6 Pesawat Tempur yang Dipakai di Film Top Gun: Maverick

6 Pesawat Tempur yang Dipakai di Film Top Gun: Maverick
Setidaknya, ada 6 jet tempur yang dipakai di film Top Gun: Maverick. Semua pesawat itu bisa beroperasi dan salah satunya adalah jet tempur milik Tom Cruise. (Foto: The San Diego Tribune)
Top Gun: Maverick memakai pesawat tempur betulan di filmnya. Setidaknya ada 6 pesawat tempur yang dipakai di film ini. Semuanya dioperasikan dan dipiloti langsung. Film ini hanya sedikit memakai CGI.

Di Top Gun, karakter utama di film tersebut, Pete “Maverick” Mitchell, yang diperankan Tom Cruise, memiloti pesawat F-14 Tomcat yang dianggap paling mutakhir di masanya. Namun, pesawat itu telah dipensiunkan. Kini, Top Gun: Maverick menggunakan jet tempur F/A-18 Super Hornet yang di alam nyata memang dipakai militer AS.

Top Gun: Maverick menampilkan serentetan adegan seru pertarungan di udara antarjet tempur. Manuver berbahaya dan aksi adu ketangkasan para pilotnya pasti akan seru untuk diikuti. Apa saja pesawat yang dipakai di Top Gun: Maverick? Mengutip theaviationgeekclub.com, berikut ulasannya!

Baca Juga: Ini Reaksi Orang-Orang yang sudah Nonton Top Gun: Maverick

1. F/A-18 Super Hornet
6 Pesawat Tempur yang Dipakai di Film Top Gun: Maverick

Pesawat F/A-18E Super Hornet menjadi tunggangan baru Pete “Maverick” Mitchell setelah tunggangan lamanya, F-14 Tomcat, yang dipakai di Top Gun pensiun pada 2006. F/A-18 Hornet adalah jet tempur penyerang pertama AS. Pesawat itu dirancang untuk aplikasi serangan tradisional seperti interdiski dan dukungan udara dekat tanpa mengganggu kemampuan tempurnya. Dengan kemampuan tempur dan pertahanan diri yang sangat baik, F/A-18 meningkatkan pertahanan misi serangan dan melengkapi F-14 Tomcat dalam armada pertahanan udara.

Model terbarunya, Super Hornet, sangat mampu melintasi spektrum misi penuh. Pesawat ini unggul dalam hal superioritas udara, pengawal tempur, pengintaian, pengisian bahan bakar di udara, dukungan udara dekat, penekanan pertahanan udara, dan serangan presisi siang/malam. Dibandingkan dengan model asli F/A-18 A—D, Super Hornet punya jangkauan yang lebih panjang, kemampuan mengisi bahan bakar di udara, peningkatan ketahanan, dan peningkatan kesesuaian. Sistem radarnya juga diperbaiki sehingga pilot bisa terbang dan menggunakan radar pada saat yang sama.



Super Hornet punya dua varian, yaitu satu awak dan dua awak. Artinya, tak seperti Tomcat, yang didesain untuk dua kru, seorang pilot bisa menerbangkan F/A-18 sendiri. Dua kru, yang secara teknis dikenal sebagai F/A-18 F, bisa menampung petugas sistem senjata di kursi belakang. Alternatifnya, kursi belakang bisa dilengkapi dengan semua kendali yang dibutuhkan pilot untuk menerbangkan Super Hornet.

Sementara Tomcat itu kuat, Hornet dan Super Hornet lebih gesit. Kalau F/A-18 dan F-14 harus bertempur, F/A-18 akan puna keuntungan dalam dunia itu. Dengan pesawat modern lebih mudah untuk diterbangkan, Tomcat menantang, tapi Hornet lebih mudah.

2. Sukhoi Su-57 Felon
6 Pesawat Tempur yang Dipakai di Film Top Gun: Maverick

Di Top Gun: Maverick, Maverick dan rekan-rekannya akan menghadapi musuh baru. Musuh mereka adalah jet tempur Sukhoi terbaru, yaitu Su-57 Felon. Rusia hanya membuat 14 buah pesawat ini. Pesawat ini dianggap tidak terlalu berguna untuk menjustifikasi biaya pembuatannya. Dengan kemampuan menyamar yang buruk dan mesin yang kuno, Su-57 sepertinya tidak sebanding dengan Super Hornet.
halaman ke-1
Share: