, setelah Kubo meninggal dunia, tim itu pun bubar. Tak lama kemudian, trio itu dan seluruh tim kembali bersatu. Mereka ingin mengikuti ideologi mendiang kapten mereka, Kubo, untuk menikmati sepakbola dan menjadi nomor satu di Jepang.

5. Whistle!

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

Foto: Animax Wiki – Fandom

Anime ini mengisahkan tentang seorang murid SMP, Shou Kazamatsuri. Dia suka bermain sepakbola dan ingin menjadi pemain top. Tapi, Shou tidak dianugerahi banyak keterampilan di olahraga ini. Setelah pindah ke SMP Sakura Jousui, Shou masuk klub sepakbola. Dengan bantuan teman-teman barunya, dia menjadi lebih baik dan terus mendekati impiannya.

Anime ini diangkat dari manga karya Daisuke Higuchi. Anime ini populer karena menggambarkan pentingnya kerja keras. Serial ini menunjukkan bagaimana seseorang tanpa bakat alamiah bisa mengasah keterampilannya untuk menjadi hebat suatu hari nanti.

4. Captain Tsubasa

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

Foto: YouTube

Serial ini jelas adalah anime sepakbola paling kondang sepanjang masa. Serial ini diangkat dari manga karya Yoichi Takahashi yang sudah beredar sejak 1981. Serial ini mengisahkan tentang seorang cowok bernama Tsubasa, yang bermimpi memenangkan Piala Dunia bersama Jepang.

Sejak kecil, Tsubasa sudah punya cukup bakat untuk memberi kesan kepada semua orang di sekitarnya. Setelah mendapatkan seorang guru, perjalanan sepak bola Tsubasa pun dimulai. Dia kemudian mulai tampil di permainan terbesar. Selama bertahun-tahun, serial in telah menjadi salah satu anime sepakbola paling populer di dunia.

3. Giant Killing

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

Foto: Giant Killing Wiki – Fandom

Serial ini diangkat dari sebuah klub sepakbola Jepang yang dikenal sebagai East Tokyo United. Klub ini punya waktu yang sulit di liga sepakbola terbaik di negara ini. Nyaris terhindar dari degradasi, klub itu berusaha melakukan segalanya demi memperbaiki kondisi mereka.

Akhirnya, mereka memutuskan bereksperimen lagi dengan membawa pelatih baru. Manajer baru itu, Takeshi, menghadapi tugas besar untuk mengembalikan klub itu ke jalur yang benar dan berkompetisi melawan klub lain yang punya dana lebih besar. Selain itu, karena reputasi sebelumnya, Takeshi dibenci penggemar klub itu. Ini membuat tugasnya jadi lebih sulit.

2. Inazuma Eleven

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

Foto: Inazuma Eleven Wiki – Fandom

Serial ini mengikuti petualangan tim sepakbola SMP Raimon. Tim itu sudah lama gonjang ganjing. Jadi, tanggung jawab untuk memperbaiki situasi jatuh di bahu Mamoru Endou, kapten tim saat ini. Tapi, dia segera tahu kalau tugas itu sama sekali tidak mudah.

Mamoru segera menyadari kalau dia butuh bantuan untuk memperbaiki tim itu. Dia bertemu Shuuya Gouenji, pemain sepakbola yang sangat berbakat, yang tidak lagi tertarik bermain bola. Tapi, Mamoru tidak menyerah. Dia mulai berusaha meyakinkan Shuuya agar bergabung dengan timnya.

Baca Juga: 6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

1. Ao Ashi

6 Anime Sepakbola Ini Bisa Ditonton buat Nunggu Piala Dunia

Foto: What’s on Netflix

Serial anime yang diangkat dari manga karya Yugo Kobayashi ini tergolong masih baru. Episode pertamanya tayang pada April lalu. Serial ini berfokus pada seorang cowok bernama Aoi Ashito, yang merupakan pemain bintang di tim sepak bola SMP-nya.

Suatu hari, dia kehilangan kendali dan ditendang dari timnya. Setelah dia ditendang, timnya kolaps dan dia mulai mempertanyakan dirinya sendiri. Beruntung, dia bertemu seorang pelatih yang melihat potensi pada dirinya. Pelatih itu mengundangnya ke Tokyo untuk mengasah kemampuannya.


(alv)
Share: