5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Kamis, 19 Mei 2022 - 22:22 WIB
loading...
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati
Film anime bertema Perang Dunia II akan membawa penontonnya ke suasana haru dan menyedihkan. Cerita kehidupan selama dan setelah perangnya sangat menyentuh. (Foto: Looper)
A A A
Film anime berlatar Perang Dunia II menyajikan kisah menyentuh. Sebagian besar film itu bercerita tentang efek perang terhadap kehidupan sehari-hari karakternya. Perubahan sosial, ekonomi, dan politik membayangi kisah ini.

Jepang adalah salah satu negara yang menderita kerugian besar selama Perang Dunia II, terutama setelah Sekutu menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. Negara itu sempat porak poranda. Dampak perang dan insiden itu pun dirasakan semua lapisan.

Kisah hidup dan perjuangan orang-orang ini bertahan dalam susahnya hidup selama dan setelah perang sangat menyentuh hati. Meski sebagian besar tidak menunjukkan adegan perang, tapi dampak dari perang itu bisa dirasakan dalam dialog dan adegan yang terjadi film tersebut. Siapkan tisu jika ingin menonton anime bertema Perang Dunia II ini! Berikut rekomendasinya!



1. In This Corner of the World (Kono Sekai no Katasumi Ni)
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Film garapan MAPPA ini diangkat dari manga karya Fumiyo Kuono berjudul sama. Bergenre slice-of-slice, anime ini ber-setting di masa akhir Perang Dunia II. Anime ini juga bertema tentang keluarga dan pernikahan. Mereka yang sudah menonton film ini pasti tersentuh dengan cerita protagonisnya, Suzu Urano.

Suzu adalah seorang perempuan muda yang berbakat melukis dan membuat ilustrasi. Ketika cukup umur, dia dinikahi Shuzaku, seorang perwira angkatan laut kekaisaran. Setelah Perang Dunia II pecah, Suzu harus kehilangan suaminya. Pria itu ditempatkan di Hiroshima ketika bom atom dijatuhkan di kota tersebut.

2. Grave of the Fireflies (Hotaru no Haka)
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Mereka yang mau nonton film ini sebaiknya menyiapkan tisu. Banyak adegan yang menyedihkan dan mengharukan terjadi di film ini. Film ini mengangkat kisah tentang dampak Perang Dunia II di Kobe. Banyak masyarakat yang jatuh miskin dan harus kelaparan akibat peran tersebut.

Film ini berkisah tentang dua kakak beradik Seita dan Setsuko. Setelah sang ibu meninggal akibat pemboman di kota itu, keduanya tinggal bersama bibi mereka sembari menanti ayah mereka pulang. Tapi, mereka tidak tahu kalau ayah mereka sudah meninggal. Malang, mereka malah diusir sang bibi. Seita dan Setsuko pun harus berjuang untuk bertahan hidup.

3. Barefoot Gen (Hadashi no Gen)
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Film anime ini menggambarkan peristiwa meledaknya bom atom di Hiroshima secara detail. Pada 1945, rakyat Jepang dibodohi pemerintah mereka sendiri yang menyebarkan berita bohong kalau Jepang telah memenangkan Perang Dunia II. Saat itu, rakyat Jepang diminta untuk menyumbang pada negara sebagai sumber daya perang.

Nakaoka dan keluarganya dicap pengkhianat oleh warga di lingkungannya karena dianggap tidak patriotik. Ketika bom atom dijatuhkan, Nakaoka harus berjuang untuk menyelamatkan seluruh keluarganya. Di saat yang sama, ibunya yang sedang hamil akan melahirkan.

4. Giovanni’s Island (Giovanni no Shima)
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Bercerita tentang invasi dan penjajahan Uni Soviet di kepulauan Kuril, utara Jepang. Karakter utama film ini, Junpei dan Kanta, terpaksa merelakan rumah mereka dirampas dan dijadikan rumah perwira tentara Soviet. Mereka pun harus tinggal di dapur yang merangkap sebagai kandang kuda.

Junpei dan Kanta lantas bertemu Tanya, putri seorang komandan militer Soviet. Ketiganya lantas bersahabat meski punya banyak perbedaan. Banyak hal yang dilalui oleh protagonist utama ini, terutama saat tempat tinggalnya dipindahkan ke Pulau Sakhalin untuk bekerja di kamp kerja paksa.



5. Be Fine Tomorrow: Half a Yam (Ashita genkini naare-Hanbun no satsumaimo)
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Anime ini adalah film semi-autobiografi yang diangkat berdasarkan pengalaman selama Perang Dunia II. Film ini berfokus pada kehidupan sehari-haro selama perang dan tragedy yang mengikutinya. Film ini mengisahkan tentang Kayoko, seorang gadis muda yang dikirim ke rumah bibinya di pinggiran desa.

Setelah perang selesai, dia kembali ke Tokyo. Namun, sesampainya di sana, dia harus menghadapi kenyataan pahit. Keluarga tewas dan dia kehilangan rumahnya di kota itu. Film ini berpusat pada tantangan yang harus dia hadapi bersama kakaknya, yang selamat dari perang itu.

Honorable Mention:
Battle of Surabaya
5 Film Anime Bertema Perang Dunia II yang Menyentuh Hati

Film animasi buatan lokal ini seninya dipengaruhi gaya anime Jepang. Diproduksi MSV Studio Yogyakarta, film ini bercerita tentang pertempuran Surabaya beberapa bulan setelah Perang Dunia II berakhir dan bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Film ini mengisahkan tiga karakter utamanya, yaitu Musa, Yumna, dan Danu.

Musa yang merupakan anak laki laki pengantar surat yang berisi pesan perjuangan yang disembunyikan di antara lirik lagu-lagu keroncong. Ada pula Yumna, seorang gadis remaja Surabaya keturunan Tionghoa juga ikut berjuang bersama Musa dalam pergolakan yang terjadi di kotanya. Sementara Danu adalah mantan tentara Pembela Tanah Air atau PETA.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)