5 Grup K-Pop Geneasi 4 Tersukses Sejauh Ini, Ada Favoritmu?

Senin, 04 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
5 Grup K-Pop Geneasi 4 Tersukses Sejauh Ini, Ada Favoritmu?
Girl group aespa menjadi grup K-pop paling sukses dari generasi keempat sejauh ini. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - Industri musik K-pop bertambah ramai berkat kehadiran girl group dan boy group generasi keempat yang semakin menunjukkan tajinya.

Tak cuma itu, generasi keempat ini juga tak kalah hebat dengan generasi-generasi sebelumnya yang berhasil meraih kesuksesan dengan kerja kerasnya. Kesuksesan tersebut dapat dilihat dari penghargaan yang diraih, tangga lagu lokal maupun internasional, hingga penjualan album yang mereka torehkan sejauh ini.

Nah, berdasarkan tiga hal tersebut, berikut ini grup K-pop generasi keempat yang paling sukses sejauh ini.

5. TXT

5 Grup K-Pop Geneasi 4 Tersukses Sejauh Ini, Ada Favoritmu?

Foto: BigHit Music

TXT atau Tomorrow X Together merupakan boy grupdi bawah BigHit Music yang debut pada 4 Maret 2019. Berkat single Crown dari mini album The Dream Chapter: Star,TXT meraih peringkat pertama Billboard World Digital Songs, Emerging Artists, dan peringkat ke-140 di Billboard 200.

Baru-baru ini, TXT membawa pulang piala Hero of The Year lewat BandLab NME Awards 2022. Penghargaan ini menjadikan TXT sebagai boy grup K-Pop pertama yang mendapatkannya. Sebelumnya, TXT juga telah meraih penghargaan sebagai Rookie of the Year dalamAsia Artist Award 2019 dan Golden Dics Award 2020, New Artist of the Year Japan Gold Disc Award 2021 dan memenangkan bonsang di Seoul Music Awards 2021. Saat ini, TXT telahmendapat 59 nomine dan 23 piala penghargaan di berbagai acara musik.

Pada 9 Mei 2022 lalu, TXT mengeluarkan album baru bertajuk Minisode: 2: Thursday's Child. Baru saja dua hari dirilis, album ini sudah terjual kurang lebih satu juta kopi di chart musik Hanteo. Selanjutnya pada 22 Mei 2022, Billboard mengumumkan bahwa mini album tersebut berada di peringkat No 4 Chart Top 200 sebagai salah satu album paling populer di Amerika Serikat. Ditambah lagi, TXT dinobatkan sebagai artis K-Pop pertama yang menduduki peringkat ke-18 di chart Song Breaker Billboard.

4. IVE

5 Grup K-Pop Geneasi 4 Tersukses Sejauh Ini, Ada Favoritmu?

Foto: Starship Entertainment

IVE debut pada 1 Desember 2021. Girl grup K-pop yang satu ini disebut sebagai rookie monster karena perkembangan pesatnya di dunia hiburan. Dengan lagu debutnya ELEVEN, mereka dinobatkan sebagai first win tercepat di Korea karena berhasil memenangkan pertunjukan musik pertama mereka di MBC 's Show Champion pada 8 Desember 2021, hanya tujuh hari setelah mereka debut.

IVE juga salah satu pemenang dari Rookie of the Year Awarduntuk ajang 2021 Hanteo Music Awards dengan penjualan album terlaris mencapai lebih dari 150 ribu unit pada minggu pertama. Dengan lagu ELEVEN,IVE menggeser ITZY dengan membawa 13 trofi untuk lagu debutnya di sejumlah music show ternama Korea.

Baca Juga: 21 Konser Musik K-Pop, Barat, dan Lokal di Indonesia pada 2022

Selain itu, IVE berhasil menggeser aespa dengan prestasi Real Time All Kill (RAK) setelah merilis lagu Love Divepada 4 April 2022 lalu. Love Dive juga menjadi lagu viral di Korea Selatan,berhasil menempati posisi pertama di tangga lagu FLO, Bugs, MelOn, iChart, VIBE, dan Genie setelah dua bulan perilisannya. Lagu ini juga sukses membawa sembilan kemenangan di acara-acara musik di Korea.

3. STRAY KIDS

5 Grup K-Pop Geneasi 4 Tersukses Sejauh Ini, Ada Favoritmu?

Foto: JYP Entertainment

Stray Kids atau SKZ debut tahun 2018 di bawah naungan JYP Entertainment, dengan merilis mini-album berjudul I Am Not. Dengan debutnya itu, Stray Kids trending di media sosial dan berhasil menempati posisi ke-4 di Gaon Album Chart dan posisi ke-5 di Billboard US World Album.

Baru saja debut, mereka berhasil mendapatkan penghargaan Best New Male Artist dalam Genie Music Awards 2018. Selain itu, pada tahun 2019 sampai 2020, mereka memenangkan Rookie of the Year dalam Seoul Music Awards 2019, New Artist of the Year dan World Rookie of the Year dalam Gaon Chart Music Awards 2020.

Pada 2 Desember 2021 lalu, grup ini juga memperoleh penghargaan daesang untuk Performance of the Year dalam Asia Artist Awards 2021, hal ini menjadikan Stray Kids sebagai grup generasi ke-4 pertama mendapat daesang.

Pada 18 Maret 2022, Stray Kids merilis mini-album ODDINARYdengan lagu utamanya berjudul Maniac. Come back kali ini membuat Stray Kids menduduki posisi pertama US Billboard 200, menjadikannya sebagai artis Korea ketiga yang menempati puncak tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)