5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:26 WIB
loading...
5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita
Anime keluarga dengan ayah sebagai pusatnya punya cerita yang ringan dan menghangatkan jiwa. Dinamika sosok ayah dengan bocah yang diasuhnya biasanya menyentuh. (Foto: Polygon)
A A A
Anime bertema keluarga biasanya punya cerita yang ringan dan menghangatkan jiwa. Sebagian besar, anime ini akan mengangkat hubungan antara anak dan orangtuanya. Namun, ada juga yang bercerita tentang perjuangan untuk merawat anak.

Anime bertema keluarga biasanya masuk genre slice-of-life. Karakter di dalamnya akan berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan caranya sendiri. Di dalamnya, ada perang batin dan juga bagaimana dia menghadapi kondisi di sekitarnya. Meski tak seseru shounen, anime ini layak ditonton karena punya banyak momen yang menyentuh.

Anime bertema keluarga yang paling sering ditonton orang adalah yang mengangkat sosok ayah sebagai tokoh sentralnya. Sejumlah anime bahkan mengisahkan perjuangan seorang laki-laki yang berusaha merawat dan membesarkan anak yang dititipkan kepadanya. Bahkan, anime sekaliber Spy x Family pun awalnya berfokus pada hubungan Twilight dan anak angkatnya, Anya. Anime keluarga apa saja yang berpusat pada sosok ayah? Berikut rekomendasinya!



1. Papa no Iukoto wo Kikinasai (Listen to Me Girls, I am Your Father)
5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita

Serial ini berkisah tentang Yuta Segawa, seorang mahasiswa. Sejak kecil, dirawat kakaknya, Yuri, setelah menjadi yatim piatu. Suatu hari, Yuri menitipkan tiga putri kecilnya kepada Yuta karena dia dan suaminya akan pergi ke luar negeri. Nahas, pesawat yang ditumpangi kakak dan suaminya itu kecelakan dan mereka dinyatakan meninggal dunia.

Yuta akhirnya harus menjadi wali dan orangtua ketiga keponakannya itu agar mereka tidak tinggal di panti asuhan. Pelan-pelan, Yuta pun menjadi sosok ayah bagi tiga keponakannya itu. Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa diambil dari anime ini. Khususnya tentang ikatan keluarga yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah yang muncul.

2. Usagi Drop
5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita

Anime ini berkisah tentang Daikichi Kawachi, seorang karyawan lajang berusia 30 tahun. Suatu hari, dia mendengark kabar kalau kakeknya meninggal dunia. Di pemakaman, Kawachi bertemu gadis kecil bernama Rin Kaga.

Di hari itu, Kawachi tahu kalau Rin adalah anak tak sah dari kakeknya atau tantenya. Karena kakeknya sudah meninggal dunia, Daikichi memutuskan mengasuh Rin. Keputusan ini cukup berani karena Daikichi sama sekali tidak punya pengalaman mengasuh anak.

3. Udon no Kuni no Kiniro Kemari (Poco's Udon World)
5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita

Anime ini berkisah tentang Souta Tawara, seorang anak penjual udon di kampung. Ketika dewasa, Souta pergi ke Tokyo dan menjadi seorang desainer website. Namun, setelah orangtuanya meninggal, Souta pulang kampung. Dia kemudian pergi ke warung udon milik orangtuanya untuk bernostalgia.

Ketika sedang asyik mengenang masa kecilnya, Souta bertemu seorang bocah laki-laki yang tidur di warung udon itu. Tak disangka, bocah itu ternyata seorang tanuki yang bisa berubah wujud. Souta kemudian merawat bocah itu dan memberinya nama Poko.

4. Spy x Family
5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita

Serial ini mengangkat cerita tentang sebuah keluarga palsu. Saat ini, anime ini adalah serial paling populer di dunia. Di anime ini, seorang mata-mata berkode nama Twilight harus membuat sebuah keluarga palsu untuk menjalankan misi di tengah Perang Dingin antara Westalis dan Ostania. Mengasumsikan identitas sebagai psikiatris di rumah sakit Berlint bernama Loid Forger, Twilight pergi mencari anak dan istri.

Dia menemukan si kecil Anya di sebuah panti asuhan. Tanpa Loid tahu, Anya punya kemampuan telepati dan bisa membaca pikirannya. Loid lantas bertemu Yor Briar dan memintanya menjadi istrinya. Loid tidak tahu kalau Yor adalah seorang pembunuh profesional dan Yor tidak tahu kalau Loid adalah mata-mata. Dinamika keluarga palsu ini sangat seru diikuti.



5. Sweetness and Lightning
5 Rekomendasi Anime Keluarga dengan Ayah sebagai Pusat Cerita

Seorang guru, Kouhei Inuzuka, adalah duda yang ditinggal meninggal dunia oleh istrinya. Saat menikah, mereka dikaruniai seorang putri. Sepeninggal sang istri, Kouhei pun merawat sendiri putri tunggalnya itu. Tentu saja, tidak mudah bagi Kouhei untuk menjadi single parent.

Kouhei biasanya membelikan makanan jadi di minimarket untuk putrinya. Tapi, lama kelamaan dia merasa harus memberikan makanan yang bergizi untuk putrinya tersebut. Kouhei pun belajar memasak demi memberikan makanan yang bergizi dan lezat pada putrinya itu. Untungnya, dia dibantu sejumlah muridnya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)