Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia

Sabtu, 27 Juni 2020 - 15:00 WIB
loading...
Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia
Anak pengungsi Rohingya jadi korban diskriminasi paling rentan. Foto/K M Asad, AFP
A A A
JAKARTA - Gerakan menentang diskriminasi terus tumbuh, begitu juga dengan kasus-kasus diskriminasi secara telanjang yang dibiarkan tanpa penanganan yang serius.

Ada banyak kasus diskriminasi yang terekam dalam sejarah dunia, berikut beberapa di antaranya.


1. KASUS ROHINGYA


Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia

Foto: UNHCR

Etnis Rohingnya adalah etnis muslim yang mendiami kota di utara bagian Rakhaing sejak abad ke-7 Masehi. Namun, sejak diberlakukannya Burma Citizenship Law, etnis Rohingnya tidak lagi dianggap kewarganegaraannya oleh pemerintah Myanmar. Pemerintah militer Myanmar melakukan berbagai aksi untuk mengusir etnis Rohingya, seperti tidak diberikan izin usaha, pengenaan pajak yang tinggi, dan dipekerjakan secara paksa di kamp konsentrasi.

2. KASUS MUSLIM UIGHUR DI CHINA

Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia

Foto: Seth Wenig/AP

Etnis Uighur merupakan salah satu etnis minoritas di China, yang mendiami wilayah Xianjiang. Migrasi besar-besaran oleh etnis Han ke Xianjiang bertujuan untuk menyingkirkan etnis Uighur. Selanjutnya, suku Han diberi jabatan tinggi dan kekuasaan penuh, sementara penduduk Uighur dijadikan penduduk kelas dua yang dipekerjakan sebagai pegawai rendahan dan pekerja kasar.

3. POLITIK APARTHEID

Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia

Foto: history.com

Sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990. Masyarakat kulit hitam harus bermigrasi ke daerah yang disebut 'homelands'. Kebijakan ini juga berpengaruh kepada penggunaan fasilitas publik yang dibedakan sesuai warna kulit, seperti pemisahan penggunaan transportasi publik dan kesempatan mengenyam pendidikan.

4. KEMATIAN GEORGE FLOYD

Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia

Foto: newyorker.com

Warga kulit hitam Amerika serikat (AS) bernama George Floyd harus meregang nyawa di tangan polisi Minneapolis bernama Derek Chauvin. Kematian Floyd menambah daftar panjang warga kulit hitam yang menjadi korban polisi Amerika serikat. Situs web mappingpoliceviolence.org melakukan riset mengenai kekerasan polisi di Amerika Serikat, dan mencatat 24% warga kulit hitam menjadi korban kekerasan polisi. Kejadian yang menimpa Floyd memancing solidaritas global dan tuntutan keadilan mengenai kejadian tersebut.

5. DISKRIMINASI ETNIS TIONGHOA DI INDONESIA

Kasus-kasus Diskriminasi Paling Buruk di Dunia

Foto: Corbis

Stigma negatif terhadap etnis Tionghoa di Indonesia telah terjadi sejak masa Hindia Belanda. Salah satu diskriminasi etnis Tionghoa yang pernah terjadi adalah pembantaian 2-3 ribu etnis Tionghoa yang diduga terlibat PKI di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 1967. Kejadian tersebut disebut Peristiwa Mangkok Merah. Peristiwa Mei 1998 yang melibatkan persekusi terhadap etnis Tionghoa juga jadi salah satu sejarah buruk di Indonesia.

GenSINDO
Putri Melina Febrianti
Universitas Indonesia
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)