alexametrics
BenihBaik.com, Platform Crowdfunding Baru Gagasan Andy F. Noya
BenihBaik.com, Platform Crowdfunding Baru Gagasan Andy F. Noya
Platform crowdfunding BenihBaik.com meramaikan crowdfunding yang sudah ada, sambil ikut mempromosikan UKM dan produk dari usaha sosial. Foto/Shidqi Zaidan
Jakarta - Platform crowdfunding ini diklaim berbeda dengan crowdfunding yang sudah ada, karena punya wadah untuk membantu para pengusaha.

BenihBaik.com diinisiasi oleh Andy F Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli. Peluncurannya dilakukan awal Oktober lalu di IdeaFest, JCC, Jakarta.

Menurut Andy yang menjabat sebagai CEO BenihBaik.com, platform ini dibuat untuk mempertemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan orang-orang yang ingin berbuat baik untuk membantu sesama.



"Dari sekitar 260 juta penduduk Indonesia, 10 persen masih hidup di bawah garis kemiskinan. Artinya sekitar 26 juta orang masih belum menikmati hidup layak. Mereka perlu dibantu," ujar pembawa acara talk show "Kick Andy" ini.

Lebih lanjut, mantan wartawan ini menjelaskan, berdasarkan pengalamannya di Kick Andy Foundation (KAF), ternyata banyak sekali orang baik yang selama ini ingin mengulurkan tangan, tetapi tidak tahu siapa yang perlu ditolong dan bagaimana cara menolongnya.

"BenihBaik.com berperan menjembatani orang-orang baik tersebut untuk menemukan siapa yang layak mereka tolong, cara untuk membantu bisa melalui BenihBaik.com," ungkapnya.

Ketika ditanya perbedaan antara BenihBaik.com dan platform crowdfunding lainnya, Andy menjelaskan kalau BenihBaik.com memiliki dua pilar utama kegiatan.

Pilar pertama berkaitan dengan kegiatan sosial. Siapa saja bisa memanfaatkan wadah ini untuk mencari bantuan atas masalah yang mereka hadapi, baik di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, budaya, bencana alam, dan bantuan sosial lainnya.

Pilar kedua berkaitan dengan kegiatan usaha, terutama yang berjenis kewirausahaan sosial (sociopreneurships).

"Pengusaha-pengusaha kecil bisa memanfaatkan BenihBaik.com untuk menjual produk-produk mereka sekaligus sarana bagi investor untuk mendukung perusahaan-perrusahaan setara UMKM yang kami pilih dan tampilkan di BenihBaik.com," tuturnya.

Dengan demikian para pengusaha skala UMKM yang mempunyai dampak sosial juga berpeluang mendapatkan investasi melalui platform BenihBaik.com.

Meski begitu, saat melihat situs web BenikBaik.com per Selasa (8/10) sore, belum ada kanal untuk para pengusaha di bidang sociopreneurship untuk menjual produknya. Yang ada hanya pernyataan bahwa platform ini "secara khusus, ... dapat melakukan penggalangan dana untuk mendukung pendanaan UMKM dan produk lokal."

Mengenai kemungkinan masuknya modal dari para investor, Andy menjelaskan saat ini BenihBaik.com sedang melakukan bootstrapping untuk pendanaan. Semakin banyak yang bergabung, semakin banyak investasi masuk, maka BenihBaik.com akan semakin besar.

Andy optimistis BenihBaik.com bisa berperan signifikan dalam upaya membantu masyarakat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan karena karakter orang Indonesia yang senang membantu.

Setidaknya itu menurut World Giving Index 2018 yang dirilis British Charities Aid Foundation di Inggris, yang menyatakan Indonesia sebagai The Most Generous Country.

Saat ini, BenihBaik.com tengah menjalin kolaborasi dengan Grab lewat program Grab For Good. Lewat kerja sama ini, pengguna Grab di delapan negara di Asia Tenggara punya kesempatan untuk berdonasi di BenihBaik.com melalui GrabRewards di aplikasi mereka.

Shidqi Fikri Zaidan
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @qi_qizaidan



(her)
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss