alexametrics
Psikologi
Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Merasa sakit hati saat kebaikan kita gak dihargai adalah wajar, tapi jangan sampai bikin kamu berpikir negatif. Foto/Pixabay
Jakarta - Pernah gak kamu berusaha menyenangkan orang lain atau berusaha melakukan apa pun untuk orang yang kamu cintai, tapi gak dihargai? Atau hasil kerja kamu di kantor gak mendapat apresiasi yang seharusnya?

Memang, perasaan gak dihargai itu bikin sakit hati banget. Saat kamu merasa gak dihargai, kamu ingin melepaskan diri dari orang-orang yang membuat kamu seperti itu. Walaupun terkadang perasaan itu justru kamu dapat dari orang yang kamu kenal dekat, seperti keluarga atau teman.

Namun, hidup harus terus berjalan. Sudah saatnya kamu melepaskan perasaan seperti itu. Berikut tips mengendalikan rasa emosimu saat usaha kamu gak dihargai.



1. LAKUKAN UNTUK KEBAIKAN DIRI SENDIRI

Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Foto: Pixabay

Apa pun hal yang kita lakukan, niatkan karena kamu memang ingin melakukannya dengan ikhlas, gak ada niat untuk dapat pujian atau ucapan terima kasih. Kalau kamu melakukan sesuatu untuk kebaikan diri kamu sendiri, pasti kamu gak merasa harus dapat suatu penghargaan atau balasan dari orang lain, bahkan untuk sekadar ucapan terima kasih dari orang tersebut. Ibaratnya, berikan dengan tangan kanan, dan tangan kiri gak perlu tahu. 

2. HARGAI DIRI SENDIRI

Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Foto: Pixabay

Sebelum kamu meminta seseorang untuk menghargai usaha kamu, sebaiknya hargai diri sendiri terlebih dahulu. Kalau kamu udah melakukan usaha yang besar untuk hal apa pun, beri hadiah untuk diri sendiri. sebaiknya jangan pernah mengharapkan seseorang mengatakan, “Kamu sudah melakukannya dengan baik” atau apa pun yang merupakan penghargaan dari orang lain.

3. ABAIKAN PERILAKU BURUK ORANG LAIN

Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Foto: Pixabay

Aturan seperti “perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan” harus kamu terapkan. Namun, kalau kamu sudah melakukannya dan kamu gak juga dihargai orang lain, itu karena orang tersebut gak melakukan aturan itu. Jadi, kamu gak perlu merasa sakit hati dan kamu harus jadi contoh walaupun untuk diri sendiri dalam menghargai orang lain.

4. LAKUKAN HAL YANG MEMBUAT KAMU SENANG

Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Foto: Pixabay

Ketika kamu memberi sesuatu kepada orang lain, lakukanlah hal itu juga untuk membuat diri kamu senang. Jadi, kamu gak akan merasa sakit hati ketika kamu gak dihargai karena apa yang kamu perbuat sudah menyenangkan bagi dirimu sendiri.

5. FOKUS PADA HAL YANG BAIK

Tips Atasi Sakit Hati saat Usaha Kamu Tidak Dihargai
Foto: Pixabay

Kamu sebaiknya fokus saja untuk melakukan hal yang baik. Walaupun Ketika kebaikan kamu gak dibalas, kamu sudah melakukan hal baik. Kalau kamu memikirkan apa yang pantas kamu dapatkan dan kamu gak mendapatkannya, maka kamu akan merasa sedih dan sakit hati. 

Prinsip seperti "Saya akan baik kalau kamu baik ke saya" sebenarnya gak tepat, karena untuk berbuat baik ke orang lain, kita gak perlu menunggu orang lain berbuat baik ke kita. Berbuat baiklah, karena kita memang cuma ingin berbuat yang baik. Ambil sisi positifnya, dan lihat hal besar apa yang sudah kamu lakukan.

Ketika kamu gak dihargai, maka pikiran-pikiran negatif akan bermunculan di kepala. Jangan biarkan pikiran seperti itu mengganggu kamu sampai membuat kamu merasa rendah diri ya!

Kania Fitri Febriana
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @kaniaa_fitri



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss