Siapakah Tanjuro Kamado di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba?

Jum'at, 24 Juni 2022 - 20:22 WIB
loading...
Siapakah Tanjuro Kamado di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba?
Tanjuro Kamado, ayah Tanjiro, di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, sudah tiada sejak serial ini dimulai. Tapi, dia tetap menjadi karakter yang menarik di sini. (Foto: Epic Stream)
A A A
Tanjuro Kamado, ayah Tanjiro, di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba adalah salah satu karakter paling menarik di serial ini. Meski dia sudah tiada sebelum serial ini dimulai, sosok Tanjuro punya pengaruh besar. Terutama, bagi perkembangan mental dan fisik Tanjiro.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba!

Menggali informasi tentang Tanjuro tidaklah mudah. Bahkan, mencari fakta tentang Yoriichi Tsugikuni masih lebih mudah ketimbang mencari siapakah Tanjuro. Inilah yang kemudian membuat karakternya terkesan misterius, tapi punya pengaruh yang sangat besar. Tanjiro dikenal sangat meneladani ayahnya tersebut.

Fakta yang selama ini diketahui adalah Tanjuro merupakan penjual batu bara yang hidup di gunung. Dia menikahi Kie dan mereka dikaruniai enam orang anak. Tanjiro adalah sulungnya dan Nezuko adalah putri keduanya. Jadi, siapakah sebenarnya Tanjuro Kamado? Simak ulasannya berikut ini!



1. Penampakan Tanjuro Kamado
Siapakah Tanjuro Kamado di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba?

Foto: Otakukart

Sekilas, Tanjuro mirip Tanjiro. Dia berambut gondrong, dengan air muka yang tenang. Di keningnya juga ada tanda lahir atau bekas luka seperti yang dipunyai Tanjiro di tempat yang sama. Tanjuro juga memakai anting Hanafuda, yang saat ini dipakai Tanjiro.

Meski mirip Tanjiro, wajah Tanjuro sebenarnya lebih mirip Yoriichi Tsugikuni, Pembasmi Iblis terkuat yang pernah ada. Namun, keduanya sama sekali tidak punya kaitan. Nenek moyang Tanjuro—dan Tanjiro—Sumiyoshi Kamado, adalah teman dekat Yoriichi.

Di anime dan manga, Tanjuro muncul dalam flashback. Dia telah meninggal dunia bahkann sebelum chapter pertama atau episode pertama serial ini dimulai. Dari penuturan Tanjiro, diketahui kalau Tanjuro menderita sebuah penyakit. Penyakit itu membuatnya lemah dan selalu terlihat pucat.

2. Kepribadian Tanjuro Kamado
Siapakah Tanjuro Kamado di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba?

Foto: Otakukart

Tanjuro dikenal sebagai orang yang pendiam, perhitungan, pemaaf, karismatik, dan penuh kasih sayang. Dia punya hubungan yang damai dengan keluarganya. Sebagai kepala keluarga, Tanjuro tak jarang menceramahi Tanjiro tentang kehidupan. Sepertinya, dia memang mempersiapkan putra sulungnya itu untuk menjadi orang hebat.

Sementara terlihat tenang, Tanjuro memperlihatkan aura yang sopan dan mulia dengan persepsi pendiam ke sekitarnya. Menurut Tanjiro, ayahnya itu itu tidak suka menonjolkan diri atau memamerkan kemampuan sejatinya kepada orang lain. Tapi, kalau keluarganya dalam bahaya, dia tidak akan segan melindungi mereka dan tidak memberikan ampun kepada musuhnya.

3. Hinokami Kagura
Siapakah Tanjuro Kamado di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba?

Foto: Fiction Horizon

Tanjiro kali pertama mengenal Hinokami Kagura dari ayahnya. Tanjuro sering melakukan ritual ini setiap tahun. Tarian ini adalah tarian turun temurun di keluarga Kamado. Jadi, bukan sesuatu yang mengejutkan kalau Tanjuro pun bisa melakukan tarian ini. Selain itu, Tanjuro juga membuat Tanjiro untuk bersiap mewarisi tarian ini.

Tanjuro sepertinya tidak sadar kalau tarian itu sebenarnya Teknik Pernapasan Matahari yang diciptakan Yoriichi Tsugikuni. Selain itu, dia juga tidak menggunakan tarian ini sebagai kemampuan untuk menghadapi musuh. Tanjuro sepertinya tetap melakukan tarian ini sebagai ritual penghormatan untuk leluhurnya sekaligus untuk melestarikan warisan keluarga. Bahkan, meski pun tubuhnya lemah, Tanjuro masih tetap melakukan ritual ini semalaman di tengah udara yang dingin.

Tanjiro kecil pernah bertanya bagaimana ayahnya itu bisa melakukan Hinokami Kagura semalaman tanpa kedinginan atau kelelahan. Tanjuro mengatakan, ada cara tertentu untuk bernapas untuk memastikan orang tidak akan khawatir. Tapi, selama bertahun-tahun, Tanjiro tidak bisa melakukan Hinokami Kagura dengan Teknik Pernapasan tanpa membuat dirinya kelelahan setelah satu gerakan saja.

4. Kemampuan Tanjuro Kamado
Siapakah Tanjuro Kamado di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba?

Foto: Twitter

Tanjuro bukanlah anggota Korps Pembasmi Iblis. Bahkan, dia mungkin tidak tahu keberadaan korps yang kini menjadi tempat anaknya, Tanjiro dan Nezuko, bernaung. Tapi, meski bukan anggota Korps Pembasmi Iblis, kemampuann Tanjuro bisa diperhitungkan. Bahkan, dia mungkin lebih kuat dari sejumlah anggota korps itu.

Tanjuro sepertinya punya kemampuan tinggi berkat Hinokami Kagura. Ritual itu memberinya kemampuan untuk melakukan Teknik Pernapasan Matahari, nenek moyang seluruh Teknik Pernapasan yang dikuasai para Pembasmi Iblis. Berkat kemampuan itu, Tanjuro punya indera yang peka dan ketahanan fisik yang luar biasa.

Beberapa pekan sebelum meninggal dunia, Tanjuro membawa Tanjiro ke hutan untuk menghadapi beruang besar yang sudah memangsa sejumlah orang. Tanjuro ternyata bisa mengetahui kalau beruang itu ada di sana. Tanpa pedang Nichirin, hanya dengan kapak kecil, Tanjuro memenggal kepala beruang setinggi lebih dari dua meter itu hanya dalam kedipan mata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2669 seconds (0.1#10.140)