Perbedaan dan Persamaan Top Gun: Maverick dengan Film Pertamanya

Perbedaan dan Persamaan Top Gun: Maverick dengan Film Pertamanya
Top Gun: Maverick hadir setelah film pertamanya, Top Gun, dirilis pada 36 tahun yang lalu. Foto/Paramount Pictures
JAKARTA - Top Gun: Maverick hadir setelah 36 tahun lalu film pertamanya, Top Gun, dirilis di bioskop pada 1986. Dua film yang dibintangi Tom Cruise ini pun punya perbedaan dan persamaan.

Yang jelas terlihat, Top Gun dan Top Gun: Maverick dibuat oleh sutradara dan penulis skenario yang berbeda. Top Gun disutradarai Tony Scott yang saat itu tergolong nama baru dalam industri perfilman. Sementara skenarionya ditulis Jim Cash dan Jack Epps Jr. yang juga nama baru dalam industri film layar lebar.

Adapun film Top Gun: Maverick disutradarai Joseph Kosinski yang ahli dalam efek visual CGI. Sementara penulis skenarionya adalah Ehren Kruger, Eric Warren Singer, serta pemenang Grammy untuk penulis skenario terbaik, Christopher McQuarrie (Usual Suspect).

Top Gun: Maverick masih fokus pada kisah pilot pesawat uji coba Pete "Maverick" Mitchell (Tom Cruise). Kali ini, ia menjadi instruktur di sekolah Top Gun yang punya misi melatih para pilot terbaik dari Angkatan Laut untuk menjalankan sebuah misi yang nyaris mustahil.

Misi tersebut adalah menghancurkan fasilitas uranium bawah tanah yang dimiliki musuh tanpa nama. Yang membuatnya sangat sulit adalah fasilitas itu berada di dalam ngarai pegunungan yang dilengkapi sistem keamanan canggih.

Ini artinya, pesawat harus terbang jauh di bawah batas normal, dan misi harus diselesaikan dalam waktu kurang dari tiga menit.

Ada beberapa persamaan dan perbedaan cerita hingga scene antara Top Gun dan Top Gun: Maverick. Hal-hal ini membuat penonton yang sudah menyimak film pertamanya akan menemukan hal-hal baru yang lebih menarik, tapi juga bisa tetap bernostalgia dengan film lamanya. Berikut ini persamaan dan perbedaan Top Gun dan Top Gun: Maverick.

Persamaan


1. Adegan Pembuka Film

Perbedaan dan Persamaan Top Gun: Maverick dengan Film Pertamanya

Foto: Paramount Pictures via YouTube skyMTV

Penonton akan langsung dibawa bernostalgia dengan Top Gun saat menyaksikan opening scene atau adegan pembuka Top Gun: Maverick. Yang pertama adalah adegan kesibukan para petugas lapangan yang mengatur landasan di kapal induk.

Adegan ini juga diiringi lagu yang sama dengan film pertamanya, yaitu lagu tema Top Gun (Top Gun Anthem) yang diciptakan oleh Harold Faltermeyer. Juga dilanjutkan dengan lagu Danger Zone yang dinyanyikan Kenny Loggins.

Adegan pembuka lainnya yang sama adalah kalimat pengantar atau pengenalan tentang sekolah Top Gun. Kalimatnya dibuat sama persis dengan film pertamanya. Satu perbedaannya adalah penambahankata "women" untuk menggambarkan jenis kelamin para pilot terbaik Top Gun. Dalam versi film pertamanya, hanya ada kata "men" dalam kalimat tersebut.

2. Motor dan Jaket Maverick

Perbedaan dan Persamaan Top Gun: Maverick dengan Film Pertamanya

Foto: Paramount Pictures

Maverick rupanya masih setia dengan motor Kawasaki Ninja, juga jaket pilotnya yang khas. Pada film pertama, ia mengendarai Kawasaki GPZ 900R Ninja. Ini adalah motor Kawasaki yang pertama kali menyandang nama Ninja.

Dalam film Top Gun: Maverick, Maverick kembali menunggang Kawasaki Ninja, kali ini versi H2 Carbon. Mengutip Autoweek, hyperbike seharga USD34 ribu (Rp497 juta) ini bisa menyaingi kecepatan jet yang dibawa oleh Maverick.

Saat mengendarai motor tersebut, Maverick juga masih memakai jaket kulit yang sama dengan tahun 1980-an, yaitu G-1 Jacket. Meski begitu, dalam adegan digambarkan bahwa jaket tersebut dipakainya hanya sebagai bagian dari nostalgia.

3. Pertemuan Pertama Guru dan Murid yang Kocak

Perbedaan dan Persamaan Top Gun: Maverick dengan Film Pertamanya

Foto: Paramount Pictures
halaman ke-1
Share: