alexametrics
kesehatan
Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Camilan yang kaya protein mesti kamu konsumsi untuk membantu memperkuat imun tubuh. Foto/Pixabay
Jakarta - Untuk menghadapi kondisi new normal alias kembali beraktivitas di luar rumah meski pandemi virus corona masih berlangsung, kamu mesti harus makin menjaga daya tahan tubuh supaya gak gampang sakit.

Nah, salah satu caranya adalah dengan banyak mengonsumsi protein. Dikutip dari alodokter.com, salah satu manfaat protein adalah membantu tubuh membentuk imunoglobulin yang biasa dikenal sebagai antibodi.

Antibodi punya peran besar untuk melawan infeksi bakteri dan virus. Selain itu, antibodi juga membantu badan kita untuk mencegah terjadinya penyakit dari bakteri dan virus yang sama pada kemudian hari.



Nah, karena kita paling doyan ngemil - bahkan kadang lebih suka ngemil ketimbang makan- berikut adalah rekomendasi camilan berprotein tinggi, mengutip dari healthline.com.

1. TELUR REBUS

Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Foto: Pixabay

Telur punya hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Telur mengandung vitamin B dan mineral mikro (trace mineral).
Satu telur rebus terdiri dari 6 gram protein, jdan mengonsumsinya bisa buat kamu kenyang dan puas sampai makan berikutnya. Selain itu, telur rebus bisa dijadikan camilan yang bisa dibawa ke mana pun.

2. KEJU

Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Foto: Pixabay

Selain jadi camilan cepat dan mudah, keju juga bikin kenyang. Keju adalah sumber kalsium, fosfor, dan selenium yang baik dan mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya. Satu iris keju cheddar mengandung 7 gram protein. Karena keju juga mengandung banyak kalori, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

3. ALMOND

Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Foto: Pixabay

Makan segenggam almond atau kacang jenis lain untuk camilan juga jadi cara sederhana untuk memenuhi kebutuhan protein. Satu ons almond mengandung 6 gram protein, selain vitamin E, riboflavin, mineral mikro, dan lemak sehat yang tinggi. Kacang almond juga tinggi kalori, jadi penting untuk mengonsumsinya sesuai porsi yang disarankan.

4. PUDING CHIA

Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Foto: Instagram @coolavo

Puding chia adalah camilan populer dalam beberapa tahun terakhir. Ada 4 gram protein dalam 1 ons biji chia dan beberapa nutrisi lain, seperti kalsium, fosfor, dan mangan.

Untuk membuat puding chia, rendam biji chia dalam susu selama beberapa jam hingga mencapai konsistensi seperti puding. Kemudian kamu bisa menambahkan perasa seperti vanila maupun buah-buahan.

5. APEL DENGAN SELAI KACANG

Hadapi New Normal, Ini Camilan Enak untuk Perkuat Imun Tubuh
Foto: Instagram @nisalocally

Apel dan selai kacang terasa enak kalau dimakan bareng. Serat dan antioksidan dalam apel bisa meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung, sementara selai kacang terbukti meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol buruk dan trigliserida.

Camilan apel sedang dengan 1 sendok makan selai kacang mengandung 4 gram protein, serta beberapa nutrisi seperti vitamin C dan kalium.

Satu lagi, sebenarnya tempe dan tahu juga punya protein yang tinggi, tapi kalau digoreng, bisa jadi kurang baik buat kesehatan kamu kalau dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Kalau mau, tempe atau tahunya direbus, atau dipepes aja.

Nah, itu dia camilan yang bergizi dan mengandung protein. Mana, nih, camilan favorit kamu?

Kania Fitri Febriana
Kontributor GENSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @kaniaa_fitri



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss