5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Selasa, 26 Juli 2022 - 09:42 WIB
loading...
5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood
Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah anime berating tertinggi sepanjang masa. Tapi, itu tidak berarti anime ini tidak punya penantang berat untuk titel itu. (Foto: SyFy)
A A A
Fullmetal Alchemist: Brotherhood ditahbiskan sebagai anime terbaik sepanjang masa. Serial ini juga merajai rating di sejumlah situs hiburan. Di IMDb dan MyAnimeList, selama 10 tahun terakhir, serial sepanjang 64 episode ini memuncaki tangga anime dengan rating tertinggi.

Tapi, tidak selamanya rekor Fullmetal Alchemist: Brotherhood ini bisa bertahan. Beberapa kali rating anime itu dilampaui serial lain, walau hanya sementara. Fullmetal Alchemist: Brotherhood selalu menemukan jalannya kembali ke puncak sebagai anime dengan rating tertinggi sepanjang masa. Meskipun, angka rating anime ini cenderung menurun dari waktu ke waktu.

Saat ini, Fullmetal Alchemist: Brotherhood punya rating 9,13 di MyAnimeList. Di IMDb, anime ini menduduki puncak teratas anime terbaik dengan 9,1. Sementara di Rotten Tomatoes, anime ini punya skor 100%. Di Anime News Network, anime ini berada di puncak daftar anime berating tinggi dengan 9,08. Hanya, di AniList, anime ini menduduki peringkat 5 anime dengan rating tinggi dengan angka 90%.

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah remake Fullmetal Alchemist. Serial ini berkisah tentang kakak beradik Edward dan Alphonse Elric yang mencoba menghidupkan lagi ibu mereka dengan alkimia. Sayang, semua malah berakhir dengan tragedi. Ketika dewasa, Edward menjadi alkemis negara dengan tujuan mengembalikan tubuh mereka yang hilang akibat insiden itu.

Fullmetal Alchemist: Brotherhood juga menjadi salah satu anime dengan ending terbaik. Meski begitu, tidak berarti tidak ada anime yang lebih baik ketimbang serial ini. Masih banyak anime bagus meski ratingnya tidak setinggi serial ini. Jadi, anime apa saja yang pernah melampaui rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood? Berikut ulasannya!



1. Kaguya-Sama wa Kokurasetai: Ultra Romantic

5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Foto: SportsKeeda

Kaguya-Sama wa Kokurasetai adalah serial komedi romantis seinen yang cukup populer. Season 3-nya atau Ultra Romantic baru saja selesai dengan konklusi yang cukup memuaskan bagi penggemarnya. Di season ini, Ketua OSIS, Miyuki Shirogane, terus bentrok dengan wakilnya, Kaguya Shinomiya. Keduanya berusaha membuat satu sama lain untuk menyatakan cintanya terlebih dahulu.

Popularitas Kaguya-Sama season 3 meroket dan akhirnya serial ini pun mampu menumbangkan rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Saat ini, Kaguya-sama wa Kokurasetai: Ultra Romantic adalah anime dengan rating paling tinggi versi MyAnimeList dengan angka 9,14. Angka ini sudah turun dari 9,18 ketika kali pertama ratingnya diungkap di situs tersebut.

2. Attack on Titan Final Season

5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Foto: MyAnimeList

Rezim Fullmetal Alchemist: Brotherhood nyaris tumbang dengan dirilisnya Attack on Titan Final Season. Begitu dirilis, anime ini langsung meroket dengan rating 9,21 di MyAnimeList. Saat itu, Fullmetal Alchemist: Brotherhood berada di peringkat 2 dengan rating 9,20.

Namun, entah bagaimana, angka rating Attack on Titan Final Season terus menurun. Saat ini, anime ini berada di peringkat 25 dengan 8,83. Rating Final Season ini juga lebih rendah dibanding Attack on Titan Season 3 Part 2 yang meraih rating 9,07. Season 3 Part 2 duduk di peringkat 5 sebagai anime dengan rating tertiggi sepanjang masa.

3. Gintama: The Final

5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Foto: Anime News Network

Tahun lalu, seri terakhir Gintama ini berhasil menjadi anime dengan rating tertinggi di MyAnimeList. Film penutup perjalanan panjang Gintama itu meraih skor 9,17. Angka itu sedikit lebih besar dibandingkan rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang saat itu adalah 9,16.

Tapi, seperti yang sudah-sudah, rating Gintama: The Final terus menurun. Saat ini, film anime tersebut mendapatkan rating 9,04. Tak seperti Attack on Titan Final Season yang terlempar dari 20 besar, Gintama: The Final masih berada di jajaran 10 besar dengan menduduki peringkat 8.

4. Owarimonogatari season 2

5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Foto: IMDb

Setelah bertemu spesialis keanehan Izuko Gaen, Koyomi Araragi terbangun di sebuah kekosongan aneh. Dengan bantuan pacarnya, Hitagi Senjougahara, Araragi bergerak melintasi masa lalu dan perpleksilitas masa sekarang untuk mencari jawaban. Di saat Araragi mengupas lapisan demi lapisan misteri, dia tahu kalau kebenaran tidak harus diungkap.

Saat dirilis, anime ini mendapatkan rating cukup tinggi, yaitu 9,32. Angka ini cukup untuk bisa menjungkalkan Fullmetal Alchemist: Brotherhood dari takhtanya. Saat itu, Fullmetal Alchemist: Brotherhood punya rating sebanyak 9,26. Namun, seiring berjalannya waktu, rating Owarimonogatari season 2 terus menurun. Saat ini, anime ini punya rating 8,90 dan menduduki peringkat 20.



5. Fruits Basket: The Final

5 Anime yang Melampaui Rating Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Foto: Siliconera

Season ketiga sekaligus pamungkas Fruits Basket berakhir tahun lalu. Anime ini langsung mendapatkan rating 9,18 di MyAnimeList. Dengan demikian, Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang saat itu menjadi raja dengan rating 9,17 harus lengser ke peringkat dua. Namun, selisih angka tipis itu tidak bertahan lama.

Rating Fruits Basket: The Final terus menurun secara perlahan-lahan. Saat ini, anime itu bertahan dengan angka 9,04. Nasib baik masih memanyungi anime ini. Fruits Basket saat ini adalah juru kunci 10 besar anime berating tinggi di MyAnimeList.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)