alexametrics
Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Orang yang tukang bohong bisa dideteksi lewat gerakan tubuh atau caranya bicara. Kamu cuma perlu adu pandai aja untuk tahu apakah dia sedang berbohong atau gak. Foto/lovetoknow.com
Jakarta - Siapa, sih, yang suka dibohongin? Tentunya, gak ada satu pun di antara kita semua yang suka dibohongin. Untuk itu, kemampuan untuk mendeteksi kebohongan itu sangat penting, guys!

Kalau menurut salah satu jurnal dari American Psychological Society yang ditulis oleh Bella M. DePaulo, untuk memiliki kemampuan mendeteksi kebohongan yang baik, memang perlu banyak latihan. Kita perlu melatih sensitivitas kita untuk bisa mengenali kebohongan supaya kita tidak rentan untuk dibohongi orang lain.

Nah, sayangnya, menurut jurnal tersebut dan berbagai penelitian lainnya, bagaimana tingkah laku seseorang ketika mengatakan kebohongan itu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Tapi, peneliti tetap mampu merumuskan sedikit trik agar kita bisa mengenali kebohongan. Bagaimana caranya?



Ini dia 5 tanda orang yang sedang berbohong menurut ahli psikologi.

1. MELAKUKAN SUATU GERAKAN SECARA BERLEBIHAN


Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Foto: businessinsider

Menurut Bella, orang yang berbohong akan melakukan satu gerakan yang berlebihan, dan gerakan tersebut berbeda-beda pada tiap orang. Contohnya adalah mengedipkan mata lebih banyak, pupil yang lebih melebar, menggaruk-garuk atau mengusap tubuh, dan lainnya. Karena tiap orang memiliki tanda yang berbeda, tentunya kita memerlukan waktu untuk mengetahui gerakan apa yang menjadi tanda bahwa orang tersebut berbohong.

2. GUGUP

Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Foto: flywith/virginatlantic.com

Dalam penelitian berjudul “Detecting Lies in Young Children, Adolescents and Adults”, kebanyakan orang merasa gugup ketika berbohong, terutama jika hal yang ia sembunyikan adalah hal besar. Terlihat panik, keringat bercucuran, perut mulas, pusing, dan lainnya.

Jadi kalau kamu bertanya ke pacar tentang kenapa ia tidak ada kabar selama akhir pekan dan ketika ia menjelaskan ia memegangi perutnya dan terlihat panik, nah, perlu waspada, nih. Kemungkinan besar ia berbohong! Tapi gugup sebagai tanda kebohongan tidak berlaku pada anak-anak karena mereka biasanya juga gugup saat mengatakan yang sebenarnya.

3. TERBATA-BATA ATAU KESULITAN BICARA

Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Foto: theverge.com

Ketika seseorang berbohong, cara bicaranya akan berbeda dengan ketika ia mengatakan hal biasa. Jadi, walaupun ia sudah merencanakan kebohongan apa yang akan ia katakan pada saat berbohong, ia akan tetap menunjukkan kesulitan bicara. Contohnya adalah salah kata, pengulangan kata, terselip lidah alias belibet, banyak mengucapkan “eemmmm”, dan lainnya.

4. RAGU-RAGU SAAT BICARA

Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Foto: positiveparentingsolutions.com

Orang yang berbohong cenderung seperti memiliki keragu-raguan untuk mengucapkan hal yang ia ungkapkan. Pokoknya terasa berat saat mau ngomong. Kalau kita jeli, kita bisa merasakan bahwa mereka sebenarnya tidak berkomitmen dengan apa yang mereka bilang. Mereka juga cenderung untuk menggunakan nada bicara yang tinggi.

5. KELIHATAN BERPIKIR KERAS

Waspada, Ini 5 Tanda Dia Sedang Berbohong
Foto: saramaudehypnotherapy.com

Orang yang berbohong pastinya enggak mau ketahuan bahwa ia sedang berbohong. Nah, makanya mereka berpikir keras supaya pihak yang mereka bohongi mempercayai perkataan mereka. Tapi tentunya berpikir terlalu keras bisa jadi bumerang bagi mereka karena mereka akan terlihat kaku, tidak santai, dan panik saat mengatakan kebohongan. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang berbohong.

Tiffany Pesona Desire Fitri
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Twitter: @tiffanypdf



(her)
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss