6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok
Karakter anime gender trap biasanya menipu penonton dengan penampilan mereka. Pada dasarnya, mereka adalah cowok yang terlihat seperti cewek atau sebaliknya. (Foto: MyAnimeList)
Karakter anime gender trap biasanya menipu penonton dengan penampilan mereka. Karakter-karakter ini akan tampil seperti jenis kelamin yang berseberangan dengan jenis kelamin asli mereka. Pada dasarnya, mereka adalah cowok yang terlihat seperti cewek atau sebaliknya.

Karakter cowok yang terlihat seperti cewek biasanya tampil dengan wajah feminin dan penampilan yang mendukung. Bahkan, di antaranya ada yang sengaja tampil seperti cewek karena merasa lebih nyaman. Selain itu, ada juga yang berharap dilahirkan sebagai cewek.

Karakter-karakter ini bahkan ada yang jadi protagonis di serial anime-nya. Mereka memberi warna tersendiri dengan penampilan mereka, meski tidak terlalu signifikan pada jalannya cerita. Mungkin, sebagian adalah untuk fan service. Siapa saja karakter anime gender trap? Berikut 6 di antaranya!

Baca Juga: 8 Karakter Anime Paling Ikonik Ini Bisa Memanipulasi Kegelapan

6. Emporio Ivankov — One Piece

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

Foto: YouTube

Ivankov adalah okama dan penguasah Kama Land Baru. Untuk membuat prestasi ini terlihat mencolok, dia memakai mahkota ratu di atas mahkota raja. Ivankov adalah seorang pria baik hati. Dia menganggap persahabatan sebagai harta karunnya yang paling berharga.

Ivankov percaya kalau pria, wanita, atau okama harus dibiarkan hidup seperti yang mereka mau. Dia juga tidak peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain terhadap dirinya. Setelah bertemu Luffy, Ivankov mempertahankan rasa hormat yang besar terhadap Topi Jerami itu dan mendoakan agar perjalanan mereka sukses.

5. Ritsu Sohma — Fruits Basket

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

Foto: Fruits Basket Wiki – Fandom

Ada karakter yang menemukan kedamaian dan ketenangan dengan crossdressing. Inilah yang terjadi pada Ritsu. Dia memilih crossdressing karena dia merasa beban yang ditekankan padanya akan lebih berkurang kalau dia bertindak dan berperilaku seperti cewek.

Sementara tidak ada yang salah dengan tindakannya, yang membuat prihatin adalah alasan mengapa Ritsu melakukannya. Serial ini banyak mengisahkan tentang toxic masculinity dan apa yang dilakukan Ritsu mungkin adalah sebuah pemberontakan. Inilah yang membuat busur karakternya jadi lebih berarti.

4. Kurapika — Hunter x Hunter

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

Foto: Twitter

Karakter terbaik adalah dia yang bisa menipu audiens dengan tampil seperti jenis kelamin yang berseberangan. Salah satunya adalah Kurapika. Wajah Kurapika terlihat feminin. Dia juga seorang yang tenang dan pendiam. Penampilannya tidak menampakkan kalau dia sesungguhnya adalah cowok.

Kurapika punya kendali yang nyaris sempurna terhadap nen di dunianya. Cita-citanya adalah menemukan mata milik klannya. Mata yang sama yang memberinya kekuatan untuk mengendalikan Nen dan semua bentuknya. Kurapika telah menjadi bagian dari sejumlah pertarungan terbaik dalam sejarah anime.

3. Haku — Naruto

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

Foto: Narutopedia

Haku adalah karakter gender trap pertama bagi sebagian besar penggemar anime. Dia merupakan antagonis utama di busur cerita Zabuza dan menjadi misi pertama Tim 7. Sekilas, penampakan Haku sangat feminin. Naruto bahkan menyebutnya cantik, bahkan lebih cantik ketimbang Sakura, meskipun dia sudah diberitahu kalau Haku adalah cowok.

Sementara Kakashi mengungkapkan kalau Haku adalah cewek di awal misi. Tapi, gender Haku tidak terlalu jelas sampai ada flashback di salah satu momen terbaik di Naruto. Saat itu, Haku muncul di antara Kakashi dan Zabuza yang sedang bertarung. Dia kemudian tewas di tengah duel sengit tersebut. Di busur cerita itu, Haku sempat bertarung melawan Naruto. Pertarungan itu adalah pertarungan yang paling underrated di sepanjang serial ini.

2. Ruka Urushibara — Steins;Gate

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

Foto: Avvesione's Anime Blog

Penampilan Ruka akan mengelabuhi semua orang. Dia tinggi ramping, rambut sebahu, wajah feminin, dan suka mengenakan busana cewek. Tapi, nyatanya, Ruka dilahirkan dan dibesarkan sebagai cowok. Tapi, dia ingin bisa dilahirkan kembali sebagai cewek.

Makanya, dia berpakaian seperti cewek dan mengidentifikasi dirinya sebagai cewek. Dia bahkan menggunakan mesin milik Rintarou untuk mengirim pesan kepada ibunya di masa lalu. Dia memintanya untuk makan lebih banyak sayur sehingga peluangnya untuk dilahirkan sebagai cewek lebih tinggi. Cara ini sebenarnya berhasil. Tapi, kemudian dibatalkan karena berbagai peristiwa.

Baca Juga: 10 Karakter Pahlawan Utama Anime yang Paling Jahat

1. Nagisa Shiota — Assassination Classroom

6 Karakter Anime Gender Trap, Dikira Cewek, Ternyata Cowok

Foto: Superhero Jacked

Sekilas, Nagisa terlihat seperti cewek. Wajahnya feminin, rambutnya dikuncir dua, dan dia juga lembut. Baju seragamnya pun dipakai cukup berbeda dari yang lain karena dia mengenakan celana kargo. Namun, Nagisa bukanlah cewek.

Meski nama dan penampilannya seperti seorang cewek, Nagisa sebenarnya adalah cowok. Tidak semua teman sekelasnya tahu kalau dia cowok. Bahkan, Kaede pun baru tau kalau Nagisa adalah seorang cowok ketika mereka ikut pelajaran berenang. Nagisa berpenampilan seperti itu karena ibunya yang memaksanya berpenampilan seperti itu.


(alv)
Share: