Makna Warna-Warna yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:10 WIB
loading...
Makna Warna-Warna yang Sering Muncul dalam Drama Korea
Warna kuning sering dipakai untuk adegan romantis dan pernikahan dalam drama Korea. Foto/SBS
A A A
JAKARTA - Dalam drama atau film, warna bukan sekadar sebuah penghias atau untuk mempercantik visual belaka, tapi juga bagian dari cara sutradara dan penulis menyampaikan pesan mereka.

Karena hal inilah, warna juga merupakan satu kesatuan dengan dialog atau scene yang disaksikan oleh penonton. Warna-warna ini memperkuat cerita, dan memberikan emosi khusus karena tiap warna memberikan atmosfer yang berbeda dalam cerita.

Mengutip Rolling Stone India, dalam budaya Korea ada lima warna yang masuk dalam spektrum tradisional atau biasa disebut Obangsaek. Kelima warna tersebut yaitu putih, hitam, merah, biru, dan kuning. Warna-warna ini sangat sering dipakai dalam drama-drama Korea.

Secara keseluruhan, kelima warna tersebut muncul dalam karya-karya seni Korea, karya aristektur, bahkan kulinernya. Dikatakan bahwa cara penyajian makanan yang memakai prinsip Obangsaek bisa mendatangkan kesejahteraan secara fisik maupun mental.

Selain lima warna di atas, ada beberapa warna lainnya yang dianggap penting dalam penceritaan drama. Nah, berikut ini ulasan makna warna serta simbol yang dibawanya dalam drama Korea .

1. Putih

Makna Warna-Warna yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Rookie Historian Goo Hae-ryung.Foto: MBC

Dalam budaya Korea, putih artinya simbol kesucian dan kejernihan mental serta pikiran. Pada era Joseon, warna ini juga melambangkan kehalusan, ketenangan, dan kebijaksanaan.

Karena itu pula, hanbok banyak dibuat dengan warna putih. Warna ini juga sering dipakai untuk menunjukkan sikap patriotisme.

2. Hitam

Makna Warna-Warna yang Sering Muncul dalam Drama Korea

The King’s Affection.Foto: KBS2

Dalam budaya Korea, baju dan topi hitam tradisional dikaitkan dengan martabat dan formalitas. Pada era modern Korea, warna ini diidentikkan dengan sifat elegan atau keanggunan.

3. Merah

Makna Warna-Warna yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Mr Queen. Foto: tvN

Dalam budaya Korea, merah dikaitkan dengan perang, kekerasan, dan kekejaman. Meski begitu, dalam drama Korea romantis, biasanya warna ini dipakai untuk menggambarkan gairah dalam hubungan percintaan.

Warna ini juga kerap dikaitkan warna komunis saat Perang Korea, juga energi pria yang maskulin atau "yang".

Baca Juga: Tranformasi 6 Artis Korea Sukses Turun Berat Badan Belasan Kilo, Tipsnya Sederhana

4. Biru

Makna Warna-Warna yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Foto: Getty Images

Jika merah adalah "yang", maka biru adalah "yin" atau energi feminin. Perpaduan warna merah dan biru punya makna penting dalam budaya Korea, karena itulah dalam bendera mereka, warna "yin" dan "yang" dipakai sebagai fokus utamanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)