Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Senin, 25 Juli 2022 - 08:22 WIB
loading...
Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat
Kang the Conqueror akan menjadi penjahat besar utama di Fase 4–6 Marvel Cinematic Universe (MCU). Tidak banyak yang diketahui tentang latar belakangnya. (Foto: Fortress of Solitude)
A A A
Kang the Conqueror telah dibangun sebagai penjahat terbesar di Marvel Cinematic Universe (MCU). Dia telah debut di serial Loki dengan bentuk variannya, He Who Remains, yang kemudian dibunuh Sylvie. Tapi, sebuah patung raksasa seperti dirinya terlihat tinggi menjulang di markas Otoritas Variasi Waktu. Karakter ini diperankan Jonathan Majors.

Secara resmi, Kang akan diperkenalkan sebagai Kang di Ant-Man and the Wasp: Quantumania tahun depan. Dia masih diperankan aktor yang sama. Dengan penampilannya yang sedikit mengecewakan di Loki, banyak yang berharap kalau Kang akan melepaskan kekuatannya yang nyata di Quantumania.

Kang adalah salah satu penjahat tertua di komik Marvel. Dia merupakan master penjelajah ruang dan waktu, seorang penakhluk berbagai era dan dunia di multiverse. Penjelajahan waktu di genre fiksi sering kali membuat bingung dan sejarah Kang pun bukanlah pengecualian. Sejarah panjangnya rumit dan kadang membingungkan, terutama terkait kebiasaannya menciptakan varian.

Kang adalah salah satu karakter yang kompleks di semesta Marvel. Dia dianggap sebagai salah satu karakter yang kedalaman sahih dan nuansa sebagai sebuah karakter. Dengan koneksnya dengan Semesta Marvel yang lebih besar, termasuk Young Avengers, Iron Man, dan terutama Fantastic Four, karakter ini jelas pas dengan tema besar Fase 4—6 MCU, Multiversal Saga. Siapa dan apa kekuatan Kang the Conqueror? Simak ulasannya berikut ini!



1. Siapakah Kang the Conqueror?

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: The Digital Fix

Menjelaskan tentang siapakah Kang mungkin adalah bagian tersulit untuk memahaminya. Awalnya, Kang adalah ilmuwan berusia 31 tahun bernama Nathaniel Richards. Dia merupakan keturunan baik Reed Richards dan Doctor Doom. Meski begitu, Nathaniel cenderung bertindak seperti Doctor Doom, tapi tidak sejelas penjahat itu. Dia kali pertama menemukan perjalanan melintasi waktu melalui kekuatan platform waktu leluhurnya, Doom.

Kang the Conqueror kali pertama tampil di komik Marvel lewat Fantastic Four #19 dengan nama Rama-Tut. Di The Avengers #8, dia secara resmi dikenal sebagai Kang the Conqueror. Dia bertempur dengan salah satu line up Avengers yang terdiri atas Thor, Wasp dan Spider-Man — semua pahlawan di Fase 4 MCU. Namun, setelah itu, memiliki banyak identitas adalah ciri Kang. Identitas lain karakter ini termasuk Immortus, versi masa depan Kang yang tinggal di Limbo dan Iron Lad. Dia awalnya adalah anggota Young Avengers.

Meskipun Nathaniel tidak punya kekuatan super tertentu, dia adalah seorang jenius yang mumpuni dalam perjalanan menembus waktu. Dia juga punya kendaraan yang membuatnya bisa mengunjungi abad apa pun. Saat melakukan kunjungan itu, dia bisa mengumpulkan berbagai senjata yang membuatnya bisa meningkatkan kemampuannya. Dia menggunakan teknologi yang sangat maju yang tidak bisa diakses atau disamai orang lain. Dia juga bisa merekrut pasukan berbeda, yang membuatnya bisa menakhlukkan periode waktu berbeda dan membuatnya bisa melawan para superhero.

Komik Marvel telah memperlihatkan pendekatan baru terhadap cerita asal usul Kang dengan serial terbatas lima edisi Kang the Conqueror. Serial ini diluncurkan setelah MCU memperkenalkan He Who Remains sebagai varian Kang di Loki. Komik itu dimulai dengan pendekatan baru terhadap awal mula Kang sebagai penjelajah waktu.

2. Berbagai identitas Kang the Conqueror

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: GamesRadar

Di dunia komik Marvel, Kang the Conquer tidak cuma Kang. Orang di balik kostum perang Kang adalah sosok misterius yang telah mengisi sejumlah peran penting sepanjang sejarah komik Marvel. Ini didasarkan dari titik berbeda di dalam hidupnya dan titik berbeda di waktu yang dia jelajahi. Dengan demikian, Kang yang muncul di serial Loki dan yang diperankan Jonathan di Ant-Man 3 bisa jadi sosok yang berbeda.

Tiba ratusan tahun ke masa depan lini masanya sendiri, Nathaniel menggunakan pengetahuan penjelajahan waktu dan teknologi untuk menakhlukkan dunia masa depannya. Dia kemudian memakai nama Kang dan berjanji menakhlukkan era lain. Tujuan akhirnya adalah menguasai keseluruhan sejarah. Sejak saat itu, Kang telah berkali-kali menantang Avengers dan selalu berusaha mengalahkan mereka. Dia bahkan membuat banyak identitas dirinya untuk melakukannya.

Kang punya banyak identitas sampai ada organisasi yang mewadahi variannya. Organisasi itu disebut sebagai Dewan Para Kang. Serial Loki episode 6 bahkan memberikan konfirmasi adanya dewan seperti itu.

Di Marvel, ada banyak identitas Kang yang bisa muncul. Yang paling penting dari karakter-karakter ini adalah Immortus. Dia merupakan penguasa Limbo dan penjahat utama baik untuk Avengers dan Fantastic Four. Ada juga Iron Lad, Kang versi remaja yang menghindari takdir jahatnya dengan menjadi anggota Young Avengers. Lainnya adalah Rama-Tut, versi lain penjahat itu yang mengambil alih Mesir dan kemudian menyesali perbuatan yang dia lakukan sebagai Kang the Conqueror.

3. Bagaimana Kang cocok dengan Marvel Universe?

Kang the Conqueror, Villain Marvel yang Bikin Iron Man Jadi Jahat

Foto: CinemaBlend

Kang punya koneksi mendalam dengan banyak pahlawan Marvel. Yang paling jelas, dia punya nama yang sama dengan ayah Reed Richards, Nathaniel Richards. Yang lebih membuat rumit, asal usul Nathaniel—ayah Reed. Dia juga seorang penjelajah waktu dan di sejumlah realitas, dia juga merupakan Kang. Meskipun di sebagian besar kasus, mereka adalah keturunan dengan nama sama.

Dia juga merupakan keturunan musuh bebuyutan Reed, Doctor Doom. Kang menggunakan teknologi perjalanan waktu Doom untuk mengembangkan teknologi dan senjatanya sendiri. Dia bahkan pernah bertim dengan Doom untuk menantang pahlawan Marvel.

Kang juga punya kaitan dengan Iron Man. Kaitan itu tidak hanya melalui masa Kang sebagai Iron Lad, tapi juga lewat satu cerita Avengers paling dikenal—dan dibenci. Di The Crossing, Kang memanipulasi Tony Stark untuk menjadi seorang penjahat. Di satu titik, dia mati dan digantikan dengan versi remaja Tony Stark dari lini masa sebelumnya. Semuanya akhirnya dibatalkan lewat lebih dari sains komik.

Kang juga pernah bertim dengan Apocalypse Twins, mutan yang dijadikan Apocalypse sebagai penggantinya. Yang menarik, itulah cerita yang mengembangkan koneksi Kang dengan Wasp, yang terjebak di dunia masa depan dystopian, di mana dia menikahi Havok dari X-Men dan bahkan punya anak. Namun, hubungan dan anak itu akhirnya dihapus ketika Wasp dan Havok kembali ke dunianya masing-masing. Meskipun tidak semua memori itu hilang begitu saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3150 seconds (0.1#10.140)