5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?

Selasa, 31 Mei 2022 - 19:21 WIB
loading...
5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?
Daftar film anime terlaris sepanjang masa di Jepang tidak terlalu sering berubah. Penguasa peringkat pertamanya bahkan baru berubah setelah 18 tahun lamanya. (Foto: JumpCut Online)
A A A
Film anime adalah hiburan yang sangat dihargai di Jepang. Di Negeri Sakura ini, orang akan berbondong-bondong ke bioskop untuk menonton film animasi ini di bioskop. Bahkan, pendapatan film anime ini sering kali menjadi pesaing berat film buatan Hollywood.

Meski begitu, daftar film anime terlaris tidak sering berganti. Bahkan, peringkat pertama daftar itu baru berganti setelah 18 tahun lamanya. Namun, itu tidak berarti film anime ini banyak yang tidak bagus. Kejutan demi kejutan akan muncul seiring meningkatnya popularitas anime.

Lima film yang memuncaki daftar teratas film anime terlaris sepanjang masa di Jepang ini punya cerita yang bagus, animasi yang apik, dan visual yang menyegarkan mata. Film-film ini akan membawa penontonnya ke alam imajinasi yang dipenuhi misteri, keajaiban, dan para pendekar yang hebat dengan drama dan emosi yang menyentuh jiwa. Film anime apa saja yang ditahbiskan terlaris sepanjang masa di Jepang? Berikut ulasannya!



5. Howl’s Moving Castle — 19,6 miliar yen (Rp2,2 triliun)
5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?

Hayao Miyazaki membuktikan diri sebagai sutradara film anime bertangan dingin. Ada tiga film karyanya yang masuk daftar ini. Dirilis pada 2004, film ini sempat masuk nominasi Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik.

Film ini dibuat berdasar novel dengan judul sama karya Diana Wynne Jones dan menguras emosi penontonnya. Film ini berkisah tentang Sophie yang menjalankan usaha mendiang ayahnya. Hidupnya berubah setelah bertemu penyihir bernama Howl, yang tinggal di kastil terbang ajaib. Namun ada seorang penyihir yang tidak menyukai ikatan mereka dan membuat Sophie menjadi nenek tua.

4. Princess Mononoke — 20,18 miliar yen (Rp2,3 triliun)
5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?

Pada 1997, Hayao Miyazaki merilis film anime fantasi. Film ini sempat populer dan masuk box office. Namun, posisinya sebagai film anime terlaris tergeser film lain yang juga disutradarai Miyazaki, yaitu Spirited Away.

Film ini mengisahkan tentang Ashitaka, pangeran muda Emisi. Dia kemudian terlibat dalam peperangan antara dewa dan manusia yang memperebutkan sumber daya. Dia juga bertemu Putri San. Mereka mencoba menjaga perdamaian kedua belah pihak.

3. Your Name — 25,03 miliar yen (Rp2,8 triliun)
5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?

Tidak ada yang meragukan kemampuan Makoto Shinkai dalam menyutradarai film anime. Salah satu buktinya adalah film ini. Sejak dirilis pada 2016, film ini banyak mendapatkan ulasan positif. Film ini juga pernah mendapat beberapa penghargaan diantaranya dari Los Angeles Films Critics Association Awards dan Mainichi Film Awards untuk film animasi terbaik.

Film ini berkisah tentang Taki dan Mitsuha, dua remaja yang tinggal di wilayah berbeda. Suatu hari, entah bagaimana, jiwa mereka tertukar. Mereka pun jadi dekat. Mereka tidak tahu kalau pertukaran jiwa itu ada maksud tersendiri.

2. Spirited Away — 31,68 miliar yen (Rp3,6 triliun)
5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?

Film yang dirilis pada 2002 ini langsung menggebrak dengan menduduki posisi sebagai film terlaris di Jepang. Rekor ini dipegang film garapan Hayao Miyazaki itu hingga 2020, ketika Ufotable merilis Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train. Film ini juga selalu masuk daftar wajib tonton bagi mereka yang baru mengenal anime.

Selain menduduki posisi film terlaris dalam waktu lama, film ini juga menjadi film anime pertama yang memenangkan Oscar. Hingga saat ini, rekor ini belum pernah diraih film anime lain. Film ini berkisah tentang Chihiro Ogino yang bisa berpindah alam lain. Dia berusaha menemukan cara untuk mengembalikan orangtuanya seperti semula dan kembali ke dunia manusia.



1. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train — 40,32 miliar yen (Rp4,6 triliun)
5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa di Jepang, Ada Favorit Kamu?

Dirilis di tengah pandemi Covid-19 pada 2020, film ini langsung memecahkan rekor di Jepang. Film ini langsung menduduki puncak box office secara umum di Negeri Sakura itu. Penonton yang sudah jengah dengan karantina karena Covid, menyerbu film ini begitu dirilis.

Hasilnya, film ini meraup keuntungan besar. Berkat pendapatan itu, film ini bisa menjungkalkan Spirited Away yang telah 18 tahun menguasai puncak teratas daftar film anime terlaris di Jepang. Film ini juga memenangkan penghargaan dari Film Akademi Jepang untuk Animasi Terbaik pada tahun 2021.

Film ini berkisah tentang trio Pembasmi Iblis, yaitu Tanjiro, Zenitsu, dan Inosuke, plus Nezuko, yang mengemban misi menyelidiki misteri hilangnya para penumpang di sebuah kereta api. Dalam misinya itu, mereka berada di bawah bimbingan Hashira Api Kyojuro Rengoku. Film ini menampilkan salah satu animasi tarung terbaik yang pernah ada.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)