alexametrics
Ini Beda Jenis Teh dan Masing-Masing Manfaatnya
Ini Beda Jenis Teh dan Masing-Masing Manfaatnya
Minum teh emang enak, apalagi disajikan hangat. Bikin perasaan nyaman. Tapi supaya lebih asik, kamu perlu tahu proses teh yang kamu minum. Foto/independent.co.uk
Jakarta - Ada teh hijau, teh oolong, dan jenis lainnya. Apa kamu tau beda dan manfaatnya?

Minum teh paling enak pas lagi hangat-hangatnya. Selain wanginya yang menyegarkan dan rasanya yang melegakan tenggorokan, teh bisa buat perasaanmu jadi lebih nyaman.

Tapi apa kamu tau bahwa teh terbagi jadi empat jenis berdasarkan proses pembuatannya? Nah, lanjut disimak ulasannya.



1. TEH HIJAU (GREEN TEA)

Ini Beda Jenis Teh dan Masing-Masing Manfaatnya
Foto: Pinterest

Pastinya udah gak asing lagi, kan, dengan teh yang satu ini. Salah satu jenis dari teh hijau yang paling populer, yaitu matcha jadi salah satu minuman favorit kaum milenial saat ini.

Ternyata, teh ini dibuat tanpa proses fermentasi. Gunanya supaya gak terjadi proses oksidasi. Karenanya, pembuatan teh ini dilakukan dengan cara pemanasan, bisa menggunakan udara kering (pemanggangan) atau uap panas (steam).

Hasilnya teh akan berwarna hijau muda dengan aroma yang menyegarkan. Tidak hanya itu, manfaat dari teh hijau ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih awet muda karena kandungan vitamin E di dalamnya.

2. TEH HITAM (BLACK TEA)

Ini Beda Jenis Teh dan Masing-Masing Manfaatnya
Foto: medicalnewstoday.com

Teh yang satu ini ternyata favoritnya orang Indonesia. Kamu termasuk juga gak, nih? Proses pembuatan teh hitam memerlukan fermentasi yang sempurna sehingga warna tehnya lebih pekat serta rasa yang khas dibanding teh lainnya.

Teh hitam diperkaya dengan antioksidan yang bagus untuk kesehatan jantung, mengatasi masalah pencernaan, dan juga melawan radikal bebas. Teh ini juga mengandung kafein yang bisa buat kamu lebih fokus dan bertenaga!

3. TEH PUTIH (WHITE TEA)

Ini Beda Jenis Teh dan Masing-Masing Manfaatnya
Foto: Pinterest

Berbeda dari dua teh sebelumnya, teh putih lebih banyak mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh. Alasannya, karena teh yang satu ini hanya dikeringkan sehingga tidak melalui proses pemanggangan ataupun fermentasi.

Teh ini juga merupakan salah satu jenis teh termahal dengan segudang manfaat untuk tubuh. Dengan rasa teh yang unik juga menyegarkan, bisa membantumu terhindar dari obesitas, serangan jantung, kanker, juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Keren banget, kan, jadi pengen nyobain!

4. TEH OOLONG (OOLONG TEA)

Ini Beda Jenis Teh dan Masing-Masing Manfaatnya
Foto: Pinterest

Teh yang satu ini dibuat secara semifermentasi sehingga menghasilkan warna antara hijau dan juga kemerahan. Karena proses pengolahan yang cukup unik ini membuat teh oolong beraroma khas.

Selain itu ternyata teh ini juga punya manfaat untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan gigi, menstabilkan gula darah, mencegah osteoporosis, dan juga membuat kamu lebih awet muda.

Nah, jadi kira-kira kamu mau lebih sering minum yang mana, nih?

Vica Nurul Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @vicaaan



(her)
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss