10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 KKN di Desa Penari

Kamis, 12 Mei 2022 - 19:35 WIB
loading...
10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 KKN di Desa Penari
KKN di Desa Penari menjadi film horor Indonesia terlaris sepanjang masa hanya dalam waktu 12 hari penayangan. Foto/MD Pictures
A A A
JAKARTA - KKN di Desa Penari mencatat rekor sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa, dan prestasi ini dicapai bahkan saat masih dalam masa pandemi.

KKN di Desa Penari menumbangkan Pengabdi Setan, film garapan sutradara Joko Anwar yang sudah bertengger di posisi puncak selama empat tahun atau sejak 2017. Berikut ini daftar 10 film horor Indonesia terlaris sepanjang sejarah, dengan data jumlah penonton diambil dari filmindonesia.or.id.



1. KKN di Desa Penari (2022)


10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 KKN di Desa Penari

Foto: Instagram @md_entertainment

Berdasarkan unggahan akun Instagram resmi@md_entertainment, KKN di Desa Penari mengumpulkan lebih dari 4,5 juta penonton per Kamis (12/5) pukul 17.00 WIB atau dalam waktu tak sampai 12 hari penuh. Dengan perolehan angka tersebut, berarti KKN di Desa Penari telah melampaui jumlah penonton Pengabdi Setan.

KKN di Desa Penari awalnya direncanakan tayang pada 19 Maret 2020, lalu berubah lagi menjadi 24 Februari 2022 akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan. Akhirnya, film ini tayang pada 30 April 2022.

Film ini diadaptasi dari cerita viral milik SimpleMan tentang enam mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa, lalu terkena kutukan karena ada yang melanggar aturan di desa tersebut.

KKN di Desa Penari disutradarai oleh Awi Suryadi, dengan penulis skenario Lele Laila dan Gerald Mamahit. Film produksi MD Entertainment ini masih tayang di bioskop dan mengingat antusiasme masyarakat yang masih sangat tinggi, sangat mungkin akan mencetak rekor berikutnya.

Saat ini, film Indonesia terlaris sepanjang masa dipegang oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016) dengan raihan jumlah penonton 6,85 juta. Sementara di posisi kedua ada Dilan 1990 (2018) dengan jumlah penonton 6,31 juta.

2. Pengabdi Setan (2017)

10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 KKN di Desa Penari

Foto: Rapi Films

Film horor yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar ini mencatat jumlah penonton 4,20 juta. Film ini termasuk film yang tahan lama karena tayang selama dua bulan lebih di jaringan bioskop.

Sekuelnya yang berjudul Pengabdi Setan: Komuni akan tayang pada 4 Agustus 2022, masih dengan rumah produksi Rapi Films. Pengabdi Setan bercerita tentang keluarga yang didatangi arwah ibu dan istri mereka setelah sang ibu sebelumnya sakit parah selama tiga tahun.

Film yang dibintangi Tara Basro, Ayu Laksmi, Bront Palarae, dan Endy Arfian ini bisa ditonton di Netflix dan Disney+ Hotstar.

3. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 KKN di Desa Penari

Foto: Soraya Intercine Films

Film horor yang menempatkan Luna Maya sebagai Suzzanna ini berhasil meraih jumlah penonton 3,34 juta orang. Meski judulnya mengingatkan pada film-film Suzzanna, tapi produser Soraya Intercine Films Sunil Soraya mengatakan bahwa film ini bukan produksi ulang film Suzzanna.

Suzzanna: Bernapas dalam Kubur bercerita tentang Suzzanna yang dibunuh karena aksi perampokan oleh karyawannya. Namun setelah dikubur, Suzzanna hidup lagi, dan tentu saja segera membalaskan dendamnya pada orang-orang yang membunuhnya.

Film ini juga dibintangi oleh Herjunot Ali, Clift Sangra, Teuku Rifnu Wikana, Alex Abbad, Verdi Solaiman, Kiki Narendra, Asri Welas, Opie Kumis, dan Ence Bagus. Film yang disutradarai oleh Rocky Soraya dan Anggy Umbara ini bisa ditonton di Netflix.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)